FREE SHIPPING SE-INDONESIA

Kamera Gaya Tahun 90-an

Kamera Gaya Tahun 90-an

Go buy a film camera so you can show your kids how cool you were.


Kamu pasti pernah mendengar istilah disposable camera, kan? Atau melihat teman-temanmu mengunggah foto dengan gaya vintage tahun 90-an. Kamera seperti ini memerlukan gulungan/roll film yang kemudian akan dikembangkan menjadi foto cetak. Vibe foto yang dihasilkan seperti membuat kita bernostalgia. But seriously, what are the hypes all about? 

Kamu tahu gak kalau tren-tren terbaru yang ada di generasi kita ini bukanlah tren yang benar-benar baru hadir? Kebanyakan dari tren ini hanya mengulang gaya-gaya dari tahun 90-an seperti ikat rambut scrunchie, celana kulot hingga celana cutbray. Kita hidup di masa di mana sangat mudah mendapatkan akses ke smartphone dan kamera HP. Kita jadi bosan dan malah menginginkan kesan vintage aesthetic seperti zaman dulu. Belum adanya media sosial membuat semua momen di masa itu menjadi sangat real and raw

Selain di Instagram, disposable camera ini juga menjadi sangat booming di TikTok. Orang-orang menggabungkan foto-foto mereka dalam satu klip video TikTok seperti yang dibuat oleh @wilson.peng dan @raphael_rosenthal di bawah ini.

@wilson.peng

a summer in hawaii on disposables 🎞 #hawaii #film #disposablecamera #fyp

♬ original sound - Johnny Pensiero

 

@raphael_rosenthal

#disposablecamera #fyp

♬ original sound - Geneva guy

Untuk merknya, sebenarnya ada cukup banyak produsen yang menjual kamera film ini. Namun, 2 brand yang paling terkenal dalam industri ini adalah Fujifilm dan Kodak. Selain itu, roll film yang paling sering digunakan yaitu film ukuran 35mm.

Hamish Gill, pendiri website 35mmc, mengatakan jika alasan orang-orang memilih disposable camera ini adalah karena kesederhanaannya. "It’s fun shooting such basic kit, after all," tambah Hamish. Harganya yang cukup murah dibandingkan kamera digital membuat kamera jenis ini sebagai alternatif para remaja.

Para selebriti dan influencers pun juga banyak yang ikut menggunakan tren kamera ini. Salah satunya adalah Gigi Hadid. Model papan atas ini terlihat mengambil gambar dengan disposable camera pada sebuah acara fashion show di Paris. Selanjutnya ada David Dobrik, pembuat video di platform YouTube yang sangat terkenal, ia membuat akun Instagram bernama @davidsdisposable. Akun tersebut berisikan koleksi foto yang diambil menggunakan kamera film miliknya.

Sayangnya, nama kamera "disposable" ini memiliki arti yang sama yakni sekali pakai. Artinya kamera ini hanya bisa digunakan sekali saja dan setelah itu sudah tak berguna. Apalagi bahannya yang terbuat dari plastik membuat kamera ini mudah mencemari lingkungan atau dengan kata lain tidak eco-friendly. Pencahayaan yang kurang juga sangat mungkin membuat hasil foto tersebut gagal. Sayang banget, kan? Sebagai alternatif, sudah banyak aplikasi di smartphone-mu yang bisa memberikan efek/filter kamera seperti itu. Salah satu aplikasi yang cukup terkenal adalah Huji Cam

Walau begitu, kamu juga harus tau jika keasyikkan dari kamera ini sebenarnya terjadi saat kita sedang clueless akan jadi seperti apa hasil fotonya. Semua rasa penasaran baru terbayarkan saat melihat hasilnya nanti. Memenuhi ekspektasi atau tidak, tidak ada yang tahu. But if you want to look like those cool teenagers out there, go grab yours!

 

BACA JUGA: 'THE KISSING BOOTH 3' AKAN SEGERA HADIR

Comments 17

jmyiylrzzn on

Kamera Gaya Tahun 90-an – Pinkrocket
jmyiylrzzn http://www.gwf386789k82vc61ywmjpp9tb78r2i54s.org/
[url=http://www.gwf386789k82vc61ywmjpp9tb78r2i54s.org/]ujmyiylrzzn[/url]
ajmyiylrzzn

Han kiu on

produk jadul yang bagus

A on

WOWW

Martinus on

memorable sekaliiii…..

lili on

SUKAAAK

mich on

saya sukeee

Angelica on

belum pernah nyobain kamera inii..

loli on

sukaakk bangettt

loli on

sukaakk bangettt

loli on

sukaakk bangettt

pin on

aku suka banget foto2 pake kamera jadul, rasanya tuh, fotonya jadi lebih bercerita.. haha dulu hadiah pertama camera underwater aquapix yang (zaman dulu diatas 500rb-1jt) dibawa kemana2 sampe muter jakarta nyari roll kamera dan cuci. what an experience!

Syalom on

Turunkan harga film!

Haha on

Aku beli karena cute aja sih kaneranyaa hahaha

Shaka on

Lagi bimbang mau beli apaa ga abis baca ini jafi makin yakin keren2 gt

film on

gue jg suka hunting pake analog kalo lg liburan atoga bosen hahaha emg bener bgt film is better

Leave a comment