Ternyata Hal Ini Menjadi Salah Satu Self Care lho!

Ternyata Hal Ini Menjadi Salah Satu Self Care lho!

Tidak terasa kita sudah berada di penghujung tahun nih, rocketers! Hanya menghitung hari, hingga pergantian tahun menuju 2022. 


Apapun yang kalian pikirkan dan rasakan pada bulan terakhir di tahun 2021 ini, selamat! Kalian berhasil sampai akhir 2021 dalam keadaan yang cukup baik, menjadi salah satu bukti bahwa ternyata kalian mampu bertahan dan melewati setahun ini. Terlebih dengan kondisi pandemi yang sudah genap terjadi selama 2 tahun ini, terjadinya kenaikan dan penurunan kasus COVID, serta kondisi dunia terkini tidak bisa membohongi jika kita menjadi lebih paranoid dan khawatir dengan situasi yang kita hadapi beberapa tahun belakangan ini.

friends

Banyak yang berubah dalam rentan waktu yang terbilang singkat, termasuk cara kita menemukan cara melakukan self care. Untuk para rocketers yang banyak menghabiskan waktu dirumah selama WFH (Work From Home), mungkin sudah melakukan berbagai cara atau mencoba berbagai macam hal untuk dilakukan guna mengusir rasa bosan ataupun penat selama peraturan PPKM berlangsung.

Salah satunya yang pasti dilakukan dan cukup penting untuk dilakukan bagi para rocketers adalah merawat diri dengan melakukan skincare routine. Rockets tahu ga? Dengan melakukan skincare routine, rockets secara tidak langsung sudah melakukan self care bagi diri rocketers sendiri loh! Yuk, kita bahas bersama secara singkat tentang self care starts with skincare kali ini.

Apa Itu Self Care?

self care

Self care adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu untuk merawat dirinya sendiri dengan hal yang berfaedah bagi dirinya sendiri, baik itu secara rohani maupun jasmani. Singkatnya, self care adalah merawat diri.

Akan tetapi, self care sering dianggap selfish oleh sebagian orang. Mengapa demikian? Hal itu terjadi karena sedari kecil mindset kita atau sebagian orang telah diajarkan bahwa “kita harus memedulikan dan mementingkan orang lain terlebih dahulu daripada diri kita sendiri.” Akhirnya, konsep tersebut tertanam oleh sebagian orang.

Skincare Selfcare Yang Baik?

skincare

Menurut dr. Amy Wechsler, seorang ahli terkemuka dalam bidang Dermatologi dan Psikiatri, meskipun salah satu hal pertama yang menderita karena kesehatan mental yang buruk adalah rutinitas kecantikan, “sesuatu yang sederhana seperti rutinitas perawatan kulit tiga menit dua kali sehari bisa sangat besar. ” Dr Wechsler melanjutkan dengan menyatakan bahwa, bahkan rutinitas perawatan kulit yang paling singkat pun bisa "sangat bagus untuk membantu menurunkan stres dan kecemasan. Dan hal itu membuat kulit rocketers tetap sehat, serta memberikan feedback yang positif."

Perawatan kulit yang dilakukan pada pagi ataupun sore hari, durasi yang diluangkan baik singkat ataupun lama, mempengaruhi mental health kita. Menurut The Anxiety and Depression Association of America perasaan yang didapat membantu kita merasa bahwa kita memegang kontrol dalam satu aspek dalam hidup kita, diantara banyak hal yang tidak terkontrol lainnya.

BACA JUGA: SKINCARE KAMU TIDAK BEKERJA SECARA MAKSIMAL? MUNGKIN INI ALASANANNYA!

Pengeksfoliasian pada wajah merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendukung ataupun salah satu cara memaksimalkan self care dengan cara skincare. Kulit wajah yang sudah terpapar radikal bebas pada keseharian rocketers, bisa menyumbat pori-pori wajah.

Sehingga nutrisi yang terdapat pada skincare yang telah di aplikasikan tidak menyerap dan bekerja secara maksimal. Maka dengan cara melakukan pengeksfoliasian pada kulit wajah rocketers, dapat membuat rocketers merasa lebih baik dengan kondisi kulit wajah yang jauh lebih cerah dan tidak kusam.

Rocketers dapat melakukan pengeksfoliasian dengan masker wajah yang tidak menyebabkan kulit rocketers kering, setelah penggunaannya. EILEEN GRACE BLACK JELLY MASK dapat menjadi salah satu solusi yang membersihkan wajah rocketers dari sel sel kulit mati, tanpa membuat wajah kering. Karena adanya kandungan aloe vera yang melembabkan kulit dan meredakan kemerahan pada kulit. EILEEN GRACE BLACK JELLY MASK juga dapat membantu untuk mencerahkan kulit, serta mengatasi permaslahan kulit berjerawat.

Beli Masker Wajah Moisturize Rose Jelly dan Masker Wajah Deep Cleansing Jelly  dari EILEEN GRACE Indonesia di:

Shopee: https://shopee.co.id/eileengrace.id

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/eileengrace.id

Website: https://www.pinkrocket.co.id

[Selengkapnya melalui: Eileen Grace Indonesia]

Jika kita perhatikan, kegiatan skincare ini ternyata sudah mencangkup faktor-faktor untuk meningkatkan self care pada diri kita. Hal-hal berikut meliputi:

1. Menjaga Kebersihan Diri

bersih

Menjaga kebersihan bisa menjauhkan rocketers dari penularan atau infeksi penyakit. Contoh mudahnya adalah rajin mencuci tangan, apalagi pada masa pandemi seperti ini. Tidak hanya itu, rocketers juga perlu mandi untuk membersihkan diri dari kotoran dan debu yang menempel, menggosok gigi dengan benar, serta membersihkan rumah, terutama kamar dari sampah. Memakai masker juga merupakan salah satu bentuk self care, karena tindakan ini bisa melindungi saluran pernapasan rocketers dari kotoran dan mencegah penyebaran covid-19.

