All About Air Dry vs Blow Dry Yang Harus Kamu Ketahui!

All About Air Dry vs Blow Dry Yang Harus Kamu Ketahui!

Trend-trend warna rambut yang mulai marak belakangan ini, membuat banyak orang juga beramai-ramai mengikuti trend yang ada. Penampilan yang dapat selalu menjadi topik pembicaraan, juga mulai diperhatikan sebagai penunjang yang cukup penting untuk dirawat.


Terutama bagian rambut yang menjadi mahkota setiap wanita yang cukup memberi dampak yang besar pada keseluruhan penampilan dari seseorang. Maka dari itu kesehatan rambut pun patut untuk di perhatikan, agar rambut tetap berkilau serta mudah diatur.

Dalam rutinitas keseharian dengan waktu yang cukup terbatas, mungkin banyak diantara rocketers yang memilih untuk meng-hair dryer atau blow dry rambut untuk mempersingkat waktu. Tetapi dengan mengeringkan rambut menggunakan hair dry ataupun blow dry, merusak rambut rocketers. Karena dengan kondisi rambut yang cukup basah, terkena suhu panas yang cukup drastis mampu membuat rambut rocketers menjadi rapuh dan mudah rontok.

BACA JUGA : MASALAH RAMBUT KERING, KINI BISA DIATASI DENGAN 6 CARA INI LOH!

Dan tidak sedikit juga, para rocketers yang memilih untuk meng-air dry rambut agar meminimalisasikan efek kerusakan rambut akibat penggunaan hair dryer ataupun blow dryer. Memilih untuk melakukan air dry, yang dimaksud air dry adalah pengeringan rambut dengan mengangin-anginkan secara alami. Tetapi untuk proses pengeringan ini, membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Beli Protein Cream dari SH-RD Indonesia di:

Shopee: https://shopee.co.id/shrd.id

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/shrd.id

Website: https://www.pinkrocket.co.id

[Selengkapnya melalui: SH-RD Indonesian Hair Care]

Ada satu fakta yang cukup mencengangkan loh rocketers! Faktanya air dry ternyata tidak kalah beresiko merusak kesehatan rambut para rocketers dibandingkan dengan blow dry. Kedua cara pengeringan rambut tersebut dapat merusak kesehatan rambut rocketers. Pinkrocket akan bahas secara tuntas, kira-kira hal apa yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan rambut rocketers.

 

Mengapa Rambut Bisa Rusak?

rambut

Rambut terbuat dari protein yang disebut Keratin dalam struktur seperti sirap yang disebut kutikula. Dan seperti sirap di atap, selama strukturnya tidak rusak secara fisik atau menyerap air, itu tetap kuat dan protektif.

Pada akar, terdapat folikel rambut yang berujung ke kulit kepala, dan tumbuh untuk membangun batang rambut yang terbuat dari keratin. Karenanya, kesehatan rambut rocketers, termasuk ketebalan rambut.

BACA JUGA : 10 HAIR MASK INI BISA MENGATASI PERMASALAHAN RAMBUT SINGA KAMU

Jadi, rambut yang tidak sehat bisa jadi akibat rambut menjadi rusak, kulit kepala menjadi lemah, atau keduanya. Juga, rambut rocketers akan rusak jika kulit kepala rocketers rusak karena digosok, menjadi terlalu kering, atau terlalu basah untuk waktu yang lama (seperti jari yang layu saat mandi, ini melembutkan kulit kepala dan melemahkan folikel). Selain itu, kulit kepala basah yang berkepanjangan dapat menyebabkan infeksi jamur.

 

Dampak Dari Air Drying Dan Blow Drying?

