FREE SHIPPING SE-INDONESIA

Olahraga Mudah Masa PSBB di Rumah

Olahraga Mudah Masa PSBB di Rumah

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Sudah tau pepatah ini? Dalam masa PSBB ini, apakah kamu masih memiliki tubuh yang sehat atau justru malah semakin mager melakukan aktivitas sehari-hari. 


Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat, salah satunya adalah dengan berolahraga. Di waktu senggang banyak orang menyempatkan diri untuk mendatangi tempat fitness. Namun, dalam masa Pandemi ini, sangat sulit bagi kita untuk bisa berolahraga di tempat fitness. Tidak hanya itu, rasa khawatir dan was-was selalu membayangi kita keteika berada di tempat umum. Ternyata, masih banyak kegiatan olahraga ringan yang dapat kita lakukan di rumah loh!

Berikut gerakan olahraga dirumah yang sangat sederhana, namun sangat efektif bagi Anda yang ingin memiliki tubuh sehat dan bugar. Berikut beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan dirumah :

 

1. Jogging

Kegiatan yang paling mudah dan murah. Kamu ga perlu memiliki alat treadmil agar bisa memiliki tubuh yang sehat. Cukup memanfaatkan halaman rumah atau keliling komplek rumah untuk bisa melakukan jenis olahraga ini. 

Sebelum melakukan jogging, sebaiknya Anda melakukan pemanasan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti cedera pada otot. Untuk waktu jogging juga tidak perlu terlalu lama, asalkan rutin dilakukan Anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat.


2. Push-Up

Olahraga ini merupakan gerakan yang sangat mudah untuk dilakukan, karena kamu bisa melakukannya di kamar, ruang tamu, dimana saja dengan ruangan yang kecil sekalipun. Olahraga ini berguna untuk melatih kekuatan tubuh bagian atas dan kekuatan otot.

Tutorial Gerakan Push-Up :

- Lakukan posisi tidur tengkurap dengan tangan di samping kanan dan kiri badan.

- Dorong badan ke atas dengan kekuatan dengan posisi badan dan kaki tetap lurus atau tegap.

- Turunkan badan tanpa menyentuh lantai dengan tetap menjaga posisi badan dan kaki tetap lurus.

- Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang.


3. Sit-Up

Buat kamu yang merasa buncit selama WFH-an di rumah, gerakan Sit-Up ini cocok sekali untuk melatih otot di bagian perut. Gerakannya sangat mudah dan tidak memerlukan alat apapun.

Gerakan Sit-Up ini dimulai dengan berbaring dengan posisi kaki ditekuk dengan posisi telapak kaki menyentuh lantai. Opsi lain yang bisa kamu kerjakan adalah meluruskan kaki dengan posisi tangan diluruskan ke depan, disilangkan di depan dada atau ditekuk dengan posisi telapak tangan tepat di belakang kepala.

Lalu angkat tubuh bagian atas hingga menyentuh lutut, lalu turunkan tubuh kamu hingga seperti posisi semula. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang dan kamu bisa mendapatkan perut yang rata. Tentu tidak sekejap mendapatkan perut yang rata, perlu kerajinan dan teratur ketika mengerjakannya.


4. Wall-sit

Jika Bridge memerlukan lantai, maka Wall-sit membutuhkan dinding sebagai media. Gerakan ini bisa kamu lakukan berulang-ulang dengan tempo yang sama. Kamu perlu tahu, bahwa gerakan ini berguna sekali untuk melatih kekuatan otot perut dan otot bagian bawah tubuh. Cara nya sangat mudah, ikuti tutorial nya di bawah ini!

- Carilah area dinding yang kosong.

- Berdirilah tegak membelakangi dinding dengan bagian punggung menempel pada dinding.

- Turunkan badan dengan menekuk lutut sehingga tubuh seperti pada posisi duduk di kursi.

- Setelah 3 detik berdirilah kembali.


5. Gerakan Duduk Berdiri

Olahraga ini sangat mudah dilakukan, kamu hanya perlu menyiapkan 1 buah kursi sebagai media. Lakukan gerakan duduk selama 3 detik lalu berdiri. Lakukan gerakan tersebut berulang sesuai dengan irama.

Saat melakukan gerakan ini, pastikan kamu duduk tanpa bersandar, posisi tubuh tegak, dengan posisi perut ditarik ke depan. Gerakan ini sangat berguna untuk melatih pernafasan dan otot-otot kaki kamu.


6. Naik Turun Tangga

Ini tips olahraga buat kamu yang se-mager itu untuk melakukan gerakan olahraga di atas. Kamu hanya perlu naik turun tangga seperti olahraga jogging. Kamu bisa jalan seperti biasa ataupun berlari kecil, tapi perlu hati-hati jangan sampai tergelincir yah.

Lakukan gerakan ini berulang dan se-irama. Walaupun terkesan sangat biasa, namun jika kamu rajin melakukannya, olahraga ini bisa memperkuat otot-otot kaki.


Gimana? Sudah tau kan cara untuk memiliki tubuh yang sehat, tanpa perlu keluar biaya untuk membeli alat, dan bisa dikerjakan di rumah. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga. Pastikan kamu melakukan olahraga ini secara rutin dan perbanyak minum air putih, untuk menunjang tubuh yang sehat.

Comments 3

Nami on

Lemak gue bergelambir banget butuh gnian nih

Karoline on

Nice nanti gua ikutin

Velyn on

Mantap nih lengkap

Leave a comment