Ngapain Sih Pake Sports Bra?’ Ini Alasannya!

Ngapain Sih Pake Sports Bra? Ini Alasannya!

Alasan Pakai Sports Bra 

Mungkin banyak dari kita yang menanyakan hal ini dan belum mengerti betapa pentingnya menggunakan sports bra saat berolahraga. Padahal, untuk kalian yang suka berolahraga, sports bra merupakan salah satu barang wajib yang harus ada di lemari Anda.


 ‘Emang harus banget ya menggunakan sports bra saat berolahraga? Bukannya sama aja pakai atau engga?’ Jawabannya adalah HARUS. 

Bahkan, sebelum memilih sports bra, sangatlah penting untuk mengerti jenis olahraga seperti apa yang ingin dilakukan. Karena beda jenis olahraga membutuhkan sports bra yang berbeda. Jenis-jenis olahraga dapat dibagi menjadi 3 jenis: Low-Intensity, Medium-Intensity, dan High-Intensity. 

1. Low Intensity

Woman in Pink Sports Bra and Black Leggings Doing Yoga on Yoga Mat

Olahraga yang dimaksud dalam kategori Low Intensity adalah berjalan, yoga, dan pilates. Sports bra untuk olahraga Low Intensity biasanya terbuat dari bahan yang lebih elastis dan ringan, tidak ada padding atau memiliki padding yang tipis pada bagian cup, straps pada bagian pundak dan bawah dada cenderung lebih tipis, dan tetap nyaman saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari. 

2. Medium Intensity

Woman in Red Tank Top Doing Exercise

Olahraga yang dimaksud dalam kategori Medium Intensity adalah bersepeda, weight training, dan core exercises. Wanita yang memiliki payudara besar disarankan untuk memilih sports bra Medium Intensity bahkan untuk olahraga Low Intensity karena sports bra Medium Intensity mampu memberi support lebih baik, memiliki padding lebih tebal, dan straps pada bagian pundak lebih tebal. 

3. High Intensity

A 15-minute full body HIIT workout — no equipment required

Olahraga yang dimaksud dalam kategori High Intensity adalah berlari, aerobics dan boxing. Sports bra untuk olahraga High Intensity mampu memberikan support paling maksimal pada dada, cocok digunakan untuk yang memiliki dada besar. Sports bra untuk olahraga High Intensity memiliki padding yang cukup tebal pada bagian cup, straps pada bagian pundak lebih tebal, dan cenderung lebih compress agar mampu memberi support pada dada saat melakukan gerakan olahraga yang lebih intens.

BACA JUGA : RAHASIA RAMBUT SEHAT DAN KUAT


 Pentingnya Sports Bra

Untuk kalian yang masih belum tahu betapa pentingnya menggunakan sports bra saat berolahraga, ini adalah beberapa alasannya: 

  • Support yang baik

Fit smiling women in sportswear looking at each other and giving high five while doing push up exercise on gray glossy floor against blurred interior of spacious workout room with brick walls and big windows

    Apapun jenis olahraganya, dada akan berguncang ke segala arah seperti angka 8 (atas, bawah, dan samping) dan hal ini akan terjadi kepada orang yang memiliki dada berukuran besar atau kecil sekalipun. Banyak yang menganggap hal ini adalah hal sepele, padahal dada yang berguncang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Payudara kita terbuat jaringan lemak yang dikelilingi dengan kulit dan ligamen Cooper’s yang sangat halus dan mudah putus. Saat ligamen Cooper’s putus atau melar, maka payudara akan menjadi kendur. Ligamen Cooper’s yang sudah terlanjur putus tidak akan bisa diperbaiki dan dada yang sudah kendur tidak akan pernah bisa kembali ke bentuk semula. 

    Saat memilih sports bra, sangatlah penting untuk mempertimbangkan jenis olahraga apa yang akan dilakukan. Baik olahraga jenis Low Intensity, Medium Intensity, atau High Intensity. Beda jenis olahraga membutuhkan jenis sports bra yang berbeda juga. Semakin tinggi intensitas olahraga yang dilakukan, semakin banyak support yang dibutuhkan. 

    • Beraktifitas Lebih Nyaman 

    9 best zip-front sports bras for bigger boobs | Well+Good

      Siapa sih yang ga sebel kalo kawat bra menekan tubuh, strap bra suka jatuh-jatuh, bagian hook jadi longgar, atau padding bergeser saat berolahraga? Hal ini tidak akan terjadi jika kalian berolahraga dengan menggunakan sports bra. Tau ga sih, kalo menggunakan sports bra juga bisa bantu mengatur temperatur pada tubuh loh! Karena bahan yang digunakan pasti tidak akan bikin pengap. Olahraga pasti tidak nyaman saat badan jadi terasa lengket dan lembab karena keringat. 

