Merawat Wajah Pada Masa Kehamilan, Simak 8 Rekomendasi Skincare Yang Aman Untuk Bumil

Merawat Wajah Pada Masa Kehamilan, Simak 8 Rekomendasi Skincare Yang Aman Untuk Bumil

"Beauty is about to be comfortable with your own skin" - Unknown


Muka sehat dan kenyal serta glowing merupakan impian bagi semua wanita, standarisasi kecantikan yang beredar pada masyarakat luas mempengaruhi sifat konsumtif bagi sebagian besar kaum hawa. Berbondong-bondong membeli produk skincare yang dapat merawat, serta memperbaiki kondisi kulit wajah yang dikeluhkan.

skincare

Bagi rocketers yang sedang berada pada masa kehamilan, mungkin ada beberapa larangan akan kandungan ataupun skincare yang digunakan. Karena kandungan tersebut dapat mempengaruhi dan masuk kedalam peredaran darah ataupun tubuh rockets. Sehingga, akan mempengaruhi kondisi janin pada masa kehamilan.

Kandungan Skincare Yang Dilarang

skincare bumil

Untuk mencegah adanya efek samping yang ditimbulkan akibat skincare yang digunakan oleh rocketers. Pinkrocket akan memberitahukan apa saja kandungan pada skincare yang dilarang untuk digunakan oleh rocketers pada masa hamilan.

1. Retinoid

Vitamin A adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk berbagai kesehatan tubuh, seperti:

  • Kesehatan kulit
  • Kekebalan tubuh
  • Reproduksi
  • Kesehatan mata yang optimal

Setelah diaplikasikan atau diserap melalui kulit, tubuh akan mengubahnya menjadi retinol. Beberapa produk perawatan kulit anti aging menggunakan jenis retinol yang disebut retinoid. Bahan ini berfungsi mengatasi jerawat dan mengurangi garis-garis halus.

Biasanya kadar retinoid tinggi diberikan oleh dokter untuk perawatan wajah secara maksimal. Namun, jumlah retinoid yang tinggi dapat menyebabkan bayi lahir cacat sehingga tidak disarankan untuk ibu hamil.

2. Asam Salisilat Dosis Tinggi

Asam salisilat adalah bahan umum untuk mengobati jerawat karena kemampuan anti-inflamasinya, mirip dengan aspirin. Tetapi sebuah studi tahun 2013 menyimpulkan, produk yang memiliki asam salisilat dosis tinggi, seperti obat kulit dan obat-obatan oral, harus dihindari pada masa kehamilan.

3. Hidrokuinon

Hidrokuinon adalah komposisi pada resep dokter untuk mencerahkan kulit atau mengurangi pigmentasi yang terjadi akibat melasma dan kloasma, yang dapat disebabkan kehamilan. Tidak ada hubungan yang terbukti antara cacat bawaan yang parah atau efek samping dan hidrokuinon.

Tetapi karena tubuh dapat menyerap hidrokuinon dalam jumlah yang signifikan dibandingkan dengan bahan lain (25-35%). Sehingga yang terbaik adalah membatasi paparan selama masa kehamilan.


Skincare Yang Diperbolehkan Untuk Ibu Hamil

Walaupun ada beberapa skincare yang tidak dianjurkan untuk digunakna pada masa kehamilan, jangan khawatir, pinkrocket akan memberikan daftar 8 skincare yang sangat rekomendasi untuk digunakan oleh rocketers pada masa kehamilan. Check these out!

1.Eileen Grace Rose Jelly Mask

Eileen Grace Rose Jelly Mask merupakan salah satu masker yang bisa dimasukan pada skincare routine rocketers pada masa kehamilan. Dengan kandungan plant-based hyaluronic acid, bebas alkohol, dan bebas paraben. Membuat masker wajah ini aman digunakan bagi ibu hamil dan menyusui. Bersertifikat SGS Internasional, ECOCERT & GMP Taiwan, dan BPOM, jadi sudah terjamin aman untuk digunakan.

Beli Masker Wajah Moisturize Rose Jelly dan Masker Wajah Deep Cleansing Jelly  dari EILEEN GRACE Indonesia di:

Shopee: https://shopee.co.id/eileengrace.id

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/eileengrace.id

Website: https://www.pinkrocket.co.id

[Selengkapnya melalui: Eileen Grace Indonesia]

Masker bertekstur jelly dengan potongan kelopak mawar asli yang terbuat dari Bulgarian Damask Rose Oil, Non-Animal Stabilized Hyaluronic Acid, Aloe Vera, Centella Asiatica, Honey, Red Algae, L-Ascorbic Acid, dan ekstrak alami lainnya. Tekstur jeli memberikan cooling sensation serta gentle untuk kulit sensitif ini mampu mengatasi jerawat, melembapkan, memudarkan bekas jerawat, mencerahkan, serta menjadikan kulit makin kenyal


2. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Cleanser adalah salah satu skincare untuk ibu hamil dan menyusui yang aman dan lembut untuk kulit. Sebab, sabun pembersih muka ini mampu menjaga keseimbangan pH kulit agar wajah bisa terus terasa lembab dan tidak cepat berminyak.

BACA JUGA: YAKIN SKIN BARRIER KAMU CUKUP BAIK? KENALI KONDISI SKIN BARRIER KAMU YUK!

