Jerawat Muncul Menjelang Siklus Haid? Masker Ini Bisa Jadi Solusinya

Jerawat Muncul Menjelang Siklus Haid? Masker Ini Bisa Jadi Solusinya

Menjelang datang bulan, wanita biasanya mengalami perubahan hormon yang cukup signifikan terutama pada hormon progesteron dan estrogen yang dampak pada munculnya jerawat menjelang haid ataupun terjadinya pembuahan pada sel telur. Rocketers pernah bertanya-tanya kenapa justru ketika menjelang haid jerawat sering bermunculan? Berikut penjelasannya.


Penyebab Terjadinya Jerawat Menjelang Haid

jerawat

Rentan waktu yang dimiliki untuk beberapa wanita, terlebih menjelang siklus terjadinya haid cukup beragam. Hal tersebut dipengaruhi berbagai macam faktor seperti kelainan genetik ataupun kondisi kesehatan yang berdampak pada siklus haid yang dialami.

Menjelang datang bulan hormon estrogen dan progesteron naik secara drastis karena kondisi rahim yang menjadi penanda untuk siap dibuahi. Kenaikan kadar kedua hormon tersebut mempengaruhi produksi sebum atau minyak alami yang terdapat pada tubuh. Agar memproduksi minyak lebih banyak lagi.

BACA JUGA : TERNYATA 5 HAL INI YANG DIPERHATIKAN OLEH COWOK KETIKA FIRST DATE!

Sementara itu terjadinya jerawat sebenarnya disebabkan oleh bakteri ataupun kondisi kulit wajah yang dipenuhi dengan kotoran, debu-debu, yang menyumbat pori-pori wajah sehingga sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak pada tubuh kita tidak bisa keluar. Maka dari itu sering terjadi timbulnya jerawat menjelang masa haid para rocketers.

Cara Mengatasi Jerawat Menjelang Haid

jerawat

Setelah mengetahui penyebab terjadinya jerawat menjelang masa haid, kini kita bahas cara mencegah dan mengatasi jerawat menjelang siklus haid. Sehingga rocketers dapat mengantisipasi dengan baik dan tidak memiliki jerawat ataupun menimbulkan bekas jerawat ketika jerawat muncul. Apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah dan mengatasi jerawat menjelang siklus datang bulan datang?

1. Memakai produk skincare yang mengandung AHA 

Dengan adanya kandungan AHA pada produk skincare yang rocketers gunakan, dapat membantu untuk memulihkan kondisi wajah rocketers yang mengalami jerawat. Karena kandungan AHA ini berfungsi sebagai penghilang bekas jerawat, mengobati kulit berjerawat, serta pengangkat kulit mati dan kotoran-kotoran yang terdapat pada wajah rocketers. Dengan kata lain adanya kandungan AHA ini berguna sebagai pengeksfoliasi dan solusi bagi wajah berjerawat rocketers. Kandungan AHA yang dapat ditemui di produk-produk skincare dapat berupa :

  • Citric Acid (berasal dari jeruk),
  • Glycolic Acid (berasal dari tebu),
  • Hydroxycaproic Acid (berasal dari royal jelly),
  • Hydroxycaprylic Acid (berasal dari hewan),
  • Lactic Acid (berasal dari karbohidrat),
  • Malic Acid (berasal dari buah-buahan), dan
  • Tartarc Acid (berasal dari anggur).

Kandungan AHA yang sering ditemui pada produk skincare pada umumnya adalah Glycolic Acid dan Lactic Acid. Karena kedua kandungan tersebut merupakan kandungan yang jarang menyebabkan iritasi pada kulit jika digunakan.

Rocketers dapat melakukan pengeksfoliasian dengan masker wajah yang tidak menyebabkan kulit rocketers kering, setelah penggunaannya. EILEEN GRACE BLACK JELLY MASK dapat menjadi salah satu solusi yang membersihkan wajah rocketers dari sel sel kulit mati, tanpa membuat wajah kering. Karena adanya kandungan AHA yang dapat mengatasi permaslaahan kulit berjerawat. EILEEN GRACE BLACK JELLY MASK juga dapat membantu untuk mencerahkan kulit.

