FREE SHIPPING SE-INDONESIA | 20K OFF MIN PURCHASE 300K

Yakin Skin Barrier Kamu Cukup Baik? Kenali Kondisi Skin Barrier Kamu Yuk!

Yakin Skin Barrier Kamu Cukup Baik? Kenali Kondisi Skin Barrier Kamu Yuk!

 “Beautiful skin begins with exceptional skin care.” - Unknown


Kondisi kulit wajah rocketers pada umumnya mempunyai kondisi yang cukup normal. Tetapi seiring berjalannya waktu dan usia, serta kulit yang sering terpapar radikal bebas pada keseharian. Mempengaruhi kandungan serta kondisi kulit wajah yang mulanya normal, menjadi terkontaminasi dengan berbagai kandungan kimia ataupun kotoran yang menyumbat pori-pori wajah.


Apa Itu Skin Barrier?

skin barrier

Untuk para rockets yang melakukan skincare routine mungkin sudah tidak asing dengan istilah skin barrier. Kira-kira apa sih yang dimaksud dengan skin barrier? Skin barrier adalah suatu lapisan terluar yang terdapat pada kulit wajah rocketers, dimana lapisan kulit ini berfungsi untuk melindungi agar kulit wajah terhindar dari racun, paparan sinar UV, dan kontaminasi polusi udara.

Bila skin barrier telah rusak, itu artinya kulit akan lebih mudah sensitif dan rentan akan iritasi. Itulah salah satu alasan yang bisa menyebabkan perawatan menjadi tidak maksimal. Agar tidak semakin parah, yuk kenali bagaimana ciri-ciri skin barrier yang telah rusak.

BACA JUGA: SUNSCREEN DAN SUNBLOCK, MANA YANG COCOK UNTUK KAMU?

Perlu diketahui bahwa skin barrier ini merupakan lapisan pelindung paling luar pada kulit yang menjaga kulit dari berbagai kerusakan yang disebabkan faktor eksternal seperti sinar matahari, kotoran, polusi dan yang lainnya. 


Tanda-Tanda Kerusakan Skin Barrier

kerusakan skin barrier

Bila penghalang kulit tidak berfungsi dengan baik, kulit biasanya akan lebih rentan terhadap gejala dan kondisi kulit seperti:

  • Kulit kering bersisik,
  • Gatal-gatal,
  • Perubahan warna kulit,
  • Masalah jerawat,
  • Kulit sensitif atau meradang, dan
  • Infeksi bakteri, virus, atau jamur pada kulit.

Jika rocketers mengalami salah satu atau lebih dari kondisi di atas, sebaiknya periksakan diri ke dokter kulit atau ahli dermatologi. Dengan begitu, rocketers bisa mengetahui penyebab masalah tersebut dan bagaimana cara mengatasinya dengan tepat.


Cara Merawat Skin Barrier

merawat skin barrier

Sebenarnya, perawatan skin barrier tidak jauh berbeda dengan menjaga kesehatan kulit pada umumnya. Agar tidak lupa, berikut ini beberapa cara merawat pelindung kulit yang bisa rocketers coba.

 

1. Menyederhanakan Perawatan Kulit Harian

Cara merawat skin barrier yang paling penting yaitu mulai menyederhanakan perawatan kulit harian rocketers. Beberapa orang mungkin tak sadar bahwa terkadang perawatan kulit yang rumit dapat melemahkan penghalang kulit mereka.

Bila kulit mulai mengelupas, coba perhatikan bagaimana kulit bereaksi terhadap metode yang digunakan. Beberapa ahli menyarankan untuk menggunakan kain lembut dan zat kimia ringan ketika mengeksfoliasi kulit, terutama pada kulit sensitif. Jika rocketers bingung, tanyakan kepada dokter kulit atau ahli dermatologi terkait produk perawatan yang tepat sesuai tipe kulit rocketers.

 

2. Menjaga Keseimbangan pH Kulit

Menjaga tingkat keasaman (pH) kulit pun penting dalam merawat skin barrier rocketers. Normalnya, kadar pH pada kulit seharusnya berada di sekitar pH 5,7. Meski begitu, pH beberapa produk perawatan kulit dapat berkisar 3,7 – 8,2.

Maka dari itu, usahakan untuk memilih produk pembersih yang dekat dengan pH alami kulit rocketers. Hal ini bertujuan melindungi rocketers dari masalah kulit seperti dermatitis, jerawat, hingga infeksi candida albicans. Walaupun tidak semua produk mencantumkan kadar pH-nya, rocketers bisa mulai mencari tahu dari situs atau bertanya kepada penjualnya, bila memungkinkan.

