Maskne Selama Pandemi? Berikut Penyebab dan Tips Cara Mengatasi Maskne

Maskne Selama Pandemi? Berikut Penyebab dan Tips Cara Mengatasi Maskne

Kulit wajah merupakan daerah yang paling rentan dan sensitif dibandingkan dengan daerah kulit lainnya. Karena, hampir seluruh daerah wajah dipenuhi oleh syaraf dan tipisnya jaringan kulit wajah yang memudahkan terjadinya iritasi ataupun ruam. Maka dari itu kulit wajah memerlukan perawatan khusus dan rutin.


Pernahkah rocketers mendengar istilah Maskne? Yup! Maskne merupakan singkatan dari Masker Acne, dimana jenis jerawat ini disebabkan oleh penggunaan masker secara berkala.

jerawat

Penggunaan masker sendiri sudah menjadi hal yang wajib untuk dikenakan selama masa pandemi ini. Dengan adanya peraturan pemerintah terbaru yang baru saja diuji coba, diperuntukan kepada para pekerja untuk memulai 100% work from office (WFO). Adanya peraturan baru tersebut, dan kelonggaran dalam peraturan yang ditetapkan pemerintah. Namun, kewajiban memakai masker tetap harus ditaati dalam kondisi New Normal yang akan dihadapi.

Kendala timbulnya jerawat karena penggunaan masker menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para wanita. Kira-kira apa saja penyebab terjadinya Maskne pada wajah ini sih?

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi atau memicu timbulnya jerawat karena penggunaan masker ini, dilansir dari Healthline dikarenakan adanya sirkulasi udara kulit yang tidak lancar. Terlebih bagi pemilik kulit yang rentan berjerawat dan menggunakan masker, minyak, sel kulit mati, bakteri dan kuman bisa berkembang biak dan bisa menumpuk secara berlebih di kulit wajah. Hal tersebut dapat menyumbat pori-pori dan membuat kondisi masker yang digunakan semakin lembap, sehingga kulit lebih mudah berjerawat.

masker

BACA JUGA : TIPS DAN LANGKAH-LANGKAH MERAWAT KULIT WAJAH SELAMA #DIRUMAHAJA

Selain itu, penggunaan masker yang rawan menggesek kulit wajah, memiliki bahan yang menyebabkan iritasi, ruam, kulit kemerahan juga loh! Serta penggunaan masker bedah yang digunakan secara berulang dapat memicu adanya peradangan pada kulit wajah, kotoran dan bakteri yang menempel pada masker yang digunakan menjadi salah satu faktor terjadinya Maskne.

Tetapi rocketers tidak perlu khawatir akan efek samping yang ditimbulkan dengan penggunaan masker ini. Berikut, tips dari pinkrocket untuk para rocketers dalam mengatasi Maskne.

 

1. Penggunaan Masker Dengan Bijak.

masker

Jika para rockets menggunakan masker kain, pastikan setelah penggunaan masker kain tersebut rocketers mencuci masker kain dengan bersih menggunakan air panas untuk mencucinya agar kuman serta bakteri dapat mati. 

Berbeda dengan masker kain, jika para rocketers menggunakan masker bedah pinkrocket sarankan para rocketers mempersiapkan setidaknya 2-3 masker bedah baru di dalam tas. Untuk mengantisipasi jika masker bedah yang digunakan sudah dirasa kotor atau lembap.

 

2. Membersihkan Dan Melembapkan Wajah Setiap Hari.

cleaning

Pentingnya membersihkan wajah setelah berkegiatan sehari-hari menjadi hal yang mendasar bagi para rocketers untuk menjaga kebersihan kulit wajah. Rocketers dapat membersihkan makeup terlebih dahulu dengan menggunakan micellar water atau dengan make up remover, baru setelah itu rocketers dapat mencuci muka dengan sabun muka yang sesuai dengan tipe kulit wajah rocketers.

sabun muka

Salah satu sabun muka yang pinkrocket pakai adalah ​​EILEEN GRACE - Salicylic Acid Anti-Acne Foaming Cleanser sabun muka dari EILEEN GRACE ini bertekstur foam. Dimana, tekstur foam terasa ringan pada kulit wajah dan dapat membersihkan hingga bagian dalam pori dan sabun muka ini bisa angkat sisa make up sekaligus. Jadi, bisa dipastikan kulit wajah rocketers bersih tanpa adanya sisa make up atau kotoran yang tertinggal. Dengan adanya kandungan BHA, tea tree oil, serta oat kernel extract (avena sativa) dapat melengkapi kebutuhan kulit wajah para rocketers dalam satu kali pemakaian.

Kandungan BHA yang bermanfaat untuk:

  • Pengangkatan minyak berlebih

Kandungan BHA yang tidak larut pada air, menjadikan BHA menjadi salah satu kandungan yang dianjurkan untuk muka berjerawat dimana salah satu penyebabnya adalah kandungan minyak berlebih yang terdapat pada wajah. Dan BHA sendiri tidak mudah larut dalam air melainkan larut dalam lemak/minyak.

  • Peredaan inflamasi
BHA yang terkandung dapat meredakan peradangan kulit yang teriritasi akibat Maskne ataupun jerawat pada umumnya.
  • Mengangkat sel kulit mati

Kandungan BHA sendiri dapat menyerap ke dalam pori-pori kulit lebih dalam dan memampukan BHA untuk mengangkat sel kulit mati yang terjebak di jaringan dalam kulit wajah. (source: hellosehat.com, )

 

Kandungan tea tree oil bermanfaat untuk:

  • Mengempiskan jerawat tanpa efek samping.

