FREE SHIPPING SE-INDONESIA

5 Tipe Orang yang Suka Menunda Pekerjaan

5 Tipe Orang yang Suka Menunda Pekerjaan

Pernahkah kamu mendengar istilah 'procrastination' atau 'penundaan'?


Ya, pasti banyak dari kita yang suka menunda-nunda pekerjaan bahkan saat kerjaan tersebut sudah disuguhi di depan mata. Penundaan bukan hanya dapat membatasi potensimu, namun juga dapat membuatmu gagal dalam menyelesaikan suatu tugas. Selain itu, penundaan merupakan hal yang berbeda dengan kemalasan. Coba kenali 5 tipe orang yang suka menunda dan alasannya di bawah ini!

1. The Perfectionist

Banyak orang yang menunda karena keinginannya untuk memberikan hasil yang sempurna. Biasanya, penunda dengan tipe ini disebut juga dengan The Perfectionist. Memiliki standar yang tinggi akan hasil yang sempurna, mereka cenderung menunda demi menunggu mood dan waktu yang pas untuk mengerjakan tugasnya.

Di mata seorang perfectionist, tugasnya itu harus benar-benar sempurna sehingga ia akan terus mengedit, menambahkan, menghapus, dan kemudian mengedit lagi.

 

2. The Ostrich

Tipe penunda selanjutnya ini disebut dengan The Ostrich. Penunda dengan tipe ini biasanya ambisius dan memiliki rencana besar dalam pikirannya. Karena mereka terus membayangkan hasil karyanya yang begini dan begitu, mereka tak pernah membuat keinginan tersebut jadi nyata. Terkadang, hal ini juga dapat disebabkan karena mereka tidak memiliki akses untuk membuat pikiran mereka jadi nyata. 

 

3. The Self-Saboteur

Self-saboteur, itulah panggilan dari tipe ini. Mereka percaya bahwa "dengan tidak melakukan apapun, maka tidak akan ada hal buruk yang terjadi". Tipe ini memiliki ketakutan akan kegagalan dan berbuat kesalahan. Hal ini terjadi karena mereka merasa dirinya tidak kompeten untuk melakukan sesuatu sehingga mereka memiliki pikiran jika yang dilakukannya hanya akan merugikan orang lain.

 

4. The Daredevil

Pasti kamu pernah punya pikiran seperti ini, deh. Penunda dengan tipe The Daredevil percaya akan sistem kebut semalam (SKS). Mereka merasa jika mereka menjadi lebih cepat, semangat, dan kreatif saat kerjaan mereka mendekati deadline. Mereka cenderung menikmati sensasi adrenalin di menit-menit akhir. Kalau zaman sekarang, orang-orang sering menyebutnya dengan 'The Power of Kepepet'. Lucu ya istilah-istilah yang dibuat anak muda zaman sekarang?

 

5. The Chicken

Nah, kenalan dengan tipe The Chicken ini yang tidak punya kemampuan untuk menata pekerjaannya sendiri. Mereka cenderung memiliki pemikiran yang 'bodo amat' sehingga kurang prioritas dengan kerjaannya sendiri. Jangan sampai kamu begini, ya!


Langkah pertama untuk mengatasi sifat penundaan ini adalah dengan menyadari bila Anda melakukannya. Selanjutnya, kenali alasan di balik perilaku ini sesuai 5 tipe di atas. Terakhir, kelolah!

BACA JUGA: TIPS UNTUK MENGURANGI PENGGUNAAN SMARTPHONE

Comments 21

annie on

nunda karena dah cape hati pikiran dan mental. trmasuk apa ya

Tere on

wake up call nih

ana on

waah terpanggiiill

Bbjezzi on

Wii

mia on

❤️❤️❤️

Fernanda Lauracia on

kaya nyaa gw yang perfectionist dehh

Sarkoni on

Yg mana aja laah terserah..

Nina on

yang mana yaahh.. hm

Jeje on

kalo aku lebih tipe yang emang ada gairah hidup sih min

Helma on

Aku banget :(

WD on

Kalau aku lebih ke the sleepy

test on

aku the daredevil kali yaa?

Lia on

wow 👌

pin on

ih pernah banget nunda kerjaan sampe seminggu begadang😂 gak lagi deh

Gajikok….. on

Hemmmm

Leave a comment