Sebelum melakukan skincare routine, rocketers pastinya akan membersihkan kulit wajah dari segala debu, kotoran, serta sisa-sisa make up. Maka dari itu melakukan skincare sudah termasuk salah satu cara rocketers untuk mencintai diri sendiri.

2. Meningkatkan Self Esteem

percaya diri

Self care ternyata punya kaitan erat dengan self esteem terutama dalam mencegah penyakit mental. Pasalnya, memiliki self esteem yang rendah bisa menempatkan rocketers pada kondisi yang terus merasa gelisah dan berpikiran negatif (overthinking). Akibatnya, risiko depresi dan anxiety akan meningkat.

Ada banyak cara untuk meningkatkan self esteem, contoh mengetahui apa kelebihan dalam diri rocketers. Misalnya, rocketers pintar memasak, mahir dalam memainkan musik, atau punya keterampilan lainnya. Kemudian, terapkan juga sikap asertif agar rocketers bisa menghargai pendapat dan kebutuhan orang lain.

Dengan melakukan skincare, juga dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri rocketers. Memiliki kulit wajah yang sehat dan terawat akan menambah nilai plus bagi penampilan para rocketers, sehingga rocketers pun tampil dengan pede jika bertemu atau bersosialisasi dengan orang lain. 

Ketika berinteraksi dengan orang lain, maka akan ada hormon yang bernama endorphine yang berdampak pada kondisi kulit dan tubuh rocketers. Dengan adanya hormon endorphine tersebut dapat membuat rocketers terlihat awet muda. Maka dari itu, mengapa bersosialisasi menjadi salah satu self care sekaligus upaya guna merawat kulit wajah rocketers.

3. Memperkuat Komunikasi Dengan Orang Di sekitar

orang

Menjaga kesehatan mental yang merupakan bagian dari self care, bisa rocketers lakukan dengan meningkatkan komunikasi. Baik itu dengan keluarga, pasangan, teman, tetangga, maupun orang-orang yang rocketers temui saat bekerja ataupun di sekitar rocketers.

Bersosialisasi mampu membantu mencegah dari rasa kesepian, yang menjadi salah satu faktor meningkatkan masalah mental. Selain itu, memperluas dan memperkuat komunikasi dengan orang lain juga bisa membantu rocketers dalam memecahkan masalah yang tidak terselesaikan.

Selain itu, rocketers dapat memperluas ruang lingkup pertemanan dan networking untuk mengupgrade diri. Agar dapat menambah pengetahuan serta ilmu agar menjadi versi diri yang lebih baik. 

4. Menerapkan Pola Makan Yang Sehat

sehat

Dengan cara memakan makanan yang sehat dan bernutrisi, rocketers juga sudah melakukan upaya sebagai self care dan skincare. Karena dengan memakan makanan yang bernutrisi, rocketers memenuhi nutrisi kulit yang dibutuhkan. Agar rocketers tidak mudah jatuh sakit, asupan nutrisi yang tubuh butuhkan harus rocketers penuhi. Perbanyak konsumsi buah, sayur, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Batasi konsumsi junk food, makanan kemasan, atau makanan yang mengandung tinggi gula, garam, atau lemak.

Selain pilihan makanannya, jam makan dan porsinya juga perlu rocketers perhatikan. Hindari makan menjelang tidur, melewatkan sarapan, atau makan dalam porsi besar sekaligus. Lebih baik, rocketers makan dalam porsi kecil tapi sering. Agar kulit serta tubuh rocketers dapat menyerap vitamin yang dibutuhkan dan menutrisi kuli dengan baik.

5. Meluangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

me time

Meskipun perlu meningkatkan komunikasi dengan orang lain, rocketers juga dianjurkan untuk mempunyai “me time“ pada waktu tertentu. Rocketers bisa menghabiskan waktu untuk melakukan berbagai hal yang bisa menyenangkan hati dan diri rocketers.

BACA JUGA: ALL ABOUT HAIR DRY VS BLOW DRY YANG HARUS KAMU KETAHUI

Contoh penerapan self care ternyata ampuh menjaga kesehatan mental karena membantu rocketers mengatasi stres. Kegiatan yang menyenangkan bisa memberi jeda pada otak untuk beristirahat dari semua masalah, sehingga pikiran rocketers akan lebih jernih dan dapat mengambil keputusan yang lebih baik.

Salah satu satu cara memiliki me time adalah melakukan skincare, ketika melakukan skincare rocketers akan lebih merasa rileks serta menikmati waktu yang dimiliki dengan diri sendiri tanpa harus memikirkan hal-hal lain.

(source: theibudo.medium.com, hellosehat.com, byrdie.com)


Yuk kita coba me-rewind setahun belakangan ini, apa saja resolusi tahun kemarin yang sudah dicapai? Atau mungkin ada hal-hal baru yang terjadi di pertengahan tahun, sehingga membuat kita tiba-tiba stuck dan merasa kita belum melakukan sesuatu hal yang tidak juga membuat merasa kita puas ataupun cukup? 

Comments 3

rianti on

ga yangka skincare routine trmsuk self care ternyta

WD on

Pengen self healing ke Bali

sutet on

ohh jadi begini ya

Leave a comment