FREE SHIPPING SE-INDONESIA

Hal yang Harus Kalian Lakukan Ketika Menjadi Solo Traveller

Hal yang Harus Kalian Lakukan Ketika Menjadi Solo Traveller

Travelling adalah salah satu cara untuk healing dari sumpeknya kesibukkan kita di ibukota. Tapi apakah kalian sudah tahu hal apa saja yang harus dilakukan untuk berpergian ke tempat baru sendirian?


Bagi mereka yang belum pernah mencoba sendiri serunya traveling solo, pasti ada perasaan takut dan cemas; rasa takut saat hanya dirimu sendiri yang sudah pasti bisa kamu andalkan di tengah negeri antah-berantah. Itu manusiawi kok, tapi jangan dituruti juga. Jangan sampai ketakutan itu mencegahmu pergi berpetualang.

 

Agar kegiatan travelingmu tetap aman dan nyaman, simak tips berikut ini:

Riset harga penginapan, tiket, dan biaya tak terduga

Lakukan riset terlebih dulu tentang semuanya: harga tiket menuju ke tempat tujuanmu, akomodasi, tarif dan jam operasional transportasi umum di sana, rute dan harga tiket masuk tempat wisata—pokoknya semuanya. Berterimakasihlah pada teknologi internet, karena menelusuri blog-blog traveler untuk menemukan acuan jadi lebih mudah. Kamu juga bisa melemparkan pertanyaan ke forum yang relevan, misalnya ke forum backpacker. Atau, jika kamu punya teman yang pernah mengunjungi destinasi liburanmu, jangan ragu buat bertanya pada mereka.

 

Buatlah anggaran serta rencana perjalanan

Anggaran dan rencana perjalanan adalah panduanmu selama perjalanan berlangsung. Ingat lho, kamu sendirian, jadi gak mungkin kamu tanya, “Habis ini kita ke mana, ya?” Dalam panduanmu itu, pastikan kamu sudah mendetailkan rencana perjalanan dari awal bangun pagi hingga kembali lagi ke penginapan. Rencanakan, mau naik apa untuk pindah dari destinasi wisata yang satu ke destinasi yang lainnya? Berapa uang yang harus disisihkan untuk makan?

Namanya panduan, tentu gak wajib kamu jalani seratus persen. Asyik juga bukan jika kamu menemukan hal seru yang gak terduga selama di jalan, atau diajak orang lokal berkunjung ke rumahnya? Tapi setidaknya, jika sudah punya panduan mau ke mana hari itu, kamu akan selalu punya pilihan mau melangkahkan kaki ke mana setelah satu destinasi wisata habis kamu jelajahi.

 

Belajar cara packing yang sederhana

Sebagai backpacker solo, mau gak mau kamu mesti menenteng semua barangmu sendirian, terutama saat bergerak dari dan menuju tempat menginap maupun berpindah kota. Nah, mempraktekkan untuk membawa beban seringan mungkin ini memang gampang-gampang susah. Seringkali kamu tergoda buat membawa barang-barang yang sebenarnya gak diperlukan, sehingga berakhir dengan bawaan yang kebanyakan.

Beban yang ringan membuat kamu gampang bermanuver dari satu tempat ke tempat lain. Jumlah bawaan memang tergantung dari lamanya perjalananmu, tapi hindari membawa stok pakaian untuk lebih dari seminggu. Toh, bisa kamu cuci, ‘kan? Membawa beban yang ringan juga membuatmu gak terlalu tampak seperti turis yang mudah jadi target penipuan.

 

Usahakan kamu sampai ke kota tujuanmu di siang hari

Dengan sampai di saat hari terang, kerepotan-kerepotan yang kadang gak diperlukan bisa dihindari. Misalnya, kamu gak repot cari angkutan umum untuk menuju tempat kamu menginap. Resepsionis penginapan juga pasti buka, jadi kamu gak perlu terpaksa tidur di stasiun atau terminal. Atau, jika kamu dijemput dan numpang di tempat orang, setidaknya kamu bisa menghindari rasa gak enak seperti bila kamu sampai larut malam atau dini hari.

 

Catat nomor telepon penting dari kota yang kamu kunjungi

Penting banget buat mencatat nomor-nomor telepon penting kota yang kamu singgahi, terutama tempat menginap, polisi dan rumah sakit. Dan jangan cuma dicatat di HP aja, catat juga di secarik kertas. Catat juga nomor telepon orang-orang terdekat lalu simpan di dompet, tas, dan sakumu. Secarik kertas ini bisa sangat berguna jika terjadi sesuatu sama kamu, misalnya tiba-tiba pingsan atau kecelakaan, biar orang yang menolongmu bisa langsung mengabari mereka.

Jadi gimana? Kalian sudah siap untuk backpackeran sendiri di tempat yang baru?

Comments 4

Emma on

pas bgttt lg mau jlan2 gue

mimi on

waa makasih bangett udah sharing kaa

alisha on

i love travelling! Bener banget nih tips2nya

Levinaerg on

udh pernah solo traveling ke eropa timur dan semua udh di checklist kecuali packing sederhana krn to be honest pengen foto cakep ootd gitu jadi yang ini hard pass hahaha

Leave a comment