FREE SHIPPING SE-INDONESIA | 20K OFF MIN PURCHASE 300K

Sunscreen Dan Sunblock, Mana Yang Cocok Untuk Kamu?

Sunscreen Dan Sunblock, Mana Yang Cocok Untuk Kamu?

Untuk mengantisipasi kesehatan kulit wajah agar terhindar dari kanker kulit serta terbebas dari radikal bebas yang setiap hari terpapar karena aktivitas yang mengharuskan kita keluar rumah.


Selain merawat kulit wajah dengan membersihkan wajah double cleansing dan melakukan skincare routine pada setiap harinya. Pengaplikasian sunscreen atau sunblock ternyata tidak kalah penting loh, rocketers! Walaupun rocketers tidak secara langsung terpapar dengan sinar matahari, di dalam ruangan pun rocketers dianjurkan untuk menggunakan sunscreen ataupun sunblock. Karena sinar matahari dapat menembuhs kaca dan membuat wajah rocketers terpapar sinar UV walaupuns ecara tidak langsung.

BACA JUGA: MASKNE SELAMA PANDEMI? BERIKUT PENYEBAB DAN TIPS CARA MENGATASI MASKNE

Kira-kira rocketers tahu tidak sih perbedaan dari sunscreen dan sunblock itu sendiri? Walaupun sama-sama dapat melindungi dari sinar UV, ternyata sunscreen dan sunblock sangatlah beda dari berbagai sisi loh rocketers! Apa ya yang membedakan dua pelindung kulit ini? Yuk, kita simak penjelasannya!

Perbedaan Sunblock Dan Sunscreen 

Walaupun mempunyai kesamaan untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari/UV yang berbahaya. Karena dapat memicu terjadinya kanker kulit, jika tidak adanya upaya yang dilakukan untuk melindungi kesehatan kulit wajah. Secara umum, pengaplikasian sunscreen dan sunblock perlu dilakukan setiap 2 jam untuk perlindungan yang konsisten. Terlepas dari label yang tercantum menunjukkan bersifat water resistant hingga 4 jam, setiap produk sunscreen tetap dianjurkan untuk pengaplikasian ulang setelah 2 jam. 

Perhitungan 2 jam sendiri berkaitan dengan cara produk diuji di laboratorium versus cara kita menggunakan produk di kehidupan nyata. Di laboratorium, para ilmuwan melakukan pengujian produk dengan kondisi sangat terkontrol menggunakan lampu yang secara konstan menghantarkan sinar UV. 

Sunblock

sunblock

Sunblock memiliki kandungan mineral seperti titanium dioxide yang termasuk dalam mineral alami yang tidak mudah terurai di bawah sinar matahari. Senyawa aktif ini menghasilkan tekstur yang lebih tebal dengan warna yang lebih buram. Beberapa orang menganggap bahwa tekstur sunblock ini menyulitkan mereka mengoleskan lotion secara merata. Selain itu, warna buram dari sunblock akan terlihat setelah diaplikasikan pada kulit sehingga membuat sebagian orang kurang suka jenis ini

Sunblock bisa digunakan bagi kamu yang akan beraktivitas berjam-jam di bawah paparan sinar matahari, seperti berolahraga di luar ruangan, panas-panasan saat konser, atau main ke pantai, karena efek perlindungan dari sunblock bisa dirasakan langsung tanpa harus menunggu. Sunblock memiliki tekstur yang kental dan biasanya meninggalkan warna putih ketika dioleskan di kulit. Di dalamnya terkandung bahan-bahan yang dapat membangun lapisan di atas permukaan kulit untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

BACA JUGA: 5 REKOMENDASI MASKER VIRAL ALA TIKTOK, YANG WJAIB DICOBA

Cara kerja dari sunblock sendiri, sunblock akan menghalau dan memantulkan sinar matahari dari kulit. Hal ini dapat terjadi karena adanya kandungan titanium dioksida atau seng oksida di dalamnya, sunblock dinilai efektif melindungi kedua jenis ultraviolet, yaitu UVA dan UVB.

