FREE SHIPPING SE-INDONESIA

Rambut Bercabang: Apa Penyebabnya?

Rambut Bercabang: Apa Penyebabnya?

The hair is the crown you never take off.


Jika kamu perhatikan, ujung rambut yang bercabang biasanya sangat kering, rapuh, hingga terlihat terurai atau terbelah menjadi dua bagian. Tanpa kamu sadari, ada banyak alasan di balik rusaknya ujung rambut seperti perubahan cuaca, teknik perawatan rambut yang salah, atau penggunaan produk yang merusak rambut sehingga jadi kering. Berikut adalah beberapa sebabnya:

1. Terlalu sering pakai hair dryer atau catokan

Alat styling rambut seperi hair dryer dan catokan memegang peran penyebab rambut bercabang. Hawa panas mampu melemahkan akar rambut dan menjadikannya rapuh. Jadi, pastikan untuk meminimalisir pemakaiannya, ya. Lebih baik biarkan rambutmu kering oleh angin tanpa campur tangan alat elektronik yang panas.

 

2. Selalu mengikat rambut di tempat yang sama

Seorang penata rambut dari Amerika Serikat (AS) bernama Mackenzie Day, menuturkan jika mengikat rambut di tempat yang sama setiap hari ternyata bisa merusak rambutmu. Hal ini dipicu oleh tekanan kuat dari ikat rambut padahal rambut juga perlu ruang untuk bernapas. Terkadang, garis rambut di kepala juga mungkin jadi melebar. Selain itu, jangan ikat saat rambut masih dalam keadaan basah, ya!

 

3. Bleaching / mewarnai rambut

Proses pewarnaan rambut menggunakan bahan kimia bisa menghilangkan lipid dari rambut. Mengingat fungsi lipid yang mampu menjaga serat rambut agar tetap menyatu, maka dalam keadaan rusak, rambut kamu jadi rentan terhadap kerusakan dan cabang. Ketika kealamian rambut rusak, inilah penyebab rambut bercabang.

Hal ini akan semakin parah jika proses pewarnaan dilakukan berkali-kali, apalagi bila tidak diberikan vitamin untuk menjaga kesehatan rambut.

 

4. Tidak cocok dengan produk perawatan rambut

Jika kamu menggunakan produk perawatan rambut, sebaiknya kamu memperhatikan kandungannya juga. Komposisi produk yang tidak cocok bisa menghilangkan kandungan nutrisi alami rambut sehingga rambut jadi mudah kusut, rapuh, dan rusak. Selain itu, pilih produk yang sesuai dengan masalahmu, ya!

Tak hanya perawatan dari luar, rambut bercabang juga perlu diatasi dari dalam dengan cara mencukupi asupan nutrisi yang baik untuk rambut seperti zinc dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut. Zinc dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan seperti daging, telur, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan.


Cara mencegah rambut bercabang

Menurut hellosehat.com, berikut adalah beberapa cara mencegah rambut bercabang:

  • Gunakan serum atau lotion pelindung setiap kali Anda hendak menata rambut menggunakan hair dryer atau catokan.
  • Pakai kondisioner setiap keramas.
  • Pilih produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, serta serum dengan kandungan alami yang sesuai dengan masalah rambut Anda.
  • Jangan gunakan alat penata rambut dengan suhu yang terlalu panas.
  • Hindari terlalu sering mewarnai, meluruskan, dan mem-blow rambut.

Nah, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Pinkrocket merekomendasikan produk dari SH-RD Indonesia untuk kamu yang memiliki masalah rambut seperti bercabang dan mengembang. 


Dengan tips-tips di atas, saatnya miliki rambut indahmu yang bukan sekadar impian. 

Comments 21

Regina on

boleh di coba nih, sepertinya bagus

hehe on

gw mau beli shrd skrg

nyunyuw on

wahhhhhh

Yuyu on

Good2

Fernanda Lauracia on

wah gila gw uda pake protein cream ini gara keracun Tasya Farasya ..

sinta on

semenjak aku pakai protein cream, rambutku jadi lebih halus dan gak mudah bercabang

mimi on

beneran ampuh? soal e rmbut ku kaya singa :(

levi on

aku pake shrd protein creamnya seminggu 2 minggu rambut jd halus bgt

oky on

ohh pantesan

tipsy monkey on

pengen gnti model rambut jg

alina on

thankyou bangett infonyaa..

nadia on

makasiii bgt infonyaa🥺

lulu on

pas bgt artikelnya

dv on

setiap hari bgt pake hairdryeer

Angelica on

lagi mengalami rambut bercabang grgr di bleaching!!!!!! :")</3

Leave a comment