5 Tips Tetap Aman Traveling Saat Pandemi

5 Tips Tetap Aman Traveling Saat Pandemi

Tidak ada yang perjalanan atau bepergian yang bebas risiko selama pandemi Covid-19 ini masih ada. Negara-negara dapat membatasi perjalanan atau memberlakukan aturan baru dalam waktu singkat, misalnya karena varian Covid-19 baru.

Jadi, hanya bepergian jika memang sangat diperlukan, ya! Tetap patuhi protokol kesehatan dan jaga jarak dari semua orang. Berikut adalah tips-tips untuk tetap aman saat bepergian:

1. Cari tahu ke mana Anda akan pergi

Untuk menentukan apakah suatu wilayah aman, analisis dulu beberapa informasi mengenai tempat tersebuh. Misalnya, jumlah harian infeksi Covid-19 baru di suatu wilayah, persentase kesuluruhan jumlah orang yang positif, dan apakah infeksi baru jumlahnya meningkat atau menurun. Idealnya, sebuah destinasi seharusnya memiliki kurang dari 4 kasus baru per 100.000 penduduk.

 

2. Rencanakan bagaimana Anda akan menuju ke sana

Terdapat banyak maskapai penerbangan, layanan kereta api, dan tempat peristirahatan yang melakukan kerja bagus dalam menjaga keamanan publik selama pandemi, namun tidak ada jenis transportasi apapun yang bisa menjamin keamanan tersebut.
Jika Anda melakukan perjalanan dengan mobil, minimalkan jumlah pemberhentian sepanjang rute Anda dengan mempersiapkan semua barang-barang penting, seperti minuman, makanan, tisu toilet, masker, dan hand sanitizer yang mengandung paling sedikit 60% alkohol. Jika Anda akan travel dengan pesawat atau kereta, menggunakan masker sejak perjalanan dimulai hingga Anda sampai ke tempat tujuan adalah hal wajib.

 

3. Lakukan tes PCR dan karantina

Melakukan pengecekan Swab atau PCR adalah bagian penting yang harus Anda lakukan sebelum dan sesudah perjalanan. Jika Anda berencana untuk melakukan kontak dekat atau berkumpul di tempat yang sempit, jangan lupa untuk melakukan karantina atau isolasi mandiri.

 

4. Jika memungkinkan, hindari bertemu atau berdekatan dengan orang lain

Virus Covid dapat menyebar dengan sangat mudah di daerah dengan populasi padat, jadi untuk mematuhi protokol kesehatan dalam berjaga jarak, pilihlah lokasi yang tidak terlalu padat populasinya. Dalam beberapa kasus, hal ini berarti menghindari perjalanan kota.

 

5. Pilihlah tempat penginapan yang memiliki protokol kesehatan ketat

Luxury Hotel in Jakarta | Shangri-La Jakarta

Sebelum memilih hotel atau tempat singgah, coba deh cari tahu dulu apakah tempat tersebut menanggapi kasus pandemi secara serius. Cek terlebih dahulu apakah area meja breakfast di sana memiliki jarak social distancing. Cek jika  tersedia hand sanitizer di dekat Anda saat melakukan check-in. Gunakan tisu desinfektan pada permukaan yang sering disentuh seperti pegangan pintu dan remot TV.

Jangan lupa untuk tetap berhati-hati sebelum mulai perjalanan, saat sedang perjalanan, dan juga saat Anda telah kembali dari tempat destinasimu. 

BACA JUGA: BARANG YANG PERLU DIBAWA SAAT TRAVELING

Comments 21

Agustin on

sedia payung sebelum hujan

ivana on

pasti traveling jika covid sudah bisa terkendali

filla on

repot juga ya kalo mau traveling lagi pandemi gini

jess on

pengenn bangettt

Jeanes_ on

paling males dan rempong tuh PCR

latte on

asik banget

Fernanda Lauracia on

Kalau tips dari aku, bawa botol banyakkan biar ga buang air di pemberhentian XD

Bbjezzi on

Mao travelling pake bgt

Mina on

Pengen jalan2 abis baca ini..

angeline on

ga berani deeehh :(

sandraa on

pengen traveling, tpi masih takut:(

Kiara on

Thanks infonya

andreanwintersangpenakluk on

liburan mulu ah, kerja kerja

tata on

yayaya oke w ikutin mumpubn mau staycation

Julian on

Masih belum berani buat traveling waktu pandemi gini😭

Leave a comment