Kecanggihan Teknologi, Sebuah Kemajuan atau Kemunduran?

Kecanggihan Teknologi, Sebuah Kemajuan atau Kemunduran?

“ We can’t blame the technology, when we make mistakes “ - Tim Berners Lee -


Belakangan ini, mungkin sebagian besar dari kita sudah sangat terbiasa dengan kehadiran teknologi dalam kehidupan sehari hari. Kehidupan yang semakin hari semakin berkembang, bahkan hampir dari semua kalangan ‘dipaksa’ untuk menerima pemodernisasian yang terjadi dengan cepat. 

Mungkin tidak masalah bagi kita kaum millennial, yang sudah terbiasa dan tanggap untuk belajar akan hal baru. Tetapi, hal tersebut tidak serupa dengan Generasi Baby Boom (1946 - 1964) ataupun Generasi Bust  / X (1965 - 1979). Dimana rata rata usia dari generasi tersebut sudah mencapai 40 keatas, menjadi salah satu alasan ‘keterlambatan’ untuk mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

Ditambah dengan adanya permasalahan pandemi ini, mengharuskan semua kalangan dari semua generasi untuk lebih membuka mata dan lebih aware akan perkembangan teknologi dan informasi yang ada. Mau tidak mau, suka tidak suka semua aspek dalam kehidupan sekarang pun menggunakan teknologi. Demi untuk meminimalisasikan terjadinya kontak dan penyebaran virus di kondisi pandemi ini.

Tetapi, apakah kemudahan teknologi dan kecanggihan teknologi yang kian marak terjadi ini, merupakan sebuah kemajuan? Atau malah menjadi sebuah kemunduran?

Berikut, beberapa dampak yang dimunculkan dengan adanya kecanggihan teknologi.

1. Penghematan Waktu

Jika dulu hal hal dilakukan secara manual dan tidak adanya keefisienan waktu, membuat semua hal membutuhkan waktu yang bisa dibilang cukup lama dan tidak singkat. Contohnya seperti: Menulis tangan, kini dapat dipersingkat dengan cara mengetik, serta mengurangi samapah kertas.  Berjalan kaki kini dapat dipersingkat dengan menaiki kendaraan, dsb. Adanya peningkatan kinerja dengan menggunakan teknologi sebagai sebuah alat, untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan kita mempersingkat waktu dan keefisienan waktu untuk melakukan hal lain.

Tetapi, hal tersebut memiliki dampak negatif tersendiri bagi sebagian orang yang tidak dapat mempergunakan kecanggihan teknologi itu untuk ‘mempersingkat waktu’ dengan cara yang tidak baik. Contohnya : meng copy-paste  tugas demi mempersingkat waktu.

 

2. Fleksibilitas

Dengan adanya kecanggihan teknologi,  fleksibilitas akan hal hal tertentu menjadi benefit  tersendiri. Jika sebelumnya ketidakmungkinan komunikasi terjadi ke luar negeri, sekarang dengan gampangnya kita dapat berkomunikasi dengan orang dari berbagai macam negara. Serta pertukaran informasi yang bisa terjadi secara real time, memungkinkan kita untuk lebih ter update dengan informasi dengan cepat.

Dampak negatif yang dapat timbul pun  bervariasi, seperti : pertukaran informasi yang cepat, kadang tidak dapat dikontrol dan ketidak terbatasan pengaksesan data melalui internet dapat memungkinkan kita mengakses informasi yang negatif dan melupakan dunia nyata.

 

3. Pemaksimalan Kinerja

Kita sebagai manusia, pada umumnya mempunyai perbedaan batas kekuatan atau pun kondisi fisik dalam melakukan suatu pekerjaan. Keterbatasan tersebut juga menjadi salah satu kendala untuk membuahkan hasil yang maksimal dengan potensi diri yang ada.

Dengan adanya kecanggihan teknologi dapat memaksimalkan kinerja yang terkendala akibat sesuatu keadaan, salah satu dampak negatifnya kecacatan atau hasil sebuah produk terkadang dapat terlewatkan.

 

4. Keminiman Kesalahan / Error 

Kurang lebihnya kita dalam melakukan suatu pekerjaan atau hal tidak lepas dari kemungkinan terjadinya suatu kesalahan / error.  Banyak perusahaan beranggapan, bahwa dengan adanya kecanggihan teknologi dapat meminimalisasikan kesalahan / error yang terjadi pada suatu pekerjaan.

Meskipun begitu terdapat juga dampak negatifnya, dimana salah satunya, SDM (Sumber Daya Manusia) tidak tertampung lagi. Menyebabkan terjadinya penumpukan pengangguran.

Hal hal diatas merupakan beberapa dampak yang ditimbulkan dengan kecanggihan teknologi. Kemajuan atau kemunduran, merupakan suatu penilaian masing masing individu. Tetapi, terlepas dari opini tersebut tidak dapat dipungkiri kecanggihan teknologi mempermudah kinerja kita di kehidupan sehari-hari.

 

BACA JUGA : TIDUR MERUPAKAN JENIS SELF-CARE YANG BAIK


Dampak Positif dan Negatifnya dapat kita pertimbangkan secara personal, yang kita bisa lakukan adanya kecanggihan teknologi ini dapat kita manfaatkan dan memaksimalkan hal positifnya dan meminimalkan dampak buruknya. Agar terjadi keseimbangan antara hal hal yang sebaiknya dipertahankan secara tradisional dan dapat terus kecanggihan.

Comments 12

Alice on

bijaksana saja dalam memakai gadget, jangan sampai jadi bumerang

Husni on

sekarang sudah susah jika harus jauh dari gadget

gina6542 on

ada pro sm contra lah ya

DWDW on

Kena hoax banyak malah makin bodo

trisha on

tp memang lbh praktis sih

Isabella on

Bergantung pemakaian dari kitanya sih kalo menurut ku

Dina on

Teknologi maju, pemikirannya yg mundur :(

latte on

majuu trz

Nathalia on

Ga kebayang kalo kerja tp gapake internet

Cacha on

teknologi khususnya internet emg memudahkan kerjaan di kantor ga sih

sheringraciella on

semenjak teknologi maju emg kerja lebih cepet sih hehe

Abdul on

kita harus bisa ikuti perkembangan dan perubahan jaman

Leave a comment