5 Hal Yang Bisa Dilakuin Untuk Jadi Automatic Mood Booster Kamu!

5 Hal Yang Bisa Dilakuin Untuk Jadi Automatic Mood Booster Kamu!

Studi perihal hormon mood mempengaruhi kinerja yang dikeluarkan untuk berkegiatan dalam satu hari. Percaya atau tidak ketika mood rocketers sedang drop, energi di sekitar rocketers pun juga akan menyerap energi yang dikeluarkan dari tubuh rocketers juga loh! Di dalam tubuh kita terdapat banyak sekali hormon yang dapat mempengaruhi kinerja, serta cara kita menghadapi suatu kondisi yang terkadang tidak menentu.


 

Dengan adanya pengaruh dari orang lain atau keadaan disekitar kita yang tidak dapat kita prediksi ataupun kita kontrol. Satu-satunya hal yang dapat kita kontrol adalah segala sesuatu hal yang ada di dalam diri kita sendiri. Bagaimana cara untuk menanggapi, merespon, berfikir, dan bertindak, jika kita dihadapkan pada situasi serta kondisi yang tidak terlalu baik.

Untuk mengatasi hal-hal yang kerap kali membuat suasana hati kita tidak baik (mood bete). Pinkrocket punya beberapa hal yang rocketers bisa lakukan untuk menjadi salah satu mood booster para rocketers semuanya.

 

Mendengarkan Musik 

mendengarkan musik

Pernah ga sih ketika rocketers sedang berada di situasi dengan mood yang tidak baik dan seketika berubah jadi bete? Lalu, merasa lebih baik ketika mendengarkan musik? Kira-kira tau ga kenapa dalam seketika para rocketers merasa jauh lebih baik, ketika mendengarkan musik?

Pinkrocket akan kasih tahu, ternyata ada penjelasannya loh! Kenapa hanya dengan mendengarkan musik bisa memperbaiki suasana hati rocketers. 

Hal itu dikarenakan, ketika kita mendengarkan musik, kita sedang merangsang hormon kebahagiaan yang bernama oksitosin. