New Year, New You. Saatnya Untuk Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kamu Menuju Tahun Yang Baru

New Year, New You. Saatnya Untuk Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kamu Menuju Tahun Yang Baru

“You will never gain anyone’s approval by begging for it. When you stand confident in your own worth, respect follows.”  - Mandy Hale


Pengertian Percaya Diri

percaya diri

Percaya Diri merupakan suatu kondisi psikis yang ada pada manusia yang dimana kita dapat merasa mampu dan bisa untuk melakukan, menyelesaikan, mengatakan suatu hal. Percaya diri merupakan hal yang cukup  berdampak pada segala sesuatu yang ada pada diri individu tersebut. Mengapa rasa percaya diri menjadi suatu hal yang cukup penting untuk dimiliki oleh manusia, agar menjadi pribadi yang mampu membawa diri dengan baik dalam menghadapi segala situasi yang ada dalam hidup. Sehinga kita mampu menyelesaikan permasalahan demi permasalahan yang datang dengan baik. Tidak hanya berguna untuk menghadapi permasalahan dalam hidup, tetapi rasa percaya diri juga penting peranannya dalam kegiatan yang dikerjakan pada rutinitas sehari-hari. Seperti bekerja, sekolah, kuliah, presentasi, bahkan berjalan. Secara otomatis dapat terlihat dari bahasa tubuh yang ditampilkan jika kita sedang berada dalam situasi dan kondisi tertentu. 

 

Penyebab Berkurangnya Rasa Percaya Diri

 minder

Berkembang dan bertumbuhnya kita sebagai manusia juga tidak lepas dari beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kita menjadi seseorang, dengan sifat, watak, dan kebiasaan yang jelas berbeda dengan orang-orang disekitar kita. Perbedaan latar belakang, masa lalu, dan lingkungan yang membentuk kita sebagai pribadi seperti diri kita sekarang. Hal hal yang telah disebutkan menjadi beberapa hal yang dapat mempengaruhi rasa percaya diri yang ada pada diri kita.

Rasa percaya diri yang dimiliki tidak semerta-merta datang atau ada sedari kita lahir. Tetapi  rasa percaya diri yang kita miliki terbentuk dari pengalaman demi pengalaman hidup seiring bertumbuh dan berkembangnya kita hingga sekarang.

Sering kita dengar beberapa orang mengalami kondisi rasa percaya diri yang cukup besar, atau bahkan tidak sedikit juga yang memiliki kondisi rasa percaya dirinya cukup sedikit. Untuk orang orang yang memiliki rasa percaya diri yang berkurang, pernahkah kalian berfikir kira-kira apa yang mempengaruhi ataupun hal yang menjadi penyebab berkurangnya rasa percaya diri yang semakin lama semakin menurun, bahkan kita tidak sadari seiring berjalannya waktu kita hampir tidak sadar bahwa rasa percaya diri yang dimiliki kini sudah sangat sangat berkurang dibandingkan dengan kita yang sebelumnya. Untuk rocketers yang belum mengetahui hal apa saja yang bisa jadi menurunkan rasa percaya diri kita, mari simak penjelasan berikut ini.

  • Kondisi Keluarga

keluarga

Seperti yang sudah disebutkan, kondisi keluarga yang dimiliki cukup mengambil andil yang besar dibandingkan dengan faktor lainnya. Karena seiring kita bertumbuh dan tinggal bersama dengan keluarga, jika rasa percaya diri kita tidak dibina dari dalam keluarga kita maka secara tidak langsung akan mempengaruhi pembentukan kepribadian kita, serta  rasa percaya diri.

Tidak sedikit hal yang sering terjadi pada keluarga yang kerap kali menurunkan rasa percaya diri adalah membandingkan kondisi, prestasi, bentuk tubuh dll dengan orang lain. Secara garis besar dengan membandingkan, kondisi psikis anak akan terdoktrin seakan-akan ia tidak mampu melakukan hal-hal yang dipercayakan kepadanya. Sehingga rasa percaya diri pun akan menurun secara drastis, dan dapat membentuk karakter anak sebagai seorang introvert.

  • Fisik

fisik

Pada dasarnya, tidak ada kondisi fisik yang sempurna yang dimiliki oleh seseorang, tetapi dalam beberapa kasus ada beberapa orang yang memiliki kondisi fisik mendekati sempurna. Kondisi fisik yang mendekati sempurna bisa menambah rasa percaya diri.

Kondisi fisik yang dimaksud yakni wajah (ganteng atau cantik), tinggi badan (normal atau di bawah normal), berat badan (kurus, atau gemuk), dan bentuk tubuh yang ideal.

Sementara itu, jika seseorang mempunyai kondisi fisik yang kurang ideal maka akan muncul rasa malu atau minder bahkan rasa takut dalam melakukan interaksi sosial. Dan tanggapan serta paradigma orang-oRAng sekitar mampu membuat mental atau rasa percaya diri semakin menurun.

  • Finansial

finansial

Kondisi finansial yang dimiliki tidak lagi menjadi rahasia yang dapat mempengaruhi berkurangnya rasa percaya diri seseorang, terlebih lagi dengan paradigma di beberapa kalangan tertentu yang ‘mengharuskan’ seseorang untuk bisa masuk kepada lingkungan yang dianggap mampu untuk meningkatkan rasa ‘percaya diri’. Justru menjadi penyebab berkurangnya rasa percaya diri yang dimiliki. Tanggapan serta penilaian orang sekitar yang mampu mempengaruhi rasa percaya diri yang dimiliki. Terlebih lagi jika lingkungan dimana kita berada tersebut, menilai kita berdasarkan keadaan finansial yang kita punya.

  • Pendidikan

pendidikan

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya untuk bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi karena mereka (orang tua) beranggapan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan seorang anak maka anak itu lebih dipandang dan dihargai oleh orang lain.

Apalagi jika kedua orang tua mempunyai tingkat pendidikan yang tinggi juga maka mereka akan berusaha dan bekerja keras semaksimal mungkin agar anaknya mampu menyelesaikan tingkat pendidikan yang tinggi bahkan diharapkan untuk memiliki pendidikan yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang tuanya.

Setelah menyelesaikan setiap tingkat pendidikan tinggi maka seseorang akan diberikan gelar. Adanya gelar yang disematkan pada seseorang maka rasa percaya diri pada orang tersebut akan bertambah. Bertambahnya rasa percaya diri akan memengaruhi kehidupannya di kemudian hari.

Adanya ‘standarisasi’ oleh masyarakat dengan pendidikan yang minimal sarjana, skementara kondisi pada kenyataannya tidak semua orang mampu mengenyam dan memiliki kesempatan yang terbuka lebar untuk mencicipi jenjang pendidikan sarjana.

Adapun untuk orang yang memiliki gelar sarjana pun mampu merasa kurang percaya diri karena, tidak sedikit setelah menerima gelar sarjana dan lulus dari kuliah belum mendapatkan pekerjaan. Dimana banyaknya orang yang akan mencibir serta rasa yang cukup menurunkan percaya diri kita. 

  • Trauma

trauma

Setiap orang mempunyai masa lalu ataupun pernah mengalami kejadian yang mungkin tidak cukup berkesan dan tidak cukup baik untuk dikenang/diingat. Kata lain kejadian tersebut merupakan trauma bagi seseorang itu. Adanya trauma yang dimiliki oleh seseorang berdampak pada menurunnya rasa percaya diri yang bisa jadi pada awalnya baik-baik saja, tetapi setelah mengalami hal yang bisa dibilang tidak mengenakan, membuat orang tersebut kesulitan untuk memiliki keberanian atau bahkan kemampuan untuk berbicara agar mengutarakan keinginan dan hal lainnya yang difikirkan. Merasa tidak pantas untuk bersuara, hal ini juga bisa menyebabkan depresi ataupun tertekan untuk jangka waktu yang lama.

  • Social Media

sosial media

Pada jaman sekarang, rasanya tidak mungkin orang tidak mempunyai sosial media. Perkembangan dan kemajuan teknologi tidak bsia dipungkiri, telah mengambil ahli hampir semua sektor yang ada. Spsoal Media pun menjadi salah satu platform diaman orang-orang mampu berkreasi dan mengembangkan diri dalam berbagai hal secara global. 

Tertelpas dampak posiitif yang dimiliki, ada juga dampak negatif yang turut serta dalam pengaplikasian sosial media pada kehidupan sehari-hari. Nyatanya sosial media menjadi tempat ajang 'unjuk gigi' akan harta dan kehidupan yang untuk sebagian besar orang mempengaruhi sisi psikis serta perununan rasa percaya diri. Dengan adanya rasa iri serta dengki setelah melihat update -an ataupun story pada sosial media, jika kita tidak waspada dan megnendalikan pikiran negatif, akan menjerumuskan kepada halyang tidak baik.

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Jika rocketers mengethui penyebab menurunnya percaya diri yang dimiliki, pinkrocket mempunyai beberapa tips untuk meningkatkan rasa percaya diri, diantaranya:

1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

pola hidup sehat

Untuk meningkatkan rasa percaya diri, hal yang harus diperhatikan adalah kesehatan tubuh rocketers. maka dari itu untuk  mendapatkan rasa percaya diri salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah menerapkan pola hidup yang sehat, pola hidup yang sehat meliputi menjaga mkaanan yang di konsumsi agar memperbanyak buah dan sayur serta minum air putih yang cukup, serta berolahraga.

BACA JUGA : OMICRON MEMASUKI INDONESIA, APA SAJA YANG HARUS DIANTISIPASI?

Berolahraga dapat meningkatkan hormon endorphine yang secara otomatis terproduksi jika kita melakukan olahraga. Hormon endorphine inimerupakan salahs atu homron bahagia yang sering kita dengar dibandingkan dengan 3 hormon bahagia lainnya.