 

3. Mengoleskan Minyak Nabati Alami

Menurut studi dari International Journal Of Molecular Sciences, beberapa minyak nabati bisa membantu memperbaiki skin barrier yang rusak. Bahkan, jenis-jenis minyak tersebut dapat menjaga kelembaban penghalang kulit rocketers. Ini berkat efek antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Sejumlah minyak nabati yang cukup aman dan efektif digunakan untuk merawat kulit antara lain:

  • Kelapa
  • Almond
  • Argan
  • Rosehip
  • Bunga Matahari.

Rocketers bisa memilih krim atau lotion yang mengandung salah satu atau lebih beberapa minyak di atas. Tak hanya itu, rocketers bisa menuangkan sedikit minyak tersebut ke telapak tangan dan memijatnya dengan lembut hingga terserap oleh kulit.

 

Kandungan Yang Dapat Memperbaiki Skin Barrier 

merawat skin barrier

Untuk merawat kondisi skin barrier, rocketers dapat memperhatikan beberapa kandungan yang terdapat pada skincare yang rocketers gunakan. Yuk, kita cari tahu kandungan apa saja yang bisa memperbaiki kerusakan skin barrier yang rocketers miliki.

Beli Masker Wajah Moisturize Rose Jelly dan Masker Wajah Deep Cleansing Jelly  dari EILEEN GRACE Indonesia di:

Shopee: https://shopee.co.id/eileengrace.id

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/eileengrace.id

Website: https://www.pinkrocket.co.id

[Selengkapnya melalui: Eileen Grace Indonesia]

 

1. Ceramide

Sebenarnya secara alami kulit kita memiliki ceramide untuk melindungi kulit, namun ceramide juga diproduksi secara sintetis dan kerap ditambahkan dalam produk skincare. Jika skin barrier dalam keadaan rapuh, menambahkan ceramide dari luar kulit tentu akan sangat membantu. Ceramide akan membantu memperkuat skin barrier serta membantu menjaga kelembapan kulit.

 

2. Niacinamide

Siapa yang tak kenal niacinamide, bahan multifungsi yang menjadi andalan banyak orang dalam perawatan kulit. Selain bagus sebagai antiinflamasi dan mencerahkan kulit, niacinamide atau vitamin B3 ternyata juga berfungsi untuk membantu pembentukan ceramide dalam kulit, lho. Karena itu, tentu niacinamide juga bagus untuk memperkuat skin barrier.

 

3. Peptide

Peptide dikenal sebagai bahan yang membantu meningkatkan produksi kolagen, karena itu peptide sering digunakan dalam produk skincare anti-aging. Dilansir dari Female Daily, peptide merupakan skin-restoring ingredient sebagai bagian protein aktif yang fungsinya mendorong produksi kolagen dan meminimalisir kerutan pada kulit.

BACA JUGA: BELUM ADA KANDUNGAN HYALURONIC ACID PADA SKIINCARE? KENALAN DULU YUK, SAMA HYALURONIC ACID

Cara kerja peptide bisa dibilang cukup unik, yaitu mengirimkan “sinyal” pada sel kulit untuk menghasilkan kolagen yang hilang. Maka dari itu, produk dengan bahan peptide juga bagus untuk memperkuat skin barrier yang rapuh karena faktor usia.

4. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengikat molekul air, sehingga menjadikan kulit senantiasa lembab. Selain itu, hyaluronic acid juga membantu pembentukan kulit baru yang lebih sehat. Sehingga tentu saja bahan ini sangat cocok digunakan untuk membantu kembali melembabkan kulit yang kering dan dehidrasi akibat rusaknya skin barrier.

(source: beautyhaul.com, beautynesia.com, hellosehat.com)

Ada salah satu skincare yang memiliki kandungan Hyaluronic Acid yang dapat membantu memperbaiki kondisi skin barrier yang rusak, EILEEN GRACE ROSE JELLY MASK.

EILEEN GRACE ROSE JELLY MASK, juga membantu mengatasi permasalahan kulit wajah berjerawat. Serta, mengurangi iritasi kulit dan inflamasi yang terjadi karena peradangan jerawat. dan dapat melembabkan kulit kering serta mencerahkan warna kulit sehingga tidak terjadi warna kulit yang tidak merata.

Selain itu, sensasi dingin yang ditimbulkan setelah pengaplikasian EILEEN GRACE ROSE JELLY MASK juga dapat merelaksasikan kulit wajah rocketers. Keunikan lainnya, adanya kelopak bunga mawar asli yang terdapat pada EILEEN GRACE ROSE JELLY MASK yang bisa dipastikan mengandung ekstrak alami bulgarian rose yang mempunyai banyak manfaat bagi kulit wajah para rocketers.


Perlunya memperbaiki kondisi skin barrier yang rusak, untuk menjaga kondisi kulit wajah rocketers agar terhindar dari berbagai permasalahan kulit. Seperti yang sudah di jelaskan diatas, skin barrier berfungsi sebagai lapisan pelindung pada wajah kita. Jadi, sangat penting untuk menjaga dan merawat kesehatan kondisi skin barrier kita.

Comments 0

Leave a comment