FREE SHIPPING SE-INDONESIA

5 Makanan yang Mengandung Vitamin D

5 Makanan yang Mengandung Vitamin D

Sudah tidak dipungkiri jika kunci melawan virus adalah daya tahan tubuh yang kuat. Untuk itu, kita perlu mengonsumsi berbagai jenis vitamin yang bisa membantu supaya badan tetap fit dan segar. Nah, salah satu vitamin yang sangat penting dalam menjaga sistem daya tahan tubuh adalah vitamin D. Selain daya tahan tubuh, kita pasti familiar dengan fungsinya dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bahkan, beberapa penelitian juga mengatakan jika vitamin ini dapat mencegah infeksi COVID-19.

Salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur di pagi hari. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Kalau begitu, contoh makanan apa aja sih yang mengandung vitamin D?

1. Ikan Salmon

Selain untuk meningkatkan sistem imun, ternyata konsumsi salmon juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan gangguan pencernaan, lho. Salmon memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi. Pada salmon matang, ternyata dalamnya mengandung 570 IU vitamin D, lho. Kalian dapat mengonsumsi salmon yang diolah dengan cara dipanggang, dijadikan sup, atau dimakan mentah, seperti sashimi.

 

2. Jamur

Bagi kalian yang vegetarian atau tidak makan ikan, jamur bisa menjadi salah satu alternatif makanan yang mengandung vitamin D. Jamur memiliki kandungan antioksidan dan 366 IU vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa jenis jamur yang dapat kamu konsumsi adalah jamur maitake atau jamur shitake. 

3. Kuning Telur

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak digemari dan dikonsumsi. Kandungan vitamin D paling banyak terdapat pada bagian kuningnya.

Namun, kandungan vitamin D di dalam telur berbeda. Hal tersebut tergantung pada paparan sinar matahari dan jumlah vitamin D yang ada di pakan ayam. Jika kamu ingin mendapatkan telur terbaik, kamu bisa memilih telur yang biasanya diberi label "tinggi vitamin D".

 

4. Susu Sapi

Siapa sih yang ga tahu kandungan kalsium dan vitamin D dalam susu? Well, sudah sejak bayi kita diberi susu dengan tujuan pertumbuhan tulang dan gigi yang sempurna. Itulah sebabnya kebanyakan iklan susu di TV mempromosikan susu untuk membantu anak bertambah tinggi.

Secara alami, susu sapi adalah bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi, termasuk kalsium, fosfor, dan riboflavin. Secangkirnya sanggup memenuhi sekitar 15–22% kebutuh vitamin D seseorang.

BACA JUGA: KEBIASAAN SEDERHANA UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN

 

5. Jus Jeruk

How to Make Orange Juice (3 methods) - Alphafoodie

Menurut laporan, terdapat sekitar 68% dari populasi dunia yang mengalami intoleran terhadap laktosa. Karena alasan ini, beberapa orang memilih alternatif jus jeruk sebagai vitamin D dan nutrisi lain, seperti kalsium. Satu cangkir jus jeruk yang telah diolah dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian hingga 12%.


Pokoknya jangan lupa untuk terus jaga kesehatan ya, friends! Bangun pola hidup dan pola makan yang sehat karena kesehatanmu adalah yang terpenting.

Comments 12

Dona on

thank you! bermanfaat banget artikelnya

jojo on

pengen bgt biasain makan sehat tp susahh huf

Serene on

Gatau knp gue ga begitu suka susu

Bbjezzi on

Jus jeruk favorit

Ridho on

Susu kambing etawa tetap paling the best..

Elisa on

Oh jamur juga ada vitamin Dnya…. bisa ni jadi alternatiff lain. Thank you so much infonya!

Fernanda Lauracia on

Baru tahu deh salmon bisa bantu vitamin D .. tapi jangan makan mentah yahh lagi corona gini ..

hh on

baru tau jus jeruk juga bisa haha

mania on

untunggg aku minum susu setiap hari heheh dan kena matahari jugak

asd on

salmone sih debestt

Angelica on

Kirain cuman bisa ngasih vitamin C aja si jus jeruk, ternyata ada kandungan vitamin D juga! :O

Angelica on

Kirain cuman bisa ngasih vitamin C aja si jus jeruk, ternyata ada kandungan vitamin D juga! :O

Leave a comment