Air Drying

air drying

Masalah sebenarnya adalah membiarkan kelembaban tetap berada di rambut dan terutama di kulit kepala selama beberapa waktu yang tidak menentu. Lamanya durasi membiarkan kondisi lembab tersebut pada rambut rocketers, dan jika diikat dengan kuncir kuda. Dengan keadaan yang lembab tersebut dapat memicu permasalahan rambut yang bisa timbul, seperti ketombe, rapuh, lepek, berminyak, dll. Juga jika rocketers menggosok rambut secara berlebihan dengan handuk, maka batang-batang rambut rocketers akan mengelupas dan robek. Bagi rocketers yang kerap kali menyikat rambut dalam keadaan basah akan menyebabkan rambut meregang dan membelah. Serta, jika membiarkannya tetap dalam keadaan basah akan mengakibatkan berkurangnya nutrisi rambut alami yang terdapat pada rambut atau membuatnya kusut. 


Blow Drying

blow drying

Dampak yang terjadi jika rocketers mem blow dry rambut rocketers adalah rambut terlalu panas dan terlalu kering, serta menyisirnya terlalu keras. Pada dasarnya yang terjadi jika terlalu keras menyisir rambut rocketers mengambil semua kelembaban dan kemudian menariknya ke titik kelemahan atau kerusakan struktur batang rambut. Belum lagi akan menyebabkan rambut menjadi bercabang pada ujung-ujung batang rambut.

(source: emilyjsalon.com, marieclaire.co.uk)

Cara Mengeringkan Rambut Yang Benar

mengeringkan rambut

Setelah mengetahui fakta dari air dry dan blow dry, tentunya rockets menjadi dilema dan mencari cara agar merawat dan menjaga kesehatan rambut. Agar kondisi rambut tidak menjadi lebih parah dari sebelumnya. Pinkrocket mempunya tips dan trik untuk mengeringkan rambut dengan benar.

1. Keringkan rambut dengan cara meremas lembut menggunakan handuk yang dapat menyerap air dengan baik atau yang berbahan microfiber. Perhatikan! Jangan digosok, tetapi diremas dengan perlahan ya rocketers.

2. Lalu setelah rambut dalam kondisi setengah kering, rocketers dapat menggunakan blow dry untuk mengeringkan rambut secara tuntas. Pastikan rocketers mengatur level cool, yang terdapat pada alat hair dryer.

Nah, seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya air dry ataupun blow dry dapat merusak rambut para rocketers. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk merawat kesehatan rambut rocketers saat mengeringkan rambut, rocketers disarankan untuk tetap menggunakan vitamin rambut ataupun heat protector.

BACA JUGA : REVIEW PRODUK - SH-RD PROTEIN CREAM

Pinkrocket punya vitamin rambut yang magic dan anti ribet. SH-RD Protein Cream dapat menutrisi rambut rocketers tanpa butuh waktu lama, dengan kandungan dari rosemary, formula silk protein complex , menggabungkan kelembaban dan perlindungan silk asam amino dan silk protein. 

@shrd.id ga nyangka banget kan?! #fyp #hairhacks #foryou #shrd ♬ SUKI! CHOver. KOUSHIKIBAISOKU - Chou Tokimekisendenbu

SH-RD Protein Cream juga menghaluskan dan menyegel kutikula, sekaligus mengunci dan melembabkan. Serta, menguatkan rambut. SH-RD Protein Cream dapat melapisi rambut sehingga mampu melindungi rambut dari sinar UV. Bagi para rocketers yang memperhatikan penampilan rambut sehatnya, SH-RD Protein Cream mampu membuat rambut rocketers terlihat berkilau dan lembut.

3. Sembari mengeringkan dengan blow dry, rocketers dianjurkan menyisir rambut dengan perlahan hingga kering. Dengan begitu rocketers dapat memiliki rambut sehat dan terawat. 


Setelah mengetahui fakta tentang blow dry dan air dry, kini rocketers dapat mengantisipasi perawatan rambut yang dilakukan dan lebih memaksimalkan untuk mendapatkan rambut yang sehat, tetapi dapat tetap tampil on point.

Comments 3

Pilo on

pake hairdryer tp katanya g direkomen ya

frian on

manfaat bgt infonya thx!

wawa on

makasih info nya

Leave a comment