FREE SHIPPING SE-INDONESIA

Prediksi Ahli Mengenai Kelanjutan Varian COVID-19

Prediksi Ahli Mengenai Kelanjutan Varian COVID-19

Surprise, surprise! Varian delta bukanlah varian COVID-19 yang terakhir. Inilah yang akan terjadi selanjutnya menurut para ahli.


Alpha, beta, gamma, delta merupakan varian COVID-19 yang muncul selama masa pandemi dalam 1 tahun terakhir ini.

Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, varian delta adalah varian COVID yang paling mudah menular dan berbahaya bagi kita semua. Setiap hari, kita dibuat prihatin dengan headline berita mengenai mutasi varian COVID terbaru. Pertanyaan selanjutnya adalah "What’s next?"

 

Bagaimana SARS-CoV-2 berevolusi

Untuk mengerti lebih baik mengenai rupa varian COVID yang selanjutnya, kita perlu lebih dulu mendalami bagaimana virus COVID sejauh ini berevolusi.

Setiap kali virus menginfeksi sel baru, virus akan mulai membuat salinan dirinya -- dan saat proses penyalinan ini, perubahan tak terduga terjadi atau yang kita sebut sebagai mutasi. "Kebanyakan dari mutasi ini tidak berguna dan akan mati dengan sendirinya. Beberapa sisanya bisa ditoleransi dan akan berlanjut," ucap Ben Neuman, kepala ahli virologi di Kompleks Penelitian Kesehatan Global Universitas A&M Texas. 

Yang membuat para ilmuwan terkejut adalah tingkat evolusi dan mutasinya yang begitu cepat. Pada umumnya, virus COVID membutuhkan sekitar 1-2 mutasi per bulan. Namun baru-baru ini proses mutasi terjadi lebih cepat seperti varian alpha. Bukannya 1 atau 2 mutasi, virus ini bermutasi hingga 17 kali. 

 

Akan ada lebih banyak varian mendatang

Memprediksikan rupa varian COVID selanjutnya sebenarnya tidak memungkinkan. Sepanjang perjalanan, diperkirakan terdapat ratusan ribu peristiwa mutasi, namun versi tersebut tidak dapat menyesuaikan dan mati begitu saja. Hanya karena virusnya berevolusi, bukan berarti varian ini akan bersifat berbahaya.

Namun saat virus mendapatkan banyak kesempatan untuk menulari orang baru, tidak dapat dipungkiri jika variasi baru akan hadir. Selama masih ada orang yang dapat terinfeksi SARS-CoV-2, virus COVID ini akan terus berkembang. Menurut penelitian, kebanyakan orang yang terinfeksi adalah orang yang belum melakukan vaksinasi.

 

Seperti apa varian-varian itu?

Meski tak dapat diprediksi secara pasti, para ilmuwan yang mempelajari virus ini hadir dengan beberapa teori. 

Ada kemungkinan jika varian generasi selanjutnya akan mirip seperti varian delta, mungkin lebih menular, mungkin lebih sukses dalam menginfeksi ulang orang yang sebelumnya sudah pernah didiagnosis COVID-19. 

Pada Bulan Juli, para ilmuwan mengidentifikasi bahwa 90% genom SARS-CoV-2 berada dalam kelompok genetik varian delta. Karena itu, prediksi paling memungkinkan mengenai varian selanjutnya adalah rupanya yang mirip dengan varian delta, tetapi dengan beberapa ekstra perubahan.

Menurut Ben, kunci untuk memberhentikan varian terbaru ini adalah melalui vaksinasi.

 

Seiring virus berubah, begitu juga respons kita

Salah satu hal paling penting adalah tingkat kesiapan kita. Kita semua belum mencapai persentase vaksinasi yang seharusnya.            

Kita mengetahui jika varian delta sangatlah menular, jadi kita juga perlu melawan penularan tersebut. Jika varian virus mendatang memengaruhi efektivitas vaksin, maka kita akan mengatasinya dengan booster.


Mengenai pandemi ini, para ahli juga masih dalam proses penelitian mengenai COVID-19. Informasi dalam blog ini mungkin berubah jika ilmuwan menemukan informasi terbaru tentang virus ini. Untuk info paling update, kamu bisa melihatnya di Centers for Disease Control and Prevention.

 

Comments 20

Karina on

Gak pernah kebayang kalau tbtb ada pandemi gini, kangen bangett bisa bebas tanpa masker :’)

dia on

pengen normal lagi:( yukk ikutin prokess guyss

Syalom on

WFH gak WFH sama2 pusing kerjaan banyak

Bbjezzi on

Jgn lupa vaksin. Untung hri ini vaksin

Ridho on

Dr. Tirta mana nih??

kang jamu on

info penting nih

natasia on

pusing y ga kelar2 gatau ah

Fernanda Lauracia on

Buat temen temen yang baca blog ini, virus yang sekarang tuh uda menular di udara. Jadi jalan terbaik buat Covid selesai adalah dengan memutuskan rantai penyebaran nya .. Buat temen-temen, jangan lupa untuk terus menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan menjaga asumsi makanan yah..

Fernanda Lauracia on

Buat temen temen yang baca blog ini, virus yang sekarang tuh uda menular di udara. Jadi jalan terbaik buat Covid selesai adalah dengan memutuskan rantai penyebaran nya .. Buat temen-temen, jangan lupa untuk terus menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan menjaga asumsi makanan yah..

nadira on

thanks for your information!

mega on

kapan sihh pandemi kelar :( :(
btw, makasih info nya!

enoq on

good2. it keeps on mutating. i had enough

Jeanes_ on

team WFO mana suaranya???

Angelica on

banyak amat dah varian nya :( kapan pandemi usaiii

pin on

hah varian baru apa lagi? alpha, gama, beta, delta, dan omega semua rumus fisika aja jadi nama vaksin!!! stay safe ya temen temen blog ini

Leave a comment