Sabun Cetaphil juga diformulasikan secara aman untuk ibu hamil pemilik kulit alergi dan sensitif karena tidak mengandung alkohol, parfum, dan pewarna. Menariknya lagi, rocketers tidak akan merasakan sensasi wajah kering seperti tertarik sehabis cuci muka pakai sabun Cetaphil. Skincare untuk ibu hamil ini menggunakan propylene glycol yang justru membuat kulit terasa lembut.

 

3. Bio Oil

Bio Oil merupakan minyak multifungsi yang mudah ditemukan di toko-toko kecantikan manapun. Bio Oil digunakan untuk menghidrasi wajah dan menghilangkan noda-noda hitam hiperpigmentasi akibat bekas jerawat. Selain digunakan untuk wajah, Bio Oil juga dapat membantu mencegah atau menghilangkan stretch mark dan membantu menghilangkan bekas luka di tubuh.

 

4. NIVEA Micellar Pearl White

Skincare untuk ibu hamil ini terbukti aman karena tidak mengandung alkohol yang mengiritasi kulit. Micellar Water ini efektif mengangkat kotoran sebagai first cleanser tanpa membuat kulit kering berkat kandungan glycerin dan kandungan AHA yang ringan berupa citric acid. Produk ini juga mengandung ekstrak mutiara putih yang membantu mencerahkan dan meregenerasi kulit.

Nivea Micellar Water termasuk skincare aman untuk ibu hamil karena juga mengandung sedikit ekstrak licorice yang membantu menenangkan kulit. Secara keseluruhan, produk ini lembut dan aman untuk ibu hamil dan menyusui karena tidak mengandung bahan-bahan yang harus dijauhi.

 

5. Mario Badescu Drying Cream

Kandungan aat-zat yang ampuh untuk menghilangkan jerawat adalah asam salisilat dan benzoil peroksida, yang justru dapat berbahaya jika dipakai secara terus menerus selama masa kehamilan.

Salah satu produk perawatan alternatif paling efektif yang aman digunakan selama kehamilan adalah Mario Badescu Drying Cream. Sebagai perawatan yang digunakan pada malam hari, kandungan sulfur koloid pada produk ini dapat menghilangkan jerawat dan mengeringkannya dengan cepat.

Meski tergolong aman untuk ibu hamil, sayangnya Mario Badescu Drying Cream ini memiliki bau yang menyengat sehingga kurang nyaman digunakan, jika hidung sensitif selama kehamilan.

 

6. Safi Age Defy 

Safi Age Defy memiliki dua jenis rangkaian, yaitu krim siang dan krim malam. Krim siangnya mengandung SPF 25 PA++ yang bekerja sebagai sunscreen agar kulit terlindung dari paparan sinar UV A dan UV B. Sunscreen dalam krim siang Safi aman untuk ibu hamil karena memakai titanium dioxide.

Selain itu, krim wajah Safi juga menggunakan glycerin sebagai bahan pelembab, carnosine untuk menyamarkan kerutan, dan niacinamide untuk mengurangi risiko jerawat serta mencerahkan kulit.

Ditambah lagi, produk ini juga mengandung betaine (asam amino yang bagus untuk melembapkan kulit sehingga terasa lebih lembut) dan Ascorbyl Tetraisopalmitate, jenis vitamin C yang aman untuk ibu hamil. 

Kandungan vitamin C-nya mampu membantu mencerahkan kulit atau ingin menyamarkan flek hitam. Akan tetapi, baik krim pagi dan krim malam Safi menggunakan pewangi yang mampu meningkatkan risiko iritasi bila kulitmu sensitif. Selain itu, rocketers juga masih perlu memakai sunscreen tambahan setelah menggunakan krim pagi Safi karena kadar proteksinya cukup rendah.

 

7. Sensatia Botanicals

Sensatia Botanicals adalah bran lokal yang berasal dari Bali. Saat ini semakin banyak produk skincare lokal yang kualitasnya bisa bersaing dengan produk skincare produksi luar negeri. Salah satu yang aman digunakan untuk ibu hamil adalah Sensatia Botanicals Rejuvenating Pomegranate Cleansing Oil.

BACA JUGA : YUK, KENALI JENIS JERAWAT KAMU DAN CARA MENGATASINYA

Sesuai namanya, produk pembersih yang satu ini mengandung delima yang kaya vitamin E. Sudah sejak lama vitamin E terbukti mampu menjaga kesehatan kulit.

Produk skincare ini mengandung bahan-bahan alami, produk tidak di test pada binatang, tidak mengandung paraben dan phthalates, dan telah memiliki sertifikasi halal dari MUI. Sebelum membeli produk Sensatia Botanicals, Mama sebaiknya memastikan ada logo pregnancy safe di kemasannya.

 

8. The Body Shop Seaweed Oil Control Lotion

Skincare untuk ibu hamil ini mengandung ekstrak rumput laut yang bermanfaat untuk menjaga hidrasi kulit. Selain itu, pelembab ini membantu mengontrol kadar minyak pada kulit wajah. Lotion The Body Shop ini juga mengandung sunscreen dengan SPF 15. Namun karena SPF-nya kecil, sebaiknya rocketers tetap gunakan sunscreen tambahan untuk perlindungan maksimal dari sinar matahari.

(source: orami.co.idpopmama.comsehatq.com)


Masa kehamilan memang menjadi salah satu kondisi yang cukup rentan dan harus dijaga. Dimana kesehatan rocketers pun juga mempengaruhi perkembangan pada janin yang dikandung. Selain menjaga kesehatan, asupan dan tidur yang cukup juga harus rocketers perhatikan untuk mempunyai kondisi yang fit selama masa kehamilan.

Comments 0

Leave a comment