FREE SHIPPING SE-INDONESIA | 20K OFF MIN PURCHASE 300K

Ingin Mempunyai Berat Badan Ideal? Coba 5 Cara Berikut Ini!

Ingin Mempunyai Berat Badan Ideal? Coba 5 Cara Berikut Ini!

“Our bodies are our gardens, and our wills are our gardeners” - William Shakespare


 yoga

Rocketers mempunyai permasalahan berat badan? Mempunyai berat badan berlebih menjadi salah satu permasalahan yang seringkali dikeluhkan oleh kebanyakan orang. Dengan rutinitas yang melelahkan, terkadang membuat kita lebih memilih untuk beristirahat pada waktu weekends daripada memperhatikan kesehatan tubuh kita. 

Dengan kata lain penumpukan lemak dan kalori akan terjadi di dalam tubuh kita, berangsur-angsur menjadi penyakit fatal yang dapat mengakibatkan kematian.


Mengapa Harus Memperhatikan Berat Badan

berat badan

Berdasarkan data yang didapat dari Riset Kesehatan Dasar. Berdasarkan pengelompokan umur, 20-35 tahun menjadi usia yang perlu memperhatikan kesehatan. Banyaknya kasus stroke (pendarahan intraksia), obesitas dan serangan jantung yang sudah mulai diderita oleh anak-anak muda. Permasalah tersebut terjadi disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya.

- Pola makan yang sembarangan dan tidak teratur

- Begadang

- Konsumsi gula yang berlebihan

- Kurangnya pergerakan tubuh

Hal-hal tersebut merupakan beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya stroke, obesitas dan serangan jantung. Penyakit-penyakit tersebut menjadi penyumbang angka kematian terbesar, berdasarkan umur dan penyakit tidak menular dilansir dari pusdatin.kemkes.go.id.

BACA JUGA: 6 GERAKAN OLAHRAGA HIIT YANG AMPUH MENURUNKAN BERAT BADAN

Dengan adanya permasalahan kesehatan yang memperihatinkan ini, membuat kita harus lebih waspada dan memperhatikan kesehatan kita. Menjadi sehat tidak harus kurus, tetapi paling tidak kita harus dapat mengetahui berat badan ideal yang seharusnya kita miliki itu berapa untuk menjaga kesehatan kita.



Menghitung Berat Badan Ideal

berat badan ideal

Mengapa kita harus menghitung berat badan ideal? Karena, kita memiliki massa tubuh yang berbeda-beda dan tinggi yang berbeda juga. Dua hal tersebut menjadi faktor utama dalam penghitungan berat badan ideal. Perhitungan berat badan ideal memiliki dua cara.

 

1. Indeks Massa Tubuh

Perhitungan ini yang paling umum digunakan untuk menghitung berat badan ideal berdasarkan usia. Jadi, perhitungan ini tidak bisa dilakukan untuk rokceters yang usianya dibawah 20 tahun.

 Rumusnya:

IMT

Setelah melakukan perhitungan, rocketers dapat melihat hasil yang didapatkan dan menentukan di golongan manakah berdasarkan hasil perhitungan yang rocketers telah lakukan.

  • Kurus: IMT kurang dari 18,5
  • Normal: 18,5 – 22,9
  • Overweight (kelebihan berat badan): 23 – 27,5
  • Obesitas: IMT lebih dari 27,5

    2. Rumus Broca 

    Rumus perhitungan berat badan ideal yang satu ini, dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Hal ini dikarenakan, pria memiliki massa otot yang lebih banyak dibandingkan wanita. Sementara itu, wanita memiliki kandungan lemak lebih banyak dibandingkan dengan pria. Hal itu menjadi salah satu faktor mengapa wanita sulit untuk menurunkan berat badan. Rumus Broca yang digunakan sebagai berikut.

    broca

    (source: hellosehat.com)


    Cara Menjaga Berat Badan

    Setelah rocketers mendapatkan berat badan ideal yang diinginkan, kira-kira hal apa saja yang bisa rocketers lakukan untuk menjaga kondisi dan berat tubuh yang sudah dicapai? Pinkrocket punya tips untuk rocketers agar bisa memaintain tubuh ideal yang sudah dimiliki.

    BACA JUGA: ARTI DIBALIK #NOBRADAY DAN 7 CARA PREVENTIF KANKER PAYUDARA

     

    1. Sarapan

    breakfast 

    Tidak salah jika mengatakan kalau sarapan adalah waktu makan yang paling penting. Banyak dokter gizi yang menyarankan untuk tidak melewatkan sarapan. Karena, jika melewatkan waktu makan ini dapat mengganggu metabolisme tubuh sehingga dapat memicu rocketers untuk makan lebih banyak pada siang dan malam hari. Namun, jangan asal memilih makanan, ya rocketers. Buah, sayur, dan telur adalah makanan terbaik dan sehat untuk sarapan.

