Bahaya Pinggul Bayi Rawan Cidera Jika Salah Merawat!

Bahaya Pinggul Bayi Rawan Cidera Jika Salah Merawat!

Apakah cara kita menggendong bayi sudah benar? Hati-hati jika salah menggendong bayi ada bahaya yang bisa menimpa bayi kita! Kenali cara tepat untuk menghindari bahaya tersebut.


Cara meggendong bayi untuk hindari Hip Dysplasia

menggendong bayi yang baik dan benar agar dekat

Banyak dari ibu muda yang kurang memahami cara merawat bayi dengan benar terlebih bayi yang dilahirkan adalah anak pertama. Padahal bayi yang baru lahir memiliki kondisi tubuh yang sangat sensitif sebab semua tulang penyusunnya masih sangat rawan. Salah satu hal yang sering di anggap remeh adalah cara menggendong si kecil.

Dalam menggendong bayi kita membutuhkan beberapa teknik khusus agar tubuh bayi tidak mengalami cidera seperti keseleo atau yang paling parah mengalami Hip dysplasia. Apa sih Hip dysplasia itu? Hip dysplasia merupakan sebuah kondisi di mana formasi panggul bayi yang keluar dari persendiannya. Dan sayangnya banyak sekali orangtua yang telat menyadari salah satu penyebab Hip dysplasia. Oleh sebab itu kenali cara menggendong bayi sejak dini dan lakukan beberapa cara berikut.

Hindari membedong secara berlebihan

ilustrasi bahaya jangan membedong bayi berlebihan

Posisi membedong dapat berakibat pada terbentuknya hip dysplasia. Sebab tulang balita masih sangat lunak serta gampang beralih jadi bila membedong dengan memaksakan meluruskan kaki balita hal ini bisa berefek pada semakin besarnya terbentuknya hip dysplasia.

Perihal ini dibuktikan dengan studi dibeberapa negara yang mempunyai budaya membedong kaki anak lurus serta rapat, apalagi memakai papan, jumlah anak terserang hip dysplasia lebih besar dibanding di negara yang tidak mempunyai budaya membedong.

Penggunaan car seat yang tepat

cara menggunakan car seat untuk bayi agar nyaman dan aman

Untuk sebagian orang akan lebih mudah bila menggunakan car seat saat berpergian menggunakan mobil sebab kita dapat lebih leluasa melakukan aktivitas tanpa harus menggendong bayi tapi apakah kita sudah tepat memilih car seat untuk sang buah hati? Car seat yang terlalu menekan kedua kaki bayi sangat tidak direkomendasikan sebab hal ini menyebabkan kaki bayi akan terjepit dan tulang pinggul bayi yang masih lunak bisa tergeser. Hal yang harus dilakukan adalah memilih car seat yang memiliki posisi tempat duduk lebih lebar agar kaki bayi tidak terjepit lurus melainkan bisa terbuka lebar membentuk huruf U.

BACA JUGA : CARA MENCUCI BRA YANG BENAR AGAR TIDAK MUDAH RUSAK

Posisi Gendong

posisi gendong u shape m shape mana yang baik

Terdapat beberapa versi dalam menggendong bayi yang baik dan bisa menghindari bayi dari cidera, berikut beberapa posisi yang disaranka:

· Gendongan duduk menghadap ibu

gendon bayi menghadap langsung ke ibu

Salah satu kelebihan dari posisi gendongan duduk bayi ini ialah membuat orangtua serta bayi rileks. Tetapi kita tetap harus mencermati posisi kaki serta leher.

Kaki yang tertekuk dengan tidak pas dapat memunculkan perpindahan tulang pinggul pada bayi. Keadaan ini akan memunculkan rasa yang tidak nyaman buat si bayi. Oleh sebab itu kita wajib mengecek posisi bayi jangan dalam keadaan tertekuk yang malah membuatnya tidak nyaman.

· Posisi di pinggang

menggendong bayi di pinggang ibu dengan sling atau bedong bayi

Posisi gendongan duduk bayi bisa juga di bagian samping. Umumnya posisi ini mengenakan tipe gendongan kain. Kaki balita dapat melingkar pada bagian samping perut ibu.

Pelu diingat juga sang anak harus sudah bisa menopang kepala serta leher. Biasanya dengan posisi ini, sang anak sering bergerak- gerak. Bila tidak ada sokongan dengan kuat hal ini dapat membahayakan anak. Posisi ini sebenarnya agak berisiko sebab hanya bertumpu pada satu bagian pundak saja.

MAMAWAY mempunyai solusi yang tepat bagi moms yang ingin memastikan tidak ada kesalahan dalam cara menggendong dan mencegah ter jadinya kelainan ataupun kondisi yang tidak diinginkan pada sang buah hati.

MAMAWAY RING SLING terbuat dari bahan yang breathable sehingga dijamin tidak menyebabkan iritasi dan panas terhadap kulit sang buah hati. Dilengkapi dengan ring yang kuat mampu menahan beban seberat 75 kg. Ring tersebut sudah teruji dan digunakan pada parasut militer, jadi moms bisa terjamin kemananan dan kenyamanan RING SLING bagi sang buah hati.

Selain itu MAMAWAY RING SLING mempunyai sertifikat dari hip dypsplasia, sehinga moms dapat mencegah terjadinya kelainan tersebut. Dan bisa dipastikan dengan menggunakan MAMAWAY RING SLING posisi menggondong pada sang buah hati tepat dan aman.

· Posisi Menghadap Depan

guna cium dan menghadapkan bayi ke arah depan agar nyaman di genggaman ayah

Posisi gendongan duduk bayi menghadap depan. Sebelum menggunakan posisi ini pastikan si bayi duduk dengan tegak. Karena posisi ini tidak bisa dipakai untuk anak yang masih belum bisa menopang leher dan kepalanya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memakai posisi ini. Salah satunya adalah memastikan bahwa jangan terlalu lama membiarkan anak menghadap ke depan. Jika terlalu lama berada diposisi ini, anak bisa mengalami overstimulus. Bayi jadi malah makin rewel karena terlalu banyak interaksi yang dilakukan.

Dari ketiga posisi menggendong bayi tersebut, disarankan juga ibu menggunakan alat gendong yang proper dan memang dirancang khusus untuk bisa menopang bayi dengan aman. Salah satu alat gendong yang aman adalah gendongan bayi dari Mamaway sebab gendongan Mamaway memiliki ring berbahan 100% Nylon 6.6 ultra strong, biasa digunakan pada parasut penerbang, sehingga bisa mengatasi pegal, bahan 100% Premium Cotton yang super halus, teruji mampu menahan berat hingga 75 kg, bahan ultra breathable untuk menjaga kulit bayi dari iritasi, mendukung pertumbuhan tulang pinggul dan kaki buah hati⁠, tersertifikasi IHDI, dapat digunakan untuk menggendong newborn baby maupun balita, mudah digunakan siapa saja.


Yuk moms, untuk segera mungkin tidak salah bertindak ketika memiliki bayi agar bisa terhindar dari bahaya yang dapat membahayakan bayi kita yang baru lahir.

Comments 10

Reani on

Wah makasih infonya

alisha on

mantappp

imeldha on

makasih infonya!!

Angelina on

Wah pengen banget

Prita on

thank u artikelnya bermanfaat sekali

Manda on

enak banget pake nya, ga bikin iritas kayak merk lainnya

joana888 on

diantara semua, posisi gendong ngadep depan selalu paling bikin pegel gatau kenapa haha

Raras on

emg sih carseat itu harus aman bgt buat bayik! hati2 loh sumpah banyak bgt kejadian yg kalian gak mau dah terjadi

Yusuf on

bahannya bagus dan berkualitas, serta nyaman digunakan juga.

Edna on

anak tetangga kaya gini .. jalan jadi miring2 kasiann .. baru tau bisa begini gara2 cara gendongnya salah … infonya top min thx

Leave a comment