      • Menghilangkan Rasa Sakit 

      Back view of blond faceless lady in casual t shirt and manicure demonstrating pain spot on back while sitting near white wall

        Jika berolahraga hanya dengan menggunakan bra harian dan kaos biasa, kalian beresiko mengalami sakit pada bagian punggung dan dada. Sports bra secara spesifik didesain untuk memberi support pada dada secara menyeluruh, memastikan dada akan selalu aman dan kulit kalian tidak lembab. Apapun jenis olahraganya, mulai dari jalan pagi atau lompat tali, memilih sports bra dengan kualitas yang baik adalah sebuah investasi untuk kesehatan kalian dalam jangka panjang sekaligus mampu menunjang performa olahraga kalian. 


         Meet the ‘PERFECT SPORTS BRA’ 

        Buat kalian yang susah mencari sports bra yang ‘PERFECT’, Aku suggest cobain sports bra dari MOLLIFIX. Sports bra dari MOLLIFIX mampu memberi support pada dada lebih maksimal, nyaman dipakai apapun olahraganya, dan sangat stylish. Apa bedanya dengan sports bra lain? Ini jawabannya. 

        • 3D PADDING 

        Sports bra dari MOLLIFIX sudah dilengkapi dengan fixed 3D padding yang mampu memberi support paling maksimal sehingga dada tidak guncang  apapun olahraganya. Selain support, fixed 3D padding dari MOLLIFIX juga mampu membentuk dada agar tetap kencang, bulat dan padat. 

        • FIX PADDING

        Pads yang menempel pada bra, sudah diletakan secara strategis agar mampu menjaga dada tetap pada posisi dan tidak bergeser saat berolahraga atau beraktivitas.

        • SISI SAMPING 45 DERAJAT 

        Derajat pada sisi samping didesain lebih besar agar mampu mengangkat dada bagian samping agar lebih kencang, bulat dan padat. Kalau merk lain hanya 30 derajat, kalau MOLLIFIX sampai 45 derajat.

        • TEKNOLOGI MOISTURE WICKING 

        Dengan adanya teknologi moisture wicking, sports bra dari MOLLIFIX dapat menyerap keringat lebih dan membuat sports bra kering dalam 1 menit. Teknologi ini mampu menjaga tubuh agar tidak lembab dan lengket dikarenakan keringat saat berolahraga.

        • BAHAN LEMBUT 

        Bahan yang digunakan sudah melalui seleksi sehingga terbukti anti-abrasi, tahan gesekan, dan anti lecet. 


        Nah kalo sudah bisa mendapatkan sports bra yang tepat dan sesuai dengan jenis olahraganya, gimana sih caranya tahu kalo sports bra ini sudah pas ukurannya apa belum? Nah ini cara mengukur sports bra agar fit perfectly saat digunakan untuk berolahraga. 

        • Steps 1: Ukur bagian bawah dada atau rusuk dengan menggunakan meteran dan sisakan ruang sekitar 2 jari saat mengukur. Hasil pengukuran bagian bawah dada dapat digunakan sebagai penentu ukuran underband pada sports bra (Ex: 30, 32, 34, etx)
        • Steps 2: Ukur bagian dada yang paling full, dan sisakan ruang saat mengukur agar tidak terlalu ketat hingga susah untuk bernafas. 
        • Steps 3: Kurangi hasil pengukuran rusuk dengan hasil pengukuran dada. Selisih antara kedua pengukuran ini dapat digunakan sebagai penentu ukuran cup pada sports bra (Ex: A,B,C,etc) 

        Saat mencoba sports bra, ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sports bra yang pas memiliki cup yang tidak akan berkerut atau kopong saat digunakan. Sports bra akan terasa sangat nyaman dan dapat memberi coverage secara penuh pada tubuh. Sports bra tidak akan terasa terlalu ketat hingga mengalami kesusahan bernafas. Hal terakhir yang perlu diperhatikan saat menentukan apakah sports bra yang kamu coba fit perfectly di tubuh adalah payudara tidak akan keluar- keluar baik dari depan atau sisi samping saat menggunakan sports bra. 

        Mulai sekarang, jangan lupa untuk menggunakan sports bra yang sesuai dengan ukuran yang tepat saat berolahraga. Ternyata sports bra bukan sekedar pemborosan saja, melainkan menggunakan sports bra dengan kualitas yang baik adalah sebuah investasi jangka panjang untuk kesehatan tubuh kalian loh! Kalo masih bingung sports bra yang berkualitas itu seperti apa? MOLLIFIX jawabannya. 

         

        Comments 5

        Dori on

        tidak mencoba ya tidak tahu rasanya

        pin on

        baru tau sport bra ada untuk mediuum, high, small intensity, kiraain sama semua

        Halenia on

        ohh iya baru tauuu..

        Angelica on

        untuk support dada yg maksimal emg harus pake sport bra yaa!!

        Ona on

        Demi apa aku suka banget sama sports bra ini dan uda pake dari lamaa ahahaha ga nyangka ketemu artikel ini😂

        Leave a comment