2. Memastikan kulit wajah dalam keadaan bersih

Tidak hanya menjelang siklus haid yang dialami, tetapi untuk keseharian rocketers wajib memastikan kebersihan kulit wajah yang dimiliki. Dengan melakukan double cleanser setelah menggunakan make up ataupun setelah beraktifitas diluar rumah.

Dan rocketers minimal harus mencuci muka dua kali dalam satu hari, tetapi jika terlalu sering mencuci wajah juga tidak terlalu baik bagi kelembaban kulit rocketers. Karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan menipiskan jaringan kulit.

3. Hindari stress dan pemakaian make up

Pernah dengar istilah “hindari stress jika jerawat muncul”? Ungkapan itu tidak hanya semerta-merta dianjurkan, tetapi ada penjelasan ilmiahnya terkait hal tersebut. Adanya peningkatan hormon, jika rocketers mengalami stress. Yang pada akhirnya memicu produksi hormon secara berlebih, dan timbulah jerawat. 

Serta pemakaian make up yang berlebih dan tidak menghapus make up sehabis pemakaian, justru akan menumpuk kotoran dan sisa-sisa make up akan terjebak di dalam pori-pori kulit wajah rocketers.

4. Minum air putih

Rocketers harus memastikan untuk terus terhidrasi, sehingga cairan dalam tubuh dapat terpenuhi dan dari situ kulit kita mampu menutrisi dan mendetoksinasi racun yang ada pada tubuh kita. 

5. Memperhatikan asupan makanan

Ternyata asupan makanan yang dikonsumsi sangatlah berpengaruh kepada kondisi kulit kita. Maka dari itu pada dasarnya kita harus pastikan bahwa tubuh kita terpenuhi kebutuhan vitaminnya agar kulit terjaga dengan baik dan lembut secara alami.

6. Hindari pemakaian produk skincare yang mengandung minyak

Hal tersebut karena produk yang mengandung minyak bisa menyumbat pori-pori.
Sehingga produk semacam ini hanya pas untuk mereka yang kulitnya normal hingga kering. Rocketers dapat menggunakan produk skincare yang mengandung minyak kembali setelah siklus haid telah berakhir.

7. Mengkonsumsi KB hormon

Penggunaan pil KB ternyata tidak hanya untuk mencegah kehamilan, tetapi ternyata banyak manfaat lain yang bisa didapat dari pil KB hormon. Yaitu, menstabilkan level hormon estrogen ataupun progesteron yang ada pada tubuh kita.

BACA JUGA : SKINCAREA KAMU TIDAK BEKERJA SECARA MAKSIMAL? MUNGKIN INI DIA ALASANNYA 

Tidak hanya itu, mungkin ada dari sebagian rocketers yang mengalami siklus haid yang tidak teratur. Hal itu bisa diantisipasi dengan mengkonsumsi pil KB hormon ini, yang bisa :

  • Membantu siklus haid lebih teratur 
  • Mencegah kram perut dan migrain saat haid
  • Mengatasi masalah jerawat
  • Mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan karena gejala endometriosis
  • Menurunkan resiko kanker rahim dan ovarium

(source: halodoc.com, sonora.id, hellosehat.com, kompas.com,)

Beli Masker Wajah Moisturize Rose Jelly dan Masker Wajah Deep Cleansing Jelly  dari EILEEN GRACE Indonesia di:

Shopee: https://shopee.co.id/eileengrace.id

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/eileengrace.id

Website: https://www.pinkrocket.co.id

[Selengkapnya melalui: Eileen Grace Indonesia]


Kondisi wajah berjerawat menjelang siklus haid pada umumnya memang sering terjadi, bukan berarti itu merupakan suatu hal yang harus ditakutkan ataupun dikhawatirkan. Rocketers dapat mengantisipasi dengan merawat kulit wajah menjelang siklus haid dengan baik dan benar. Hal yang tidak kalah penting, rocketers harus tahu kebutuhan yang kulit para rocketers miliki.

Comments 2

rere on

aku banget kaya gini!:(

molen on

bulan lalu pas aku mau menstruesyiong jerawatan parah bgt, dipakein ini jerawat cepet mateng dan kempes

Leave a comment