FREE SHIPPING SE-INDONESIA | 20K OFF MIN PURCHASE 300K

Kini Tidak Perlu Khawatir Rambut Lepek dan Berminyak, Simak 5 Solusi Berikut Ini!

Kini Tidak Perlu Khawatir Rambut Lepek dan Berminyak, Simak 5 Solusi Berikut Ini!

Hayo, siapa di antara rocketers yang sering mengeluhkan kondisi kulit kepala yang berminyak dan rambut yang lepek?


Padahal baru saja berkeramas tetapi keesokan harinya rambut sudah tidak mendukung penampilan rocketers. Akhirnya, rocketers memutuskan untuk berkeramas setiap hari, demi mencegah terjadinya rambut lepek dan berminyak. 

BACA JUGA: 6 TRICKS AND HACKS INI BISA MEMBUAT RAMBUT KAMU LEMBUT DAN BERKILAU

Tapi, tahukah rocketers? Rambut lepek dan berminyak, bisa disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin rocketers tidak sadari. Untuk dapat mengatasi permasalahan rambut berminyak dan lepek, rocketers harus mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebabnya. Berikut penjelasannya.

Penyebab Rambut Lepek

Rambut lepek menjadi permasalahan yang sangat wajar dialami, terlebih jika tidak rutin berkeramas atau bahkan terlalu sering berkeramas. Selain dua hal tersebut, kira-kira apa saja penyebab terjadinya rambut lepek dan berminyak? Rambut lepek dan berminyak dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

 

1. Perubahan Hormon

perubahan hormon

Siklus pertumbuhan rambut, adanya penyakit pada kulit kepala, dan kesehatan folikel rambut memang dipengaruhi oleh hormon. Jika hormon di tubuh bermasalah, tentu akan berdampak pada kesehatan rambut, termasuk menyebabkan rambut jadi lepek.

Perubahan hormon dapat menyebabkan kelenjar sebasea memproduksi lebih banyak minyak. Kondisi inilah yang kerap menjadi penyebab rambut lepek terjadi. Salah satu hormon yang dapat memengaruhi produksi minyak pada kulit dan rambut adalah hormon androgen. Adanya perubahan hormon umum. Peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh dapat meningkatkan kadar minyak pada kulit manusia, termasuk kulit kepala.

 

2. Jenis Rambut

jenis rambut

Jenis rambut ternyata dapat memengaruhi produksi minyak di kulit kepala. Bagi rocketers yang memiliki jenis rambut lebih lurus, biasanya lebih berisiko mengalami rambut berminyak. 

Sebab, minyak akan lebih mudah menempel pada rambut yang lurus dibandingkan rambut bertekstur, seperti bergelombang.Struktur rambut lurus yang tak memiliki liukan membuat minyak di kulit kepala mudah turun dan meluncur cepat pada batang rambut. Pada beberapa wanita, minyak pada rambut terasa hingga ke bagian tengah dan terlihat jelas pada akar rambut.

 

3. Menggunakan Conditioner Dengan Cara Yang Salah

menggunakan conditioner

Kulit kepala tidak membutuhkan conditioner. Banyak orang masih melakukan kesalahan ini dengan mengaplikasikan conditioner pada kulit kepala saat keramas. Penggunaan conditioner yang benar adalah mengusapkannya pada bagian tengah hingga ujung rambut, atau hanya mengoleskan pada bagian yang kering.

 

4. Salah Shampoo

shampoo

Salah pilih shampoo bisa menyebabkan ketombe dan gatal pada kulit kepala. Bahkan, hal ini juga bisa berpotensi membuat rambutmu semakin berminyak. Kenali kondisi kulit kepala dan jenis rambutmu, lalu sesuaikan produknya. Kalau rambutmu kering, jelas kamu perlu memilih moisturizing shampoo yang punya banyak kandungan protein atau keratin. Kalau masalahmu adalah rambut berminyak dan lepek, pilih shampoo yang punya manfaat deep cleansing atau volumizing.

 

5. Menggunakan Sisir Yang Kotor

sisir

Kotoran dan debu yang berasal dari rambut akan menumpuk pada sisir dan dapat kembali menempel pada rambut saat kamu menyisir. Dianjurkan untuk para rocketers membersihkan sisir, minimal satu minggu sekali atau saat terlihat kotor.

 

6. Stress 

stress

Untuk sebagian besar rocketers mungkin tidak banyak yang tak tahu, kalau stress bisa mendorong produksi minyak di kulit kepala. Penjelasan secara ilmiahnya, stress meningkatkan level hormon kortisol dalam tubuh. Hormon inilah yang mengatur produksi minyak tubuh, termasuk di kulit kepala. Jadi jangan stress-stress ya rocketers, justru akan memicu rambut semakin lepek dan berminyak.

BACA JUGA: 7 FAKTA KANDUNGAN SULFATE PADA SHAMPOO INI BISA BERDAMPAK PADA KESEHATAN RAMBUT KAMU

Beli Protein Cream dari SH-RD Indonesia di:

Shopee: https://shopee.co.id/shrd.id

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/shrd.id

Website: https://www.pinkrocket.co.id

[Selengkapnya melalui: SH-RD Indonesian Hair Care]


Solusi Mengatasi Rambut Lepek dan Berminyak

Jika rocketers sudah mengetahui penyebab terjadinya rambut lepek dan berminyak yang dimiliki, rocketers dapat simak cara-cara mengatasi rambut lepek dan berminyak berikut ini.

