FREE SHIPPING SE-INDONESIA

6 Gerakan Olahraga HIIT, Yang Ampuh Untuk Turunkan Berat Badan

6 Gerakan Olahraga HIIT, Yang Ampuh Untuk Turunkan Berat Badan

Keterbatasan waktu dan tempat, tidak memampukan kita untuk berolahraga diluar rumah ataupun pergi ke tempat gym. Dengan adanya penutupan ruang publik yang diterapkan oleh pemerintah, demi pencegahan penularan COVID-19. Walaupun kondisi penderita covid semakin hari semakin menurun. Bukan berarti kita menjadi masa bodo dan teledor dengan keadaan yang berangsur baik. 

Seiring waktu, secara perlahan ruangan publik dibuka untuk umum. Walaupun diterapkan beberapa aturan seperti sertifikat vaksin, pembatasan waktu kunjungan serta massa dalam suatu ruangan publik terbuka maupun tertutup. 

gym olahraga

Musim pandemi ini membuat kita semakin aware untuk memperhatikan kesehatan. Setiap makanan, vitamin hingga olahraga kini semakin marak di kalangan masyarakat untuk mengantisipasi kondisi kesehatan pada musim pandemi ini. 

Antisipasi yang dapat dilakukan oleh rocketers untuk menjaga kondisi tubuh diantaranya:

  • Memakan buah dan sayur.
  • Menjaga kebersihan diri.
  • Selalu memakai masker dan menjaga jarak jika pergi keluar rumah.
  • Dan tidak kalah pentingnya, berolahraga.

 

BACA JUGA: POSE YOGA YANG BISA DILAKUKAN OLEH PEMULA

Untuk para rocketers yang masih bingung, kira kira olahraga apa yang bisa di lakukan dirumah demi menjaga kondisi diri yang fit dan dengan stamina yang baik.

Pinkrocket punya salah satu olahraga yang recommend untuk para rocketers, nih! Namanya HIIT. Pasti rocketers pada tau dong olahraga yang lagi hits di social media ini. Bagi yang ga tau HIIT itu apa, jangan khawatir! Kali ini pinkrocket akan bahas beberapa hal seputar olahraga HIIT. Jadi, make sure para rocketers stay tuned ya!

HIIT

HIIT itu apa sih? HIIT merupakan singkatan dari High Intensity Interval Training. Karena olahraga ini high intensity, olahraga ini sangat dianjurkan untuk dilakukan. Apa lagi dengan kondisi pandemi seperti ini. Olahraga HIIT ini termasuk dalam kategori olahraga kardio. Jadi, bisa banget untuk melatih kesehatan jantung. Selain itu, banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari olahraga ini rocketers. Beberapa diantaranya : 

  • Menguatkan otot.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Mengurangi berat badan. 
  • Mengurangi tingkat stres.
  • Membakar kalori. 
  • Menurunkan tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, olahraga ini baik untuk rocketers yang mengalami obesitas atau memiliki tekanan darah tinggi. (source : alodokter.com)

Dan hal yang menarik lagi, olahraga ini sangat membantu untuk para rocketers yang tidak mempunyai waktu yang cukup untuk berolahraga dan berfokus pada pembakaran kalori. Karena, rata-rata gerakan yang dilakukan hanya membutuhkan frekuensi waktu yang cukup terbilang sebentar, gerakan-gerakan yang dilakukan berkisar antara 10 - 30 menit. 

Dilansir dari hallosehat.com pembakaran kalori akan terus bekerja berjam jam bahkan setelah berolahraga, jika HIIT dilakukan secara rutin. Karena, olahraga HIIT dapat mempengaruhi fungsi metabolisme tubuh dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, banyak orang yang melakukan dan merekomendasikan olahraga ini. Dan menjadi salah satu alternatif, yang dapat dilakukan di rumah dan tidak membutuhkan space yang luas.

Nah, rocketers sudah tau kan. Hal hal mendasar seputar olahraga HIIT, cukup menarik kan rocketers?

Seperti apa sih gerakan-gerakan yang terdapat pada olahraga HIIT yang mampu membakar kalori dalam waktu singkat? Pinkrocket akan kasih tau gerakan HIIT apa saja yang rocketers bisa lakukan.



1. Jump Squats

squats olahraga

Jump squats adalah perpaduan squat dengan lompatan yang bisa bikin cepat berkeringat. Caranya, berdiri dengan kaki selebar bahu lalu tekuk lutut dan bawa turun pinggul ke bawah dengan menjaga badan tetap tegak. Dari bawah, lompat sedikit ke atas lalu kembali lagi ke posisi squat. 

Jangan lupa untuk mendarat dengan telapak kaki bagian depan untuk melindungi lutut agar nggak cedera. Latihan ini bagus untuk kaki dan memperbaiki endurance. Lakukan selama 45 detik.

 

2. Burpees

olahraga dirumah

Burpees adalah latihan yang bagus untuk menguatkan core, sekaligus bagus untuk melatih jantung. Mulailah dengan membuka kaki selebar pinggang. Letakan telapak tangan ke lantai, lalu taruh kaki di belakang sampai menyerupai posisi high plank. Saat di posisi ini, lakukan 1 kali push-up.

Setelahnya, loncat dengan menaruh kaki ke samping tangan. Sambil kembali ke posisi berdiri, lompat setinggi yang rocketers mampu sambil mengangkat tangan ke atas. Lakukan sebanyak-banyaknya dalam waktu 45 detik.


3. Mountain Climbers

olahraga

Gerakan mountain climbers dimulai dengan posisi high plank, lalu bawa ke lutut kanan ke bawah torso, bergantian dengan lutut kiri. Dinamakan gerakan mountain climbers, karena gerakannya seperti sedang menanjak gunung. Lakukan sebanyak-banyaknya selama 45 detik.

4. Side Lunges

olahraga HIIT

Lalu, selanjutnya ada gerakan side longue. Gerakan ini dimulai dengan posisi kaki rapat, lalu angkat dan taruh kaki kiri sejauh-jauhnya ke kiri sambil menurunkan pinggang. Pastikan kaki kiri lurus dan lutut kanan ditekuk dengan aman.

Kembali ke posisi awal dan lakukan dengan kaki kanan. Lakukan sebanyak-banyaknya selama 45 detik.


5. Skipping Rope (Lompat Tali)

lompat tali

Skipping rope atau lompat tali adalah jenis olahraga kardio yang dilakukan untuk meningkatkan detak jantung, melatih kekuatan otot kaki, meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru, serta membakar lemak. Lakukan selama 30 menit, dengan lompatan selama 30 detik dan istirahat 10 detik di antaranya. Dalam 30 menit, rocketers bisa melakukan 4 sampai 5 set.


6. Jumping Jacks

jumping jack

Cara untuk melakukan gerakan jumping jack ini, pertama tama rocketers posisikan tubuh  dengan tegak, dan rapatkan lengan ke samping tubuh. Lalu, buka kaki ke kiri dan ke kanan dengan melompat sembari tangan diangkat ke atas dua-duanya. Gerakkan ini akan membakar lemak lebih cepat karena detak jantung yang lebih cepat, membuat badan menggunakan lemak sebagai bahan bakar. Rocketers juga bisa mencoba naik turun tangga. Lakukan selama 30 menit atau 4 set.

(source: axe.com)


Hampir semua gerakan olahraga HIIT memerlukan intensitas tinggi yang dimana untuk para rocketers membutuhkan sportwear yang nyaman dan tidak mengganggu selama berolahraga.


Pinkrocket ingin berbagi info yang recommend untuk para rocketers, sportwear yang pinkcrocket pakai ketika berolahraga ini sangat amat nyaman dan satu lagi feature yang rockets ga bisa didapatin di sportwear lainnya, yaitu MOLLIFIX BRA ANTI GUNCANG.

bra anti guncang

Feature anti guncang ini karena MOLLIFIX  memiliki padding yang tidak bergeser dan tidak lepas pasang jadi rocketers tidak perlu takut kehilangan padding ataupun menjadi rusak akibat pencucian padding.

bra

MOLLYFIX BRA ANTI GUNCANG ini very recommended buat para rocketers yang mempunyai hobi berolahraga ataupun melakukan kegiatan outdoor yang memungkinkan untuk berkeringat ataupun merasa tidak nyaman jika memakai pakaian dalam biasa. 

quick dry bra

Kelebihan dari MOLLYFIX BRA ini selain anti guncang, dan nyaman. Produk ini mempunyai teknologi moisture wicking, dapat menyerap keringat dalam waktu 1 menit.

Comments 13

fara on

❤️❤️❤️

Keiza on

olahraga gak harus mahal

DW on

gasss gua coba malem ini

Tari on

Cusss lngsung cubaaaaa

Anya on

Abis baca ini lgsg praktek, tinggal punya sport branya aja hehe

audrey on

hua capekk

dera on

otewe coba

Angelica on

bisa langsung praktek nii!!

virga on

perlu dicoba nih

anya on

otw dilakuin!!

Immelia Febriyanti Eddytio on

Woww

Ella on

Waah thank u bgt niii tips2 olahraganya!

nyunyuw on

wowwww

Leave a comment