Sunscreen

sunscreen

Sunscreen adalah lotion tabir surya yang dapat menembus dan diserap oleh kulit sebelum sinar UV mencapai lapisan kulit dan merusaknya. Namun, jenis pelindung matahari ini biasanya hanya bertugas melindungi kulit dari sinar UVB. sunscreen mempunyai bahan kimia aktif yang berfungsi sebagai filter untuk mengurangi penyerapan radiasi sinar UV ke kulit. Kandungan yang biasa ada di sunscreen, yakni Octocrylene, Mexoryl XL, SPF, dan PA

Untuk penggunaan sehari-hari atau untuk kegiatan outdoor yang tidak terlalu lama, dapat menggunakan sunscreen yang formulanya lebih ringan dan tidak meninggalkan warna (transparan) di kulit. Sunscreen wajah yang bagus berfungsi untuk menyaring sinar matahari, sehingga masih akan ada sebagian sinar matahari yang akan terserap. Di dalamnya biasanya sudah terkandung SPF dengan angka yang menentukan berapa lama sunscreen itu dapat melindungi kulit. Misalnya, bila kulit akan terbakar matahari dalam waktu 15 menit, maka penggunaan SPF 10 dapat memperpanjang waktu hingga 10 kali lipat sebelum kulit terbakar. Setelah 150 menit berlalu, sunscreen harus kembali dioleskan.

BACA JUGA: 7 KEBIASAAN INI DAPAT MEMBUAT KAMU LEBIH PRODUKTIF

Cara kerja yang dimiliki oleh sunscreen adalah dia akan menyerap sinar matahari lalu diubah menjadi energi panas yang nantinya akan dilepaskan pada permukaan kulit. Hal ini menjadi salah satu alasan yang mengharuskan rocketers untuk mengoleskan kembali sunscreen jika menggunakannya. Sunscreen harus dioleskan 20 menit sebelum keluar dari ruangan. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada sunscreen memerlukan waktu untuk menyerap ke dalam kulit. 

Cara Pemakaian

Untuk cara pemakaianannya rocketers hanya perlu mengkocok sunblock ataupun sunscreen yang digunakan lalu aplikasikan kepada kulit rocketers. Sunscreen ataupun sunblock tidak hanya dapat diaplikasikan kepada wajah saja loh rocketers, tetapi bisa juga kepada tubuh. Hal ini juga dapat membantu rocketers agar tidak memiliki flek hitam ataupun terjadi penuaan dini.

(source: hellosehat.com, loreal-paris.co.id)

Beli Masker Wajah Moisturize Rose Jelly dan Masker Wajah Deep Cleansing Jelly  dari EILEEN GRACE Indonesia di:

Shopee: https://shopee.co.id/eileengrace.id

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/eileengrace.id

Website: https://www.pinkrocket.co.id

[Selengkapnya melalui: Eileen Grace Indonesia]

Untuk para rocketers yang belum menemukan sunscreen yang cocok, pinkrocket punya solusinya nih! EILEEN GRACE SUNSCREEN SPRAY.

EILEEN GRACE SUNSCREEN SPRAY memiliki kandungan SPF 50++ dimana dapat melindungi kulit rocketers dengan perlindungan yang super tinggi. Selain itu dengan cara pengaplikasiannya menggunakan spray lebih memudahkan rocketers untuk meratakan dan tidak mudah tumpah.

Untuk penggunaan EILEEN GRACE SUNSCREEN SPRAY tidak perlu takut tidak rata ataupun adanya whitecast yang sering terjadi karena penggunaan sunscreen lotion ataupun sunblock. EILEEN GRACE SUNSCREEN SPRAY juga bisa diaplikasikan pada wajah serta tubuh, rocketers hanya perlu spray pada tangan terlebih dahulu lalu gosok dengan telapak tangan, setelah itu tap tap pada wajah rocketers. Untuk penggunaan pada tubuh, rocketers hanya perlu spray ke area yang diinginkan lalu ratakan dengan tangan.

Kelebihan EILEEN GRACE SUNSCREEN SPRAY ini juga gampang terserap kedalam kulit, dan anti lengket. Jadi rocketers tidak perlu merasa lengket atau risih dengan efek yang ditimbulkan dengan pemakaian sunblock ataupun sunscreen pada umumnya. 

Comments 4

Novi on

begitu toh cara pemakaiannya….

rina on

makasih infonya

alina on

waw kirain samaa

Angel on

ya ampun baru tau

Leave a comment