FREE SHIPPING SE-INDONESIA

Berbagai Istilah di Dunia Skin Care yang Kamu Harus Tahu

Berbagai Istilah di Dunia Skin Care yang Kamu Harus Tahu!

Mungkin sebagain besar dari kita memang menggunakan skincare secara rutin. Akan tetapi apakah istilah-istilahnya udah dipahami sebelum membeli dan menggunakan skincare tersebut? Yuk, baca istilah-istilah skincare dibawah jadi pengetahuan kamu bertambah dan ga salah membeli dan memakai skincare.


Istilah Skincare Yang Perlu Kamu Tahu:

Essence

Adalah serum berkonsentrat rendah bertujuan untuk mengatasi berbagai masalah kulit sekaligus mempersiapkan kulit untuk menerima produk skincare selanjutnya. Essence biasanya berbentuk cair, namun ada juga yang kental, bahkan mirip gel.


Ampoule

Mengandung bahan yang berkonsentrat tinggi yang difokuskan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Tekstur dari Ampoule beragam, ada yang ringan dan ada juga yang kental.


Hydrating

Berfungsi untuk meningkatkan kandungan air di dalam kulit. Produk-produk yang memiiki sifat hydrating, biasanya mengandung Water Based yang lebih cair. Contoh kandungan yang bersifat hydrating seperti Aloe Vera / Hyaluronic Acid.


Moisturizing

Artinya formula yang dapat mengunci permukaan kulit untuk mencegah kehilangan kelembapan kulit. Ini bisa karena kandungan minyak atau Petrolatum di dalam moisturizer yang menghambat terjadinya penguapan air pada permukaan kulit. Pada dasarnya, moisturizer berfungsi untuk mencegah kehilangan kelembapan, bukan menambah kelembapan kulit. Contoh kandungan yang bersifat moisturizing seperti Ceramide.

BACA JUGA : JOVI ADHIGUNA: MASKERNYA GAK HABIS HABISS


Dewy

Merupakan kondisi wajah yang lembap, halus, dan lembut tapi tidak memberi terkesan berminyak.


Redness

Adalah istilah yang dipakai saat area kulit tertentu memiliki warna kemerahan yang kurang ideal. Kondisi ini lebih sering terjadi pada kulit terang akibat terbakar sinar matahari atau iritasi dari efek samping produk kurang cocok.


Hyperpigmentation 

Adalah kondisi kulit muncul bintik atau bercak kecokelatan karena produksi melanin berlebih. Contohnya freckles, bekas jerawat, dan luka. Terkadang hyperpigmentation menjadi gelap karena terpapar sinar matahari secara terus menerus. Selain itu, faktor keturunan pun menjadi penentu hal ini. Biasanya muncul pada area wajah, leher, tangan, atau kaki.


Exfoliation / eksfoliasi 

Adalah pengelupasan kulit dengan media tertentu. Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati untuk memberi efek halus dan lembut.


Milia 

Dalam istilah kedokteran lebih dikenal dengan sebutan Kista Milium. Tampilannya berbentuk bintik kecil putih yang mirip jerawat nasi. Milia biasanya muncul secara berkelompok pada area kulit sekitar hidung, mata, dahi, kelopak mata, dan pipi.

Penyebab timbulnya Milia :

  1. Akibat Protein bernama Keratin yang terperangkap di dalam kelenjar Pilosebasea yang terdapat pada lapisan dermis kulit.
  2. Bisa disebabkan karena terlalu sering terpapar sinar matahari, sehingga kelenjar Pilosebasea mengalami gangguan dan memicu timbulnya Milia.
  3. Jarang eksfoliasi kulit mati.

Whitecast 

Adalah warna putih nyaris keabuan yang tampak pada kulit. Umumnya, efek ini terjadi setelah menggunakan Sunscreen atau produk skin care lain yang di dalamnya terdapat kandungan SPF.


SPF (Sun Protection Factor) 

Menandakan tingkat perlindungan terehadap sinar UVB penyebab kulit gelap dan terbakar. Ahli Dermatolog merekomendasikan penggunaan Sunscreen setidaknya SPF 30, yang bisa menghalangi 97% UVB.


PA (Protection Guide of UVA) 

Adalah kadar perlindungan dari sinar UVA penyebab penuaan dini dan resiko kanker kulit. PA biasanya diikuti dengan simbol plus (+) untuk menunjukkan tingkat proteksinya. Makin banyak simbol plus, maka makin tinggi tingkat proteksinya.


UVA alias Ultra Violet A 

Merupakan sinar radiasi dengan gelombang panjang yang dipancarkan matahari yang menyebabkan penuaan dini, meningkatkan resiko kanker kulit (dalam paparan jangka panjang). Dalam produk kecantikan, tingkat perlindungan terhadap UVA ditandai dengan PA (Protection Grade of UVA).


UVB alias Ultra Violet B

Merupakan sinar radiasi dengan gelombang pendek yang dipancarkan matahari yang berpotensi membakar kulit dan meningkatkan pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menggelap. Dalam produk kecantikan, tingkat perlindungan terhadap UVB ditandai dengan SPF (Sun Protection Factor).


Blackhead 

Timbul karena minyak berlebih, sel kulit mati, hingga kotoran yang menumpuk dan menyumbat pori-pori. Blackhead terjadi dipermukaan pori-pori yang terbuka. Karena lubang pori-pori yang besar dan masih terkena udara, kotoran ini kemudian teroksidasi. Proses oksidasi ini menyebabkan campuran minyak + sel kulit mati + kotoran ini menjadi kehitaman.


Whitehead 

Secara proses terbentuknya sama dengan Blackhead, namun yang menjadikannya berbeda adalah besarnya pori - porinya. Pada komedo putih, minyak berlebih dan sel kulit mati masuk ke dalam pori - pori yang terbuka. Karena lubang pori - porinya terlalu kecil, campuran minyak dan sel kulit mati yang tersumbat tidak teroksidasi. 


Acne Prone 

Bukan berarti kulitnya berjerawat setiap saat. Tetapi tipe kulitnya sangat mudah berjerawat. Ada beberapa faktor yang mendasar hal tersebut. Di antaranya, hormon, stres, perubahan suhu, lingkungan, dan gaya hidup.


Purging

Adalah tanda dari proses percepatan regenerasi kulit yang umumnya terjadi setelah mencoba produk skincare baru. Purging ditandai dengan munculnya jerawat kecil-kecil yang umumnya hanya berlangsung sementara.


Breakout

Ditandai dengan munculnya jerawat yang tak hilang dalam kurun waktu  lama, bahkan bisa jadi makin parah setelahnya. Breakout sendiri merupakan reaksi penolakan akibat ketidakcocokan kulit terhadap kandungan dalam suatu produk. Bisa juga terjadi karena over exfoliating / penggunaan produk skincare yang kurang tepat.

Comment 1

Lisa on

Ampoule is my life changer!

Leave a comment