Di dalam tea tree oil, terdapat kandungan yang sama efektifnya dengan zat benzoil peroksida yang terkandung di dalam obat jerawat. Bedanya, tea tree oil tidak menghasilkan efek samping seperti kulit yang memerah, kering, atau mengelupas.

  • Membuka kelenjar minyak yang tersumbat.

Salah satu penyebab jerawat adalah kelenjar minyak yang tersumbat. Pemakaian tea tree oil dapat membuka kelenjar yang tersumbat itu sehingga tidak menjadi cikal bakal jerawat.

  • Membersihkan minyak berlebih di wajah berjerawat.

Saat digunakan pada kulit wajah, terutama pada kulit wajah yang berjerawat, tea tree oil akan ‘menyapu’ bersih minyak berlebih yang ada.

  • Menenangkan pori-pori penyebab jerawat.

Tea tree oil mengandung antibakteri atau desinfektan yang dapat membersihkan dan menenangkan pori-pori yang menyebabkan jerawat.

  • Mengeringkan komedo & noda hitam akibat jerawat.

Manfaat tea tree oil ini berguna untuk komedo atau jerawat-jerawat yang ada di area hidung. Bila dipakai secara teratur, sekaligus dapat menghilangkan noda-noda bekas jerawat. 

(source: thebodyshop.co.id)

 

Kandungan oat kernel extract bermanfaat untuk :

  • Melembabkan kulit kering

Oat kernel extract atau yang sering kita kenal sebagai avena sativa ini sering dipergunakan dalam skincare, karena berfungsi untuk melembapkan dan meredakan kulit kering yang disebabkan oleh pemakaian sabun muka yang sering kali menyebabkan kulit wajah kering sehabis menggunakan sabun muka.

  • Mengandung antioksidan untuk kulit 

Oat kernel extract juga mengandung antioksidan, dimana kandungan antioksidan ini bermanfaat untuk mengurangi bintik hitam, mengurangi jerawat, meningkatkan produksi kolagen, dan untuk mencerahkan kulit wajah. (source: halodoc.com)

 

3. Mengistirahatkan Kulit Dari Penggunaan Make Up Yang Berlebihan.

make up

Penggunaan make up sendiri dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat ataupun memperparah kondisi jerawat itu sendiri. Maka, disarankan para rocketers mengistirahatkan wajah dari pemakaian make up

 

4. Menggunakan Sunscreen.

sunscreen

Penggunaan sunscreen sangat dianjurkan bagi para rocketers yang sering kali beraktifitas di luar rumah. Sinar UV yang terpapar dari sinar matahari ini dapat menyebabkan kanker kulit, jika kulit kita terpapar secara langsung dan dalam jangka waktu yang lama serta sering. Sunscreen yang digunakan pada kulit wajah berguna untuk mencegah hiperpigmentasi akibat sinar matahari. Rocketers dapat memilih produk sunscreen dengan minimal kadar SPF 30 atau lebih. 


Tip: Rocketers dapat memakai sunscreen dari EILEEN GRACE-SUNSCREEN SPRAYSunscreen dari EILEEN GRACE inI terdapat SPF 50 dan bisa digunakan untuk wajah dan badan. Dan tidak perlu khawatir tidak meratanya sunscreen yang diaplikasikan. Karena dengan secara otomatis EILEEN GRACE-SUNSCREEN SPRAY akan menyesuaikan ke warna kulit rocketers. Jika penggunaan terhadap wajah, disemprotkan kepada tangan terlebih dahulu lalu diusapkan ke wajah.

BACA JUGA : PERAWATAN KULIT YANG TIDAK BOLEH TERLUPAKAN

 

5. Melakukan Skincare Rutin.

skincare

Melakukan rutinitas skincare bagi kulit wajah sangat penting, pinkrocket anjurkan agar para rocketers melakukan skincare setidaknya 2 kali dalam satu minggu. Dimana skincare yang digunakan berfungsi untuk memberi nutrisi, menjaga serta merawat kulit wajah rocketers setelah 5 hari penuh terpapar oleh polusi udara, bakteri serta kuman yang kerap kali mengendap pada jaringan kulit kita. 

(source : health.kompas.com)

Beli Masker Wajah Moisturize Rose Jelly dan Masker Wajah Deep Cleansing Jelly  dari EILEEN GRACE Indonesia di:

Shopee: https://shopee.co.id/eileengrace.id

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/eileengrace.id

Website: https://www.pinkrocket.co.id

[Selengkapnya melalui: Eileen Grace Indonesia]


Rocketers dapat memulai merawat kulit wajah dengan baik demi terhindarnya Maskne. Selain itu, tidur yang cukup, asupan sehat dan pengendalian stress yang baik dapat mendukung perawatan kulit wajah yang rocketers lakukan. Keep healthy and glowing, rocketers!

Comments 11

Frisca on

byebye maskne!

berta on

❤️❤️❤️

latte on

its a good tips, thanks!

Angeel on

aku pernah maskne!! trsu aku pake rutin Rose Jelly Mask selama 7 hari berturut-turut. dan maskne ku hilangggg. ntapp!

Jessica on

maskne emang bkin greget bgt sihh😭😭

Fernanda Lauracia on

emang sunscreen seperlu itu yah? masih ga ngerasa penting deh pake sunscreen

zian on

sunscreen sih wajib bgt!

hehe on

pengen coba deh

Sheila on

Bisa untuk kulit kombinasi gak yaa

sherina on

kira2 cocok buat kulit sensitif ga ya sabun mukanya?

sherina on

kira2 cocok buat kulit sensitif ga ya sabun mukanya?

Leave a comment