FREE SHIPPING SE-INDONESIA

Matcha Bukan Hanya Sekedar Tren

Matcha Bukan Hanya Sekedar Tren

Tea or coffee? Just matcha please!


Saat memesan minuman di cafe, tak jarang kita melihat kata "matcha" di dalam buku menunya. Dengan manfaat kesehatannya dan citra rasanya yang luar biasa, tingkat popularitas matcha pun ikut bertumbuh selama beberapa tahun terakhir. Selama berabad-abad, Jepang sudah menggunakan matcha dalam upacara tehnya karena dapat meningkatkan tingkat fokus sekaligus menenangkan tubuh dan pikiran.

 

Apa itu Matcha?

√ Heizl Matcha Japanese Green Tea Powder [100g] Terbaru Juli 2021 harga  murah - kualitas terjamin | Blibli

Berbeda dengan green tea atau teh hijau yang biasanya dijual dalam bentuk potongan daun, matcha merupakan teh berbentuk bubuk halus. Shizu Okusa, pendiri Apothékary, sebuah brand yang menjual obat dari bahan dasar tumbuhan menuturkan jika matcha ini sebenarnya terbuat dari daun teh hijau yang tumbuhnya di tempat teduh untuk menghindari sinar matahari langsung. Ia juga menambahkan jika hal ini bertujuan untuk menambah kandungan nutrisi seperti asam amino, antioksidan, dan klorofil. Dalam kata lain, ini adalah versi teh hijau dengan konsentrasi lebih tinggi daripada yang biasa kita temukan di dalam kantong teh. Dari segi penampilan, ia berona hijau cerah dan rasa yang lebih khas/totok. 

 

Manfaat Matcha

Matcha sendiri diketahui dapat meningkatkan metabolisme, menajamkan fungsi kognitif, dan juga performa konsentrasi kamu. Betul, matcha memang terkenal sebagai alternatif kopi karena kandungan kafein di dalamnya, namun efek yang diberikan berbeda. Matcha memberikan efek tenang dan energi yang lebih tahan lama, sedangkan kopi membuat kamu merasa gelisah dan bahkan rasa ketergantungan. Tentu saja efek kopi ini berbeda di setiap orang. Kalau kamu salah satu yang mulai ketergantungan terhadap kafein, matcha bisa menjadi alternatif yang baik.

Selain kafein, matcha merupakan makanan yang ampuh untuk kesehatan. Kandungan antioksidannya yang tinggi (137 kali lipat dari teh hijau jenis biasa) ini bisa meningkatkan kesehatan otak dan jantung. Shizuka juga mengatakan jika secara tradisional, matcha bermanfaat pada energi dalam karena mendangung kedua aspek Yin dan Yang sambil membangun ketenangan.

 


Do-It-Yourself Matcha di Rumah

Matcha adalah bahan sederhana yang bisa kita miliki dan buat di rumah. Cara menyeduhnya pun semudah membuat kopi saja. Metode tradisionalnya adalah dengan menaruh matcha dan air panas di mangkok teh dan diaduk dengan whisk (pengaduk) yang terbuat dari bambu, atau sering disebut juga dengan temae.

Di luar benefit kesehatan dan rasanya yang nikmat, perlu diketahui jika matcha memiliki ikatan upacara penting. Upacara teh adalah ritual Jepang yang berdasar pada prinsip-prinsip seperti keramahan, kesederhanaan, dan minimalis. Untuk menghormati tradisi dan menuai manfaatnya, kita disarankan untuk melihat proses pembuatan matcha ini. Tujuannya adalah untuk mengambil jeda dari kehidupan yang sibuk. 


Tips: Coba deh sisipkan beberapa menit untuk bermeditasi sambil meminum secangkir matcha dengan temanmu. Enjoy it and thank me later!

BACA JUGA: TIPS BUMIL BERPUASA AGAR LANCAR & TIDAK...

Comments 5

Aurel on

Matcha my favorito! ❤❤

vidia on

takut stain gigi jadi ijoo hahaha

inky on

tim kopi>matcha checkkk

baduga on

aku tim matcha sebagai masker

sabila rusman on

sy baru coba konsumsi matcha supaya lancar pencernaan

Leave a comment