FREE SHIPPING SE-INDONESIA

Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Anak

Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Anak

Anda baru saja menjadi seorang Ibu dan sangat awam dengan topik seputar menyusui? Tenang aja! Di sini kita akan belajar bersama-sama.

Ibu tahu gak? Menyusui tidak hanya bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi, namun juga untuk kesehatan Ibu, lho. Manfaat menyusui ini pun beragam dari mencegah infeksi penyakit hingga mengurangi depresi.

 

Sekilas tentang Menyusui

Menyusui terjadi saat Ibu memberikan ASI (Air Susu Ibu) kepada bayi, biasanya langsung dari payudara. Membuat keputusan untuk menyusui merupakan sebuah isu pribadi. Namun para ahli sangat menyarankan Ibu untuk memberikan ASI pada anaknya selama 6 bulan. 

Soal berapa sering Ibu menyusui anaknya tergantung apakah bayi lebih suka makanan kecil dan sering, atau menyusui dalam periode waktu yang lebih lama. Hal ini tentunya akan berubah seiring pertumbuhan bayi itu sendiri. Bayi yang baru lahir biasanya ingin menyusui setiap 2-3 jam. Saat menginjak 2 bulan, biasanya menyusui akan berubah menjadi setiap 3-4 jam, dan saat sudah 6 bulan, kebanyakan bayi menyusu setiap 4-5 jam. 

 

Manfaat Menyusui bagi Bayi

1. Membentuk antibodi yang dapat mencegah infeksi pada bayi

Terdapat zat antibodi di dalam ASI yang berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi dari berbagai jenis virus dan bakteri. Selain itu, menyusui dapat mengurangi resiko bayi untuk terkena diare, asma, alergi, hingga obesitas dan diabetes. Wah, keren banget ASI ini ya!

2. Mencukupi kebutuhan nutrisi bayi

ASI memberikan nutrisi yang ideal bagi bayi. Alasan ini didasari karena adanya kandungan vitamin, protein, dan lemak dalam ASI yang memegang peranan penting dalam kebutuhan pertumbuhan bayi. 

3. Meningkatkan kecerdasan otak

Selama ini, sudah ada beberapa studi yang menunjukkan hubungan antara pemberian ASI dan perkembangan kognitif/ IQ tinggi pada anak. Hasil studi menunjukan jika bayi yang diberi ASI terlihat memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi daripada anak yang tidak disusui.

4. Mencegah bayi meninggal mendadak

Pernahkah Ibu mendengar istilah SIDS atau Sudden Infant Death Syndrome? Ada banyak penelitian yang menunjukkan bila bayi yang diberi ASI berisiko lebih rendah meninggal karena SIDS dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI. Manfaat ini bahkan sudah bisa diperoleh oleh bayi meskipun ia baru disusui selama 2 bulan.

 

Manfaat Menyusui bagi Ibu

1. Menciptakan ikatan emosional antara ibu dan bayi

Kontak fisik yang dilibatkan selama proses menyusui antara Ibu dan bayi ternyata dapat menciptakan ikatan emosional yang kuat antara Ibu dan bayi. Tentu hal ini sangatlah penting bagi Ibu dan anak ke depannya. 

2. Menurunkan berat badan

Faktanya, menyusui dapat membantu Ibu membakar ekstra kalori, lho. Dengan begitu, Ibu dapat lebih mudah menurunkan berat badan pasca melahirkan.

Untuk Ibu yang ingin mengoreksi postur pasca melahirkan, Ibu juga bisa menggunakan Korset Persalinan Nano Bamboo dari Mamaway Indonesia sehingga postur tubuh bisa kembali layaknya pasca persalinan.

3. Menurunkan risiko berbagai penyakit

Banyak riset yang mengungkapkan bila Ibu yang menyusui berisiko lebih rendah untuk terkena berbagai penyakit seperti kanker payudara, kanker rahim, diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, osteoporosis, hingga penyakit jantung.

4. Mengurangi stres

Menyusui dapat membuat Ibu merasa lebih rileks dan tenang karena adanya pelepasan hormon oksitosin dalam tubuh. Dengan demikian, stres yang kerap dialami setelah persalinan akan jauh berkurang dan Ibu pun lebih menikmati masa menyusui si buah hati.

 

Memilih Bra Menyusui yang Tepat

Ketika sedang hamil, biasanya kondisi tubuh Ibu akan mengalami beberapa perubahan dimulai dari membesarnya perut, hingga payudara yang menjadi lebih sensitif. Memilih bra yang salah bisa mengakibatkan napas menjadi sesak dan menimbulkan ruam, bahkan iritasi di tubuh Ibu, lho. 

Pinkrocket ingin merekomendasikan Nursing Bra dari Mamaway Indonesia yang cocok banget untuk Ibu menyusui. Selain bahannya yang anti gerah dan anti bocor, bra ini juga anti bakteri, loh. Cek selengkapnya di Instagram @mamawayid atau website Mamaway Indonesia.


BACA JUGA: BAHAYA PINGGUL BAYI RAWAN CIDERA JIKA SALAH MERAWAT

Comments 21

Shita on

waw makasih ya

Frisca on

minum asi eksklusif atau minum susu formula juga tetep sama2 title “ibu” <3

oky on

ohh baru tau saya

Erma Pasaribu on

ASI itu sangat penting untuk perkembangan bayi loh. Aku mau share dikit pengalaman temen aku sendiri, sewaktu kecil kurang minum ASI. secara personally, dia sendiri merasa kalau daya tangkap dia kurang banget. selama di sekolah, kalau kita butuh 2-3x mengulang pelajaran, temen aku ini bisa 10-15x untuk ngulang pelajaran. Jadi, buat temen temen yang sedang menyusui, jangan kurang beri asupan ASI untuk baby nya yah .

jeslyn on

❤️❤️❤️

salsa on

thx info nya, kebetulan bentar lagi lahiran. mohon doanya

Tere on

ih ternyata bermafaat juga buat momsnya, kiraiin beneficial buat bayinya doang

pin on

belum punya anak tapi baca2 dulu aja persiapan haha

pin on

belum punya anak tapi baca2 dulu aja persiapan haha

DW on

Bisa buat ngejaga dada tetap kencang jg

anya on

waa makasii infonya buat kaka aku niih

Meiske on

Back to mindset sihh, as long as the mom happy pasti asinya pun lancarr

Jeslyn on

Makasih infonya ya

vini vidi vici on

aku malas nyusuin nanti dadanya kendur..

Kath on

makasi infonya

Leave a comment