FREE SHIPPING SE-INDONESIA

Shopping Merupakan Salah Satu Self Love? Berikut 4 Manfaatnya

Shopping Merupakan Salah Satu Self Love? Berikut 4 Manfaatnya

Tepat pada tanggal 10 oktober menjadi peringatan #MentalHealthDay dimana hashtag tersebut menduduki trending topic di platform sosial media di twitter. 


Hal perihal kesehatan mental, belakangan ini menjadi topik yang marak dan ramai diperbincangkan. Banyaknya kejahatan dan perilaku-perilaku yang terpampang dalam surat kabar belakangan ini, menjadi salah satu dampak besar kesehatan mental pada seseorang. Belakangan ini banyak orang yang mencoba untuk menggerakan self love, terhadap diri sendiri.

world mental health day

Self Love itu sebenarnya apa sih? Self love adalah istilah dalam dunia psikologi yang mempunyai arti suatu perilaku yang dilakukan untuk mencintai/menghargai diri sendiri.

BACA JUGA : TIDUR MERUPAKAN JENIS SELF-CARE YANG BAIK

Belanja yang bertujuan sebagai terapi untuk meningkatkan mood (retail therapy) juga tidak dapat bertahan lama. Survei yang dilakukan oleh U.S. News & World Report menemukan lebih dari sepertiga orang Amerika mengikuti terapi tersebut. Sebanyak 34 persen mengatakan mereka sering melakukan retail therapy, sedangkan 51 persen lainnya mengatakan mereka tidak memiliki anggaran untuk berbelanja.

Dilansir dari Healthline, melakukan retail therapy dapat membantu seseorang untuk meredakan stres, cemas, hingga melawan kesedihan yang berkepanjangan. Psikolog klinis Scott Bea, PsyD dari Cleveland Clinic mengatakan, belanja memang membuat kita akan merasa lebih baik. Penelitian menunjukkan, sebenarnya ada banyak nilai psikologis saat kita berbelanja jika dilakukan dalam batas wajar dan jika kita sudah mempunyai kontrol diri yang baik.

(source: healthline.com)

Berikut berbagai manfaat belanja untuk kesehatan mental :

 

1. Mengembalikan Kontrol Diri

self control

Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menunjukkan, berbelanja dapat membantu memperkuat rasa kendali pribadi atas lingkungan kita. Berbelanja juga bisa meredakan perasaan sedih. Riset 2014 dalam Journal of Consumer Psychology juga mengatakan bahwa berbelanja tidak hanya membuat orang lebih bahagia tetapi juga dapat melawan kesedihan yang berkepanjangan.

Kesedihan yang terjadi pada umumnya dokarenakan hidup kita yang berada di luar kendali diri kita sendiri. Pilihan yang dilakukan saat berbelanja bisa memulihkan kontrol diri dan otonomi pribadi. Hal ini juga berlaku untuk kesedihan yang kita rasakan. Riset 2014 yang dilakukan ilmuwan dari University of Michigan menunjukkan bahwa membeli barang yang kita sukai bisa 40 kali lebih efektif memberi rasa kendali daripada tidak berbelanja.

Dalam studi ini, mereka yang benar-benar membeli barang juga tiga kali lebih sedikit merasa sedih, jika dibandingkan dengan mereka yang hanya melihat-lihat saja. Studi ini menunjukkan bahwa rocketers akan merasa seolah-olah ada hal-hal yang tidak berjalan sesuai keinginan, mendapatkan apa yang kamu inginkan dapat terasa seperti pencapaian pribadi yang positif.

BACA JUGA : BORONG BIG SALE DITANGGAL CANTIK

 

2. Mengalihkan Pikiran dari Kecemasan

mengalihkan pikiran dari rasa kecemasan

Ketika berbelanja secara online, gambar yang menarik, dan tampilan warna yang menarik pada tampilan website bisa membantu menciptakan visualisasi imajinatif. Stimulasi sensori ini dapat membantu rocketers melepaskan diri dari realitas untuk sementara waktu.

Bahkan saat berbelanja online, item yang dipilih juga bisa membuat imajinasi yang dimiliki berjalan dan menciptakan rasa puas. Stimulasi sensori yang dihasilkan saat berbelanja juga membuat kita memvisualisasikan hasil yang positif sehingga pikiran teralihkan dari depresi ataupun anxiety.

