Susah Menurunkan Berat Badan? Bisa Jasi 5 Hal Berikut Ini Penyebabnya

Susah Menurunkan Berat Badan? Bisa Jasi 5 Hal Berikut Ini Penyebabnya

Tidak bisa dipungkiri dengan stigma masyarakat yang membuat standarisasi kecantikan tersendiri. Tidak sedikit juga yang mengalami body shaming karena kekurangan fisik, dari orang-orang disekitar mereka yang tidak memiliki atau tidak memenuhi ‘ketentuan’ tubuh yang menjadi patokan terhadap stereotip yang ada.


olahraga

Memiliki badan yang langsing, serta sehat merupakan impian semua orang. Terlebih jika bentuk tubuh ataupun proporsional tubuh yang jika terlihat seimbang dan sesuai dengan berat badan ideal yang telah dihitung dengan tinggi badan untuk mendapatkan badan yang sehat serta berisi. Tidak terlalu kurus dan tidak terlalu overweight, jadi pastikan jika rocketers memiliki alasan yang tepat untuk menurunkan berat badan. Alih-alih menjadi sehat, rocketers akan merasa stress dan terbebani.

Mungkin untuk sebagian besar orang sudah melakukan berbagai upaya untuk memiliki badan yang indah ataupun berusaha untuk menurunkan berat badan dengan gencar. Tetapi tidak juga membuahkan hasil yang cukup signifikan. Bahkan yang lebih parah, banyak orang yang rela tidak makan dan melakukan operasi plastik ataupun sedot lemak hanya untuk memenuhi ‘standar kecantikan’ yang ada di masyarakat luas.

BACA JUGA : SKINCARE KAMU GA BEKERJA SECARA MAKSIMAL? MUNGKIN INI ALASANNYA!

Jika rocketers telah melakukan semua upaya untuk menurunkan berat badan, bisa jadi 5 hal berikut ini yang jadi alasannya kenapa berat badan rocketers tidak juga turun.

1. Kurangnya Minum Air Putih

minumair putih

Minum air putih merupakan hal yang sering kali dianjurkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat, tidak bisa dipungkiri jika air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh rocketers. Bahkan termasuk untuk mendetoksinasi semua kandungan racun yang terdapat pada tubuh. Dan memang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi tubuh untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter dalam satu hari, atau setara dengan 8 gelas per hari. 

Tidak bisa dipungkiri juga, bagi rocketers yang bekerja pada sehari-harinya minum air putih merupakan hal yang sering kali dilupakan untuk di lakukan. Sehingga terkadang rocketers tidak sadar, tubuh rocketers terbiasa dengan berbagai minuman yang berasa cenderung manis.

Untuk rocketers yang ingin menurunkan berat badan, yuk mulai minum air putih lebih banyak dan rutin setiap hari.

2. Gemar Memakan Dan Meminum Yang Manis

sweets

Siapa yang tidak suka dengan makanan atau minuman yang manis? Hampir setiap orang suka dengan rasa manis yang didapatkan dari berbagai dessert ataupun macam-macam olahan minuman yang semakin hari semakin bermacam-macam dan ber variasi. Tentunya pasti sangat menggugah selera dan belum lagi jika menjelang hari datang bulan, banyak dari rocketers pasti ‘mengidamkan’ sesuatu yang manis dan legit.

BACA JUGA : TERNYATA HAL INI MENJADI SALAH SATU SELF CARE LOH!

Tapi rocketers mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis pada keseharian kita, juga tidak baik loh! Karena pada faktanya tubuh kita hanya membutuhkan glukosa sebesar 5% dari kebutuhan kalori harian. Hal ini berlaku untuk orang dewasa maupun anak-anak, ya. Untuk memudahkan, berikut adalah acuan konsumsi gula berdasarkan usia yang bisa rocketers pakai:

  • Dewasa: tidak lebih dari 30 gram (7 sendok teh) per hari
  • Anak-anak 7–10 tahun: tidak lebih dari 24 gram (6 sendok teh) per hari
  • Anak-anak 2–6 tahun: tidak lebih dari 19 gram (4 sendok teh) per hari

3. Tidak Mengurangi Konsumsi Karbohidrat 

karbohidrat

Sebagai orang indonesia, ada pepatah yang berbunyi “kalau ga pake nasi, ga kenyang” Tapi rocketers, nasi sendiri mengandung gula yang cukup besar. Sementara kandungan karbohidrat tidak hanya didapatkan dari nasi, tapi dari kentang, dan juga tepung.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health pun menunjukkan bahwa semakin banyak porsi nasi putih yang dimakan setiap hari, maka semakin besar peluang seseorang untuk mengembangkan diabetes tipe 2 (kencing manis).

Jika rocketers memang ingin menurunkan berat badan, rocketers dapat mengganti asupan karbohidrat rocketers dengan nasi merah atau nasi coklat yang kandungan seratnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan karbohidrat lainnya.