     

    2. Mengurangi Konsumsi Gula

    makanan manis

    Gula mengandung kalori yang tinggi, terutama minuman dengan pemanis seperti soda, jus kemasan, dan teh manis. Minuman kemasan mengandung fruktosa, sebuah tipe gula yang bisa memicu rasa lapar dan membuat kita ingin makan lebih banyak. Ini jelas akan mempengaruhi berat badan para rocketers. Jadi, lebih baik minum air putih lebih banyak dan jika memang ingin mengkonsumsi minuman atau makanan manis sebaiknya tidak terlalu sering. 

     

    3. Tidur Yang Cukup

    tidur yang cukup

    Jika rocketers merasa tidak terlalu baik dan memiliki mood yang kurang bisa dikontrol sebaiknya segera membuat diri rocketers untuk merasa lebih baik. Karena hal itu akan mempengaruhi kulit dan tubuh rocketers. Rahasia kulit yang sehat dan glowing serta tubuh yang bertenaga adalah tidur yang berkualitas. Kekurangan tidur dapat membuat kulit terlihat kusam, rasa lelah, dan membuat kita ingin makan makanan yang tidak sehat. 

     

    4. Perbanyakan Konsumsi Sayur dan Buah

    konsumsi sayur dan buah

    Perbanyak mungkin mengkonsumsi sayuran dan buah bernutrisi ke dalam menu makanan harian para rocketers. Tujuannya, untuk membuang racun dalam tubuh yang mengendap. Rocketers juga bisa menambahkan buah yang kaya kandungan vitamin

     

    5. Olahraga

     olahraga

    Olahraga rutin memang hal penting yang harus dilakukan untuk mendapatkan tubuh idaman. Idealnya, rocketers harus berolahraga paling tidak lima kali seminggu. Namun, jika memang tidak dapat berolahraga sebanyak itu, mulailah dengan membiasakan diri rocketers untuk berolahraga paling tidak tiga kali seminggu.

    (source: cosmopolitan.co.id)

    Berolahraga juga harus menggunakan pakaian yang nyaman, agar tidak merasa risih saat melakukan olahraga. Sehingga kita bisa berfokus pada olahraga yang dilakukan dan memaksimalkan usaha yang di lakukan untuk mencapai berat badan ideal.

    Kita harus menemukan sport bra yang tepat untuk menopang payudara tanpa takut payudara akan terlihat dan perut bergelambir. Hal tersebut terkadang membuat sebagian banyak dari rocketers merasa tidak pede, serta tidak nyaman.

    MOLLIFIX SPORT BRA FRONT ZIPPER dapat dipakai menjadi sport bra, karena sport bra ini anti guncang. Adanya 3D padding yang terdapat pada sport bra ini membuat payudara terlihat penuh dan bulat. Dan menahan payudara untuk tetap pada tempatnya, walaupun melakukan olahraga berat. 

    MOLLIFIX SPORT BRA FRONT ZIPPER juga memiliki teknologi moisture wicking dimana, saat berkeringat bahan dari sport bra satu ini akan menyerap dalam waktu 1 menit. Rocketers dapat berolahraga tanpa rasa gerah atau gatal, karena biang keringat yang kerap kali tidak terserap dan menyebabkan iritasi.

    mollifix front zipper bra moisture wicking

    Rocketers tidak perlu khawatir jika kehilangan padding yang terdapat pada MOLLIFIX SPORT BRA FRONT ZIPPER, semua produk dari MOLLIFIX ini memiliki fix padding. Bisa dipastikan rocketers tidak akan kehilangan padding saat mencuci, dan padding tidak akan mengempis.

    mollifix front zipper bra

    Fitur lain yang terdapat pada MOLLIFIX SPORT BRA FRONT ZIPPER mempunyai zipper depan, yang memudahkan rocketers untuk mengencangkan dengan cepat. Tidak perlu khawatir akan zipper yang menurun saat berolahraga, dengan adanya extra pengaman yang berupa lapisan dan pengait pada bagian dalam. Rocketers dapat berolahraga dengan aman dan tenang.


    Terlepas dari berat badan ideal yang diimpikan oleh para rocketers, jangan dilupakan untuk menomor satukan kesehatan rocketers ya. Jika mencapai berat badan ideal dengan melakukan diet yang ekstrim, alih alih menjadi sehat justru akan membuat rocketers jatuh sakit dan menurunkan sistem imun. Be grateful for your health, and keep your body healthy in a right way rocketers!

    Comments 6

    Sofia on

    buat aku yang cup D bisa gak ya?

    giah on

    ihh itu beli dmn

    clara on

    makan buah palingg penting yaa

    Niki on

    Ih keren banget ada zipper didepan

    Frisca on

    keren bgt ya skrg bra aja zipper didepan hahaha

    Katty on

    Bra mollifix bikin lbh semangat olahrwgw..nyaman bangett soalnya

    Leave a comment