 

1. Berkeramas Dengan Cara Yang Benar

keramas

Cara mengatasi rambut berminyak dan lepek adalah dengan menghindari keramas lebih dari 1 kali setiap hari. Bagi rocketers yang suka terburu-buru dalam membilas rambut saat mandi, kini sebaiknya lakukan secara perlahan. Sebab, sisa-sisa sampo yang tidak terbilas dapat menjadi penyebab rambut lepek.

 

2. Menghindari Produk Perawatan Rambut Yang Mengandung Silikon

bersilikon

Produk perawatan rambut yang mengandung silikon berfungsi untuk membantu melembutkan rambut dan menambah kilaunya. Sayangnya, kandungan ini juga dapat menjadi penyebab rambut lepek. 

Berbagai produk kecantikan, seperti shampoo, conditioner, hingga produk penata rambut, mengandung silikon untuk membuat rambut terasa lebih halus, berkilau, dan tampak lebih bervolume. Silikon pada sejumlah produk perawatan rambut dapat menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala. Dapat mengakibatkan, rambut bisa terlihat kotor, lepek, dan terasa berat. 

BACA JUGA: KULIT KEPALA GATAL? BISA JADI 5 HAL INI MENJADI PENYEBABNYA

Bahkan, silikon juga mencegah kelembaban yang dibutuhkan untuk meresap ke dalam batang rambut. Maka, sebaiknya hindari produk berbahan dan yang mengandung silikon atau senyawa, seperti dimethicone, cyclomethicone, dan amodimethicone.

Untuk rocketers yang memiliki kulit kepala lepek dan berminyak serta sensitif dapat mengganti shampoo yang tidak emgnandung silikon serta sulfate. Pinkrocket punya rekomendasi yang oke banget untuk mengatasi rambut lepek dan berminyak para rocketers.

SH-RD NUTRA THERAPY KERATIN SHAMPOO merupakan shampoo yang tidak memiliki kandungan sulfate, paraben, coloring, silikon, dan antihistamine. Sehingga rocketers tidak perlu khawatir untuk memiliki permasalahan rambut berketombe ataupun lepek. No more lepek dan berminyak.

Hanya dengan menggunakan SH-RD NUTRA THERAPY KERATIN SHAMPOO rocketers dapat memperkuat batan rambut, karena adanya kandungan rosemary yang memperkuat dan menutrisi rambut para rocketers.

Tidak hanya itu, SH-RD NUTRA THERAPY KERATIN SHAMPOO mengandung 5-alpha avocuta yang bermanfaat untuk mengontrol minyak berlebih yang dimiliki oleh kulit kepala rocketers. Kandungan yang menjadi kunci agar rocketers tidak memiliki rambut lepek.

SH-RD NUTRA THERAPY KERATIN SHAMPOO juga melembabkan rambut rocketers, sehingga rambut rocketers dapat terlihat sehat dan berkilau tanpa membuat kering dalam pemakaiannya.

 

3. Membatasi Penggunaan Alat Hairstyling

hairstyling

Rocketers juga perlu membatasi penggunaan alat penata rambut, seperti catokan ataupun hair dryer. Sebab, suhu panas dari alat tersebut dapat memicu produksi minyak pada rambut. 

Jika ingin menggunakan blow dry, lakukan saat rambut rocketers mulai setengah kering. Kemudian, bagi rambut menjadi 5-6 bagian dan keringkan secara perlahan menggunakan alat pengering rambut. Selalu mulai dengan bagian depan dan poni.

Blow rambut rocketers mulai dari bagian tengah ke arah atas. Cara ini akan memberikan kesan rambut bervolume. Setelah itu, akhiri sesi blow-dry rocketers dengan sekali lagi menggunakan alat pengering bersuhu dingin pada akar rambut rocketers untuk membuatnya mengembang tahan lama.

Tip: Rocketers dapat memakai SH-RD PROTEIN CREAM sebelum menggunakan alat-alat hairstyling untuk memaksimalkan penampilan rocketers. Karena SH-RD PROTEIN CREAM dapat menjadi heat protector dan vitamin rambut sekaligus. Jadi, rocketers tidak perlu menggunakan berbagai macam produk perawatan rambut yang berbeda untuk menjaga kesehatan rambut rocketers.

 

4. Memakai Dry Shampoo

dry shampoo

Tidak hanya praktis, dry shampoo juga bisa rocketers gunakan sebagai salah satu cara mengatasi rambut berminyak. Meski tidak membersihkan secara menyeluruh, shampoo ini membantu mengeringkan minyak dan membuat rambut tampak lebih bersih.

Shampoo yang tersedia dalam berbagai aroma ini juga dapat mengatasi rambut yang kering, ketika sering dipakai di keseharian. Sayangnya, dry shampoo menghasilkan sisa atau residu yang membuat rambut tampak berpasir dan terlihat kotor.

 

5. Menggunakan Bedak Bayi/Bedak Tabur

bedak tabur

Trik ini sempat populer karena banyak digunakan beauty influencer. Kalau memang rocketers berada dalam keadaan darurat  dan tidak memiliki dry shampoo, coba pakai bedak bayi. Karena formulanya cenderung aman, hampir tak ada efek samping dalam penggunaannya. Namun ingat, hack ini tidak disarankan untuk dilakukan setiap hari. Karena bisa memicu terjadinya ketombe dan penumpukan kotoran atau debu pada kulit kepala.

( source: allthingshair.com, hellosehat.com, sehatq.com )


Kini rambut lepek dan berminyak dapat diatasi dengan mudah kan rocketers. Hanya dengan menggunakan shampoo, serta vitamin rambut pada rutinitas perawaran rambut rocketers.

Comment 1

fafa on

beli dmn tuh

Leave a comment