4. Tidak Berolahraga

berolahraga

Salah satu upaya yang sudah tidak asing lagi untuk dilakukan dalam menurunkan berat badan, yaitu berolahraga. Seperti yang kita ketahui, berolahraga menjadi salah satu aktivitas yang dapat membakar kalori serta lemak pada tubuh. Sehingga tidak ada lemak yang tertimbung pada tubuh rocketers. Dan dapat memicu produksi hormon endorphine. Dimana hormon tersebut berfungsi sebagai hormon yang membuat rocketers bahagia.

Rocketers dapat berolahraga sesuai hobi yang dimiliki,misalnya, olahraga kardio seperti lari, bersepeda, berenang, senam aerobik, zumba, pilates atau dapat meningkatkan detak jantung dan sangat efektif dalam membakar lemak yang menumpuk di sekitar perut, paha, dan lengan. Atau bisa juga memilih olahraga angkat beban yang membantu mempertahankan massa otot, memacu metabolisme, dan membuat tubuh tetap kencang.

BACA JUGA : MENYAMBUT PERGANTIAN TAHUN, BERIKUT INI RAMALAN TREN HAIRSTYLE YANG BISA KAMU TIRU!

Apapun olahraga yang dipilih oleh rocketers untuk menurunkan berat badan, pastikan rocketers melakukannya secara rutin dan dengan cara yang tepat serta benar. Alih-alih menjadi sehat dan menurunkan berat badan, rocketers bisa cedera.

Untuk membuat aktivitas olahraga rocketers menjadi lebih nyaman dan dapat bergerak tanpa khawatir akan iritasi, rocketers dapat menggunakan MOLLIFIX ZIP FRONT RACERBACK.  Model dari sportswear yang satu ini cukup unik, karena adanya resleting pada bagian depan bra sport. Tetapi jangan khawatir, reseliting akan mudah lepas. Karena resleting yang digunakan memiliki double protection, dan anti macet. juga adaanya kain pelindung dan pengait tambahan pada MOLLIFIX ZIP FRONT RACERBACK tersebut membuat terjaminnya kenyamanan dan keamanan saat pemakaian, serta bra tidak langsung terlepas. Jadi, sangat aman untuk digunakan jika berolahraga berat. 

MOLLIFIX ZIP FRONT RACERBACK, juga mempunyai teknologi moisture wicking yang mampu menyerap cairan dalam waktu 1 menit. Sehingga bisa mencegah terjadinya iritasi dan memerah-merah akibat biang keringat sehabis olahraga. Keunikan lain yang dimiliki oleh MOLLIFIX ZIP FRONT RACERBACK adalah anti guncang dan mempunyai fix 3D cups. Yang dapat membuat rocketers tampil percaya diri saat berolahraga.

5. Gangguan Kesehatan

gangguan kesehatan

Penyebab lainnya yang berdampak pada susahnya penurunan berat badan adanya ganggaun kesehatan yang dimiliki. Gangguan kesehatan ini bisa membuat penderitanya mudah gemuk dan sangat sulit menurunkan berat badan, antara lain:

  • Hipotiroidisme: Kondisi penyakit yang menyebabkan kelenjar tiroid tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Akibatnya, metabolisme akan lebih lambat dan tubuh akan menyimpan lebih banyak lemak ketimbang yang dibakar.
  • Sindrom Ovarium Polikistik (Polycystic Ovarian Syndrome/PCOS): PCOS merupakan gangguan ketidaksuburan pada wanita lantaran produksi hormon androgen yang berlebihan dan hormon insulin yang tinggi.
  • Sleep Apnea: Gangguan tidur ini disebut menurunkan leptin atau hormon penekan nafsu makan dan meningkatkan ghrelin sehingga dapat meningkatkan keinginan untuk makan makanan padat kalori.
  • Stres: Saat stres, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol yang membuat tubuh menyimpan lemak, terutama di sekitar pinggang, pinggul, dan paha.
  • Depresi: Banyak orang yang mengalami depresi beralih ke makan untuk meredakan tekanan emosional.
  • Perubahan Hormonal: Beberapa wanita mungkin mengalami kenaikan berat badan saat mengalami perubahan hormon, seperti masa pubertas, kehamilan, dan menopause.

    (source: cnnindonesia.com, alodokter.com )


    Adanya rocketers yang memiliki rutinitas yang cukup padat, pasti akan merasa tidak mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan olahraga guna untuk membakar lemak dan kalori yang telah dikonsumsi setiap harinya. Rocketers bisa mengantisipasi penurunan berat badan dengan cara-cara yang telah dianjurkan.

    Comments 4

    denia on

    emg bner sih rasanya kalo weekend cuma pengen tdr aja :(

    tami on

    semangat buar olahraga

    mia on

    suah bgt ngantur waktu buat olahraga:(

    Pipit on

    Kurang tidur kadang bikin berat badan susah turun ya

    Leave a comment