Membangun Kebiasaan Untuk Memiliki Rambut yang Sehat

Membangun Kebiasaan Untuk Memiliki Rambut yang Sehat

Mempertahankan rutinitas perawatan rambut yang baik sama pentingnya dengan mengikuti rejimen perawatan kulit - tujuannya untuk menjaga rambutmu tetap lembut, sehat, bebas dari infeksi, berminyak, dan masalah rambut lainnya.


Memastikan rambut sesehat mungkin lebih dari sekadar masalah sampo apa yang kita gunakan. Banyak faktor berbeda yang dapat memengaruhi seberapa halus, berkilau, dan kuat rambut kita. Tentu, beberapa faktor di antaranya adalah faktor genetik, namun lebih banyak yang berkaitan dengan seberapa baik kamu merawat rambutmu itu. Dari mengganti sampo sesekali hingga menjadwalkan pemotongan rambut secara teratur, berikut adalah tips membangun kebiasaan untuk memiliki rambut yang sehat.

 

1. Potong rambutmu

7 Simple Ways To Cut Your Hair At Home

Tidak, memotong rambut tidak membuatnya tumbuh lebih cepat! Terkejut? Justru cara ini akan membuat rambutmu tampak lebih sehat, lebih lembut dan bebas dari ujung yang bercabang menurut para ahli. Pemangkasan sekali setiap 2-3 bulan merupakan langkah yang dianjurkan.

 

2. Jangan abaikan kulit kepalamu

Jika kamu terus-menerus menggaruk kepala karena kekeringan dan gatal, dan bahkan sampo dari toko obat tidak membantu, konsultasikan dengan dokter. Hal ini sebaiknya tidak diabaikan karena rasa gatal yang kronis akan membuat kulit kepalamu trauma.

Selain itu, kamu juga dapat mengoles sedikit minyak ke akar rambut 30 menit sebelum keramas. Tujuannya adalah untuk menutrisi dan menghidrasi rambut.

 

3. Pertahankan pola makan yang sehat

Kebiasaan yang satu ini mungkin terlihat seperti tidak ada hubungannya dengan rambut. Namun, tahukah kamu? Protein adalah bahan pembangun rambut, karena rambut merupakan protein yang berkeratin. Rambut dianggap sebagai jaringan non-esensial, sehingga tubuh tidak mengirimkan protein ke folikel rambut terlebih dahulu, tetapi jika kamu makan yang cukup, tubuh akan dapat mendistribusikan protein ini. Nutrisi penting lainnya untuk rambut adalah zat besi, yaitu mineral yang dibutuhkan rambut. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan zat besi dikaitkan dengan kerontokan rambut pada wanita.

BACA JUGA: RAMBUT BERCABANG? APA PENYEBABNYA?

 

4. Gunakan kondisioner setiap minggu

Kebiasaan rambut sehat yang satu ini telah disetujui oleh dokter kulit dan penata rambut: Masukkan kondisioner dalam ke dalam rutinitas perawatan rambut mingguanmu untuk mendapatkan hidrasi ekstra.

Butuh rekomendasi produk? Berikut adalah Nutra-Therapy Keratin Conditioner Instant Moisture dari SH-RD. Kondisioner ini mengandung rosemary yang sangat bagus untuk semua janis rambut. Manfaatnya meliputi:

  • Memberikan nutrisi pada poros rambut yang rusak, kering, bercabang dan mutah patah
  • Meningkatkan aktivasi sel untuk mengembalikan rambut rusak jadi lebih sehat
  • Melembapkan dan membuat batang rambut halus secara instan

 

5. Jangan sisir rambut secara berlebihan

Menyisir rambut adalah kebiasaan yang sehat, tetapi menyikat lebih dari sekali sehari adalah hal yang berbeda. Faktanya, menyikat berlebihan dapat “meregangkan rambut dan mematahkan ujung rambut yang lemah,” kata Holly Ivey, seorang hair stylist di Alibi Soho Salon. Sikat sekali sehari, dan pilih sikat plastik.

 

6. Hindari alat panas

Amazon.com: 3 Barrel Curling Iron Curling Iron Fast Heating Ceramic Hair  Waver Curler 25mm Hair Curling Wand (style2) : Beauty & Personal Care

Kebiasaan ini sudah beberapa kali Pinkrocket sebutkan di blog sebelumnya. Ya, hindari alat panas seperti catokan dan hair dryer. Jika kamu bersikeras untuk menggunakan alat-alat ini, jangan berkonsentrasi pada satu bagian rambut untuk waktu yang lama. Selain itu, setidaknya lindungi rambutmu dengan produk perawatan yang berfungsi sebagai heat protector.

Tenang saja, produk andalan kita semua, yaitu Protein Cream dari SH-RD bisa melakukan perlindungan ini. Dengan formula Silk Protein Complex, cream ini dapat mengunci kelembapan, menghaluskan dan menyegel kultikula sambil mengunci hidrasi dan menguatkan rambut, perlindungan rambut dari UV dan alat panas, serta meningkatkan kilau dan kelembutan. Keren banget, ya?


Sudah mengikuti kebiasaan di atas? Tentu kamu tidak akan melihat hasil yang dramatis dalam semalam. Butuh waktu bagi rambut untuk terbiasa dengan produk baru dan setidaknya satu bulan untuk rambut yang kering atau rusak mungkin menuai manfaatnya. Selain itu, membiarkan rambut bernapas dapat membuahkan sebuah keajaiban. Caranya adalah dengan membiarkannya mengering di udara dan menghindari pelurus dan pengeriting rambut. Kamu dapat membaca tentang trik mengeringkan rambut tanpa hair dryer di sini. Just thank us later!

Comments 14

vania on

aku juga mau punya rambut sehat dan kuat

rere on

kalau udh sehat gmn biar lebih sehat ya

Lala on

Untung gapernah nyisir

jennie on

makanan ngaruhh bgt

lauren on

bener si rambut hrs sering dipootng

Chyntia on

Sip banget infonya

DW on

belum cobain nanti mau coba beli

hana on

emang bener sih

Angeel on

shrd to the rescue!

pin on

kalau rambut bercabang gimana

Niki on

wake up call biar rambut tetep sehat nih, jadi rusak karna nyatok tiap hari

Hana on

Pengen botak rasanya:(

nyunyuw on

rambut sehat bagai kuda

hoho on

terkeren emg shrd

Leave a comment