 

3. Meningkatkan Hormon Dopamin

meningkatkan hormon dopamin

Memilih-milih barang yang akan dibeli juga bisa berdampak positif pada suasana hati. Pasalnya, aktivitas tersebut bisa memicu pelepasan dopamin yang merupakan neurotransmitter di otak yang meningkatkan rasa bahagia. Dopamin dapat meningkatkan keinginan untuk terus mencari hal-hal yang membuat diri merasa baik, maka dari itu terapi berbelanja menjadi pilihan favorit.

 

4. Membahagiakan Suasana Hati

suasana hati bahagia

Sering kali kita hanya mengisi keranjang belanja online tanpa mencheckoutnya, pasti rocketers pernah melakukan hal seperti itu juga kan? Hal seperti itu adalah bukti bahwa tidak perlu membeli sesuatu agar merasa senang. Hanya sekadar memilih tanpa membelinya telah menciptakan pengalaman mental yang mengasyikan dan mampu meningkatkan suasana hati.

“Bahkan sekadar melakukan window shopping atau online browsing saja bisa membawa kebahagiaan. Tapi sekali lagi, pastikan itu tidak lepas kendali," lanjutnya. Saat berbelanja atau windows shopping, otak akan mengeluarkan hormon bahagia bernama endorfin dan dopamin. Hal inilah yang membuat seseorang merasa puas dan senang ketika membeli barang atau sekadar melihat-lihat saja.

BACA JUGA : 5 HAL YANG BISA DILAKUKAN UNTUK MENJADI AUTOMATIC MOOD BOOSTER

Tuh kan! banyak banget manfaat untuk kesehatan kita dari kegiatan berbelanja yang tidak pernah kita sangka sebelumnya. Pinkrocket mau kasih berita baik untuk para rocketers yang self-healingnya belanja. Hari ini tanggal 10.10 ada diskon besar-besaran di website official pinkrocket.co.id, untuk semua brand yang ada di website pinkrocket.

Tapi untuk para rocketers yang punya aplikasi tokopedia ataupun shopee bisa juga langsung cek ke akun official brand-brand kita yang terdapat di tokopedia dan shopee juga loh!

Berikut brand-brand andalan pinkrocket yang rocketers wajib check di 10.10 ditambah lagi, diskon yang banyaakk bgt! Check it out! :

 

1. EILEEN GRACE

 

Beli Masker Wajah Moisturize Rose Jelly dan Masker Wajah Deep Cleansing Jelly  dari EILEEN GRACE Indonesia di:

Shopee: https://shopee.co.id/eileengrace.id

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/eileengrace.id

Website: https://www.pinkrocket.co.id

[Selengkapnya melalui: Eileen Grace Indonesia]

 

2. MAMAWAY

 

Shopee: https://shopee.co.id/mamawayid 

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/mamawayid

Website: https://www.pinkrocket.co.idhttps://id.mamaway.com/

[Selengkapnya melalui: Mamaway ID]

 

3. SH-RD

 

Beli Protein Cream dari SH-RD Indonesia di:

Shopee: https://shopee.co.id/shrd.id

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/shrd.id

Website: https://www.pinkrocket.co.id

[Selengkapnya melalui: SH-RD Indonesian Hair Care]

 

4. MOLLIFIX

 

Shopee: https://shopee.co.id/mollifix_indonesia

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/mollifixindonesia

Website: https://www.pinkrocket.co.idhttps://id.mollifix.com/

[Selengkapnya melalui: Mollifix Indonesia]

 

5. ENOZO

 

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/enozoindonesia

Website: https://enozo-indonesia.com/

[Selengkapnya melalui: Enozo Indonesia]

 

6. NUMBER 8

 

Shopee: https://shopee.co.id/number8id

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/number8id

Website: https://www.pinkrocket.co.id

[Selengkapnya melalui: Number 8 Indonesia]


Dihari weekend ini menjadi saat yang tepat juga untuk para rocketers memulai self-love dengan berbelanja, apalagi dengan banyaknya diskon dan promo sale yang ada. Buruan sebelum kehabisan! Happy weekend, happy you!

Comments 5

tia on

harus kerja lembur bagai kuda

caca on

❤️❤️❤️❤️

sherina on

diskon selalu bikin racunnn

Elvira on

Shop hard, work harder

frisca on

hobi shopping makanya hrs kerja keras~

Leave a comment