FREE SHIPPING SE-INDONESIA

4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi

4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi

Tes Kepribadian – MasBied.com Blog

Menurut ilmu psikologi, kepribadian manusia sudah terbentuk sejak mereka masih bayi. Kepribadian itu terbagi menjadi 4 kelompok besar yang aspeknya sesuai dengan kebanyakan individu. Seseorang mungkin memiliki gabungan dari 2 jenis kepribadian atau lebih dan setiap kepribadian memiliki sisi positif dan negatifnya masing-masing. Coba deh disimak, kamu memiliki jenis kepribadian yang mana?

 

Sanguinis

Orang dengan tipe kepribadian yang suka berbicara, ceria, optimis, antusias, lincah, dan menyukai petualangan, kemungkinan besar tergabung dalam tipe kepribadian sanguinis. Banyak yang menyebutkan bila tipe satu ini merupakan karakteristik manusia yang paling umum dan mendominasi pada bidang bisnis, politik, dan juga olahraga. Kharismanya sangat terpancar saat mereka terlibat dalam perilaku yang membutuhkan resiko tinggi.

Hal baik yang bisa dilakukan untuk diri:

  • Pergi ke taman dan berolahraga
  • Tersenyum pada orang yang berlalu-lalang di jalan
  • Mendengarkan podcast

 

Koleris

Orang dengan tipe kepribadian koleris cenderung adalah orang yang ekstrovert. Mereka adalah orang yang independen, kurang menyukai basa-basi, percaya diri, memiliki tujuan, dan ambisius. Jika digabungkan dengan sisi dominan yang detail pada hasil, mereka merupakan natural leaders. Individu dengan kepribadian ini umumnya suka berkumpul dengan tipe kepribadian yang sama dengan mereka.

Hal baik yang bisa dilakukan untuk diri:

  • Menari sambil mendengarkan playlist lagu favoritmu
  • Berkenalan dengan tetanggamu
  • Pergi tidur 30 menit lebih awal

 

Melankolis

Para melankolis ini biasanya orang yang sangat memperhatikan detail dan jago cenderung analitis. Mereka adalah pemikir dan perasa yang mendalam dan ujung-ujungnya jadi overthinker deh. Selain itu, individu melankolis ini biasanya lebih tertutup dan suka menghindari keramaian. Kepribadian ini secara tidak langsung membentuk individu mandiri yang perhatian dan sering cemas. Mereka sering kali mengejar kesempurnaan dalam diri dan sekitar, yang menyebabkan mereka sangatlah berorientasi pada detail.

Hal baik yang bisa dilakukan untuk diri:

  • Mengubah gaya atau warna rambutmu
  • Membaca buku
  • Makan makanan sehat

 

Plegmatis

Nggak Disangka, 5 Kelebihan Ini Bisa Didapatkan Orang yang Pendiam Lho! -  Facetofeet.com

Individu dengan kepribadian ini cenderung santai, tenang, pendiam, dan juga easy-going. Mereka sebenarnya bersimpati dan peduli dengan orang lain, namun mereka berusaha menyembunyikan emosi mereka. Individu yang plegmatis juga pandai menggeneralisasikan ide atau masalah terhadap dunia dan membuat kompromi. Tipe ini sangat menghargai hubungan kedekatan antar individu.

Hal baik yang bisa dilakukan untuk diri:

  • Menulis goal-mu untuk 30 hari ke depan
  • Batasi penggunaan media sosialmu
  • Menata ulang lemari baju dan buang hal-hal yang tak terpakai

BACA JUGA: LOVE LANGUAGE KAMU APA?


4 jenis kepribadian manusia ini sudah hadir sejak zaman dahulu. Seiring berjalannya waktu, tes kepribadian yang hadir di tengah masyarakat juga semakin beragam. Mungkin kamu pernah melakukan tes MBTI atau 16Personalities, Enneagram, dan masih banyak lagi. Memang menggolongkan diri sendiri sebagai salah satu kelompok bisa menjadi hal yang menyenangkan. Namun menggunakan jenis kepribadian sebagai tameng atau alasan dari setiap perbuatan kita bukanlah sesuatu yang etis. Jadi, kamu masuk golongan kepribadian yang mana?

Comments 12

subekti on

wah aku tipe koleris nih

Yanto on

Halah..

Yudi on

kita harus bisa tahu tipe kepribadian kita sendiri, terima kasih infonya…

pin on

selalu test ini dari smp sampe sekarang gapernah berubah ahha

Frisca on

gue aja bingung kepribadian gue apa wkwkw

nyunyuw on

ak jadi sedih

Hena on

Melankolis bgt saya sih:”

DW on

wah bener banget gaes

oky on

iya bener

latte on

aku gampang…..

nana on

❤️❤️❤️

tipsy monkey on

aku gampang nangis org nya

Leave a comment