Selain membuat kita bahagia, berolahraga juga dapat meningkatkan rasa percaya diri kita. Karena dengan secara tidak langsung berolahraga dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat serta membakar lemak pada tubuh. Sehingga tubuh kita jauh lebih kurus, penampilan fisik yang menjadi lebih baik dapat meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi juga rocketers. 

Selagi berolahraga, rokceters juga harus emnggunakan sportswear yang tepat untuk memaksimalkan olahraga yang dilakukan. MOLLIFIX merupakan brand sportswear yang kece bisa membuat rokceters tampil kece sembari mendapatkan tubuh yang ideal.

MOLLIFIX mempunyai teknologi moisture wicking yang mampu menyerap cairan dalam waktu 1 menit. Serta design yang mampu membuat penampilan rocketers makin apik danc antik. LEGGING MOLLIFIX mampu membuat kaki rocketers terlihat lebih jenjang, dan mampu menutupi lemak pada area perut rokceters. Bahan yang breathable juga dapat mmebuat rocketers merasa nyaman sehingga tidak sesak.

BRA MOLLIFIX juga membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri rocketers, adanya 3D padding pada BRA MOLLIFIX membuat payudara rocketers terlihat lebih bulat dan penuh. Dan fix padding yang dapat bertahan sealam 10 tahun, mambuat BRA MOLLIFIX ini menjadi investasi yang worth to buy. 

2. Berfikiran Positif

pikiran positif

Rasa percaya diri yang kurang, dipengaruhi dengan cara berpikir yang negatif. Maka dari itu, mempunyai pikiran yang positif mampu mempengaruhi rasa percaya diri yang dimiliki. Semua bermula dari pikiran, jika rocketers mempunyai pikiran yang mampu membangun diri rocketers. Maka secara tidak langsung, akan mendorong diri rocketers untuk lebih menghargai diri rokceters sendiri untuk melakukan sesuatu lebih percaya diri.

3. Berkumpul Dengan Orang-Orang Yang Suportif

supportif

Rasa percaya diri juga timbul dari pergaulan ataupun orang-orang yang supportif. Dengan adanya orang-orang yang mampu membangun ataupun supportif disekitar rocketers, dapat meningkatkan ras apercaya diri karena mereka akan reflek mendukung aktivitas yang rocketers lakukan. Selama hal itu berdampak, ataupun membawa rocketers menuju diri rocketers yang jauh lebih baik. Serta dengan lingkungan yang supportif juga, rocketers akan lebih merasa dihargai disetiap hal yagng dilakukan.

BACA JUGA : SUSAH MENURUNKAN BERAT BADAN? BISA JADI 5 HAL INI MENJADI PENYEBABNYA

4. Mencoba Afirmasi Diri

affirmasi

Pernah mendengar kata afirmasi? Jika rokceters memperhatikan atau sering membaca buku yang berkaitan dengan self-love pasti sudah tidak asing dengan kata-kata tersebut. Salah satu upaya untuk meningkatkan rasa percaya diri rocketers adalah afirmasi diri. Yang harus rocketers lakukan adalah berkata kepada diri rocketers sendiri, sembari menghadap cermin. Dan perkatakan hal-hal baik, contohnya : "aku bisa, aku mampu, aku berani, dll"

5. Menulis Jurnal

menulis jurnal

Cara yang cukup mudah untuk meningkatkan rasa percaya diri rocketers adalah menulis jurnal. Hampir mirip dengan menulis diari, tetapi menulis jurnal lebih cenderung mengungkapkan isi pikiran yang rocketers pikiran pada saat itu. Jadi, dengan menulis jurnal rocketers dapat mengenal diri rocketers sendiri. Dengan begitu, rocketers mampu memaksimalkan potensi yang ada, serta lebih merasa percaya diri ketika melakukannya.

6. Menjadi Berani

berani

Ketika rocketers telah mengetahui kelemahan dan kelebihan diri sendiri, rocketers bisa memulai secara perlahan untuk menjadi berani dalam berbagai hal. Seperti mengutarakan pendapat, melakukan hal yang diinginkan tanpa takut dinilai buruk oleh orang lain.

(source: qubisa.com, qubisa.com, gramedia.com)


Menuju pergantian tahun, rocketers tentunya sudah mempunyai resolusi yang baru untuk menjadi diri rocketers yang lebih baik dibandingkan dari tahun sebelumnya. Keep it up for becoming the new you in the new year, rocketers! Happy holiday!

Comments 10

Erin on

Semoga bisa lebih pd dari sebelumnya deh🥲

din on

semangat semua

mayday on

semoga taun depan bisa ngegym!!

Angeel on

semoga 2022 bisa beli rumah HAHAH AMIN LOL

Dev on

Still learning to love myself❤️

Ren on

Welcome 2022

jenni on

masih belajar buat PD :(

aceng on

god bless us

Ridho on

Keren

rere on

excited for new year!!

Leave a comment