FREE SHIPPING SE-INDONESIA

Kulit Kepala Sensitif Bikin Rambut Rontok dan Ketombean?

Kulit Kepala Sensitif Bikin Rambut Rontok dan Ketombean?

Kulit kepala yang sensitif itu bagaimana sih, Miss? Penyebab masalah kulit kepala sensitif tersebut bisa datang dari berbagai faktor, baik itu faktor internal maupun eksternal. Faktor internal yang meliputi stres, kelelahan, hormonal, dan diet yang tidak seimbang dapat memproduksi sebum yang berlebihan dan membuat pH kulit kepala jadi tidak seimbang. Sementara itu, faktor eksternal seperti bakteri, matahari, klorin, polusi, dan kandungan cat rambut dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit kepala.


Kulit Kepala Sensitif dan Rambut Rontok

Kulit kepala yang sensitif akan terasa lebih kering dan hal ini bisa menimbulkan infeksi. Menurut American Academy of Dermatology, infeksi kulit kepala dapat menyebabkan area bersisik dan terkadang meradang pada kulit kepala. Hal ini akan memunculkan titik-titik hitam kecil di kulit kepala yang sebenarnya adalah potongan rambut. Maka, inilah yang menyebabkan kerontokan rambut. Masalah kulit kepala sensitif yang juga mungkin dapat terjadi adalah ketombe. Sebenarnya, ketombe memang tidak berdampak langsung pada kerontokan rambut. Namun, ketika muncul ketombe, kulit kepala menjadi sangat gatal sehingga kamu jadi ga tahan untuk menggaruknya, maka hal ini yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.


Ciri-Ciri Kulit Kepala Sensitif

Memiliki kulit kepala sensitif tentunya cukup berisiko karena mudah teriritasi. Berikut inilah ciri-ciri yang perlu Anda ketahui.

1.    Gatal Pada Kulit Kepala

Rasa gatal yang berlebihan merupakan salah satu ciri-ciri paling umum dari kulit kepala sensitif. Usahakan untuk tidak menggaruknya karena dapat membuat kulit kepala menjadi semakin rusak.

2.    Ketombe Yang Tidak Hilang

Ciri-ciri kulit kepala sensitif selanjutnya adalah jika Anda memiliki ketombe yang tidak kunjung hilang hingga mengganggu penampilan, walaupun telah menggunakan pembersih rambut anti ketombe.

3.    Iritasi Pada Kulit Kepala

Tentu saja iritasi pada kulit kepala dapat terjadi dengan mudah. Jika diperhatikan dengan baik, kulit kepala sensitif biasanya terlihat memerah.


Kulit kepala sensitif dapat memiliki pengaruh dengan kerontokan rambut. Untuk itu, kalian bisa melakukan beberapa cara ini untuk merawat kulit kepala sensitif, yaitu:

1.    Kurangi Penggunaan Aksesoris

Jika mempunyai kulit kepala sensitif, Anda perlu memperhatikan aksesoris yang dipakai di rambut. Pasalnya, hal sesederhana topi saja dapat menambah kerusakan kulit kepala, lho! Penggunaan topi akan menutup masuknya udara ke kepala. Tak hanya itu, bahan dari topi sendiri juga dapat menyebabkan iritasi dan gatal-gatal parah. Penggunaan jepit atau klip rambut yang tajam juga berisiko memperparah sensitivitas yang sudah ada sebelumnya.

2.    Cara Mencuci dan Membilas Rambut

Cara mencuci dan membilas rambut juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Saat mencuci rambut, sebaiknya kamu hindari gerakan yang terlalu kasar karena dapat menyebabkan kerusakan dan iritasi. Lebih baik, gosok dan pijat kulit kepala dengan lembut menggunakan ujung jari, bukan kuku.

Selain itu, perhatikan juga cara kamu dalam membilas rambut. Agar terbilas secara efektif, gunakan tangan Anda untuk meremas rambut dari akar ke ujung dengan lembut. Kemudian, gerakkan tanganmu ke bawah rambut sampai produk sudah terbilas dengan baik. 

3.    Cara Mengeringkan Rambut

    Setiap orang memiliki proses pengeringan rambut yang berbeda-beda, ada yang mudah dan cepat kering, ada juga yang lama kering. Sebenarnya, rambut lebih baik dibiarkan kering begitu saja dengan udara alami. Namun, hal ini sepertinya tidak bisa dilakukan oleh orang-orang yang ingin pergi bekerja atau menghadiri acara tertentu. Kalau sudah begini, kebanyakan orang pastinya memerlukan bantuan hair dryer untuk mengeringkan rambut.

    Seperti yang kita ketahui, penggunaan hair dryer dapat menimbulkan kerusakan pada rambut. Untuk mencegahnya, Anda sebaiknya memakai baju berbahan katun yang dapat menyerap air dengan cepat dan atur suhu hair dryer menggunakan panas yang rendah. Selain itu, biasakan untuk memberi jarak sekitar 5 cm dari rambut dan kulit kepala, guna menghindari iritasi kulit kepala dan kerusakan rambut.

    4.    Cara Menata Rambut

    Selain memperhatikan cara mencuci, membilas, dan mengeringkan rambut, kamu juga perlu memiliki kebiasaan menata rambut yang benar. Hindari teknik menyisir rambut backcombing atau menyasak rambut karena dapat merusak kulit kepala. Selain itu, hati-hati dalam menggunakan produk gel rambut atau hairspray karena berpotensi menyebabkan iritasi. Sebagai solusinya, pastikan untuk memakai sisir berbahan natural yang lembut.

    Jika ingin mewarnai rambut, sebaiknya lakukan tes terlebih dulu. Beberapa cat rambut memiliki bahan yang dapat menyebabkan reaksi alergi dan berbahaya pada kulit kepala sensitif.

    5.    Pemilihan Shampoo dan kandungan

    Shampoo dapat jadi salah satu faktor penyebab kulit kepala sensitif. Bisa jadi, pemilihan shampoo yang salah dapat membuat permasalahan kulit bertambah parah. Nyatanya, kandungan yang terlalu keras pada shampoo dapat merusak acid mantle, sehingga kulit kepala pun rentan mengalami kekeringan dan iritasi.


    Untuk mencegah hal ini, sebaiknya kamu menghindari shampoo dengan kandungan sulfate karena dapat mengurangi minyak alami rambut dan menyebabkan kulit kepala mengalami iritasi. Salah satu Hair Care yang cocok untuk kulit kepala sensitif adalah Miss Daisy Perfume Hair Care. Kandungan dari Shampoo dan Hair Mask Miss Daisy ini diformulasikan dari sari tumbuhan mewah seperti yang bebas sulfate, alkohol dan juga paraben jadi tentunya aman banget untuk kamu yang punya kulit kepala sensitif. Lebih detailnya, kandungan utama dari Miss Daisy Shampoo ini adalah

    Red Algae Extract

    Alga merah memiliki antioksidan yang bisa membantu menutrisi kulit kepala sehingga mengurangi kerontokan. Alga merah juga dapat mencegah rambut bercabang.

    Hydrolized Wheat Protein

    Wheat protein sudah melalui proses hidrolisis yang membuatnya lebih mudah diserap oleh rambut. Fungsinya adalah untuk menjaga kelembapan rambut, menjaga elastisitas rambut jadi tidak mudah patah.

    Helichrysum Extract

    Helichrysum akan membersihkan kulit kepala, memperkuat helai rambut, dan menstimulasi folikel rambut sekaligus mengurangi rasa gatal dan kekeringan. Minyak esensial helichrysum juga merupakan salah satu minyak yang lebih baik untuk mengobati psoriasis, ketombe, dan gangguan kulit kepala lainnya.


    Sedangkan untuk Miss Daisy Perfume Hair Mask juga mengandung natural ingredients yaitu:

    Shea Butter

    Shea butter selain dapat menghilangkan ketombe, shea butter juga melindungi rambut dari kekeringan, menghilangkan kelebihan minyak di kulit kepala, serta melembapkan rambut.

    Argan

    Minyak argan berfungsi untuk melembapkan rambut dan mengandung asam lemak, terutama asam oleat dan asam linoleat. Minyak ini telah terbukti dapat melumasi batang rambut dan membantu menjaga kelembapan rambut.

    Squalane

    Pada rambut, minyak ini dapat menutrisi rambut sehingga Anda akan mendapatkan rambut yang berkilau, fleksible, dan kuat.

    Comments 5

    levi on

    tp ini bener sih, dl gapeenah perhatiin kandungan di rambut trnyata ngaruh bgt

    mia on

    ❤️❤️

    nadia on

    hmmmmm

    Lauren Mich on

    min, gimana cara numbuhin rambut ya? :(

    Bethari on

    oo pantesan rambutku sering bgt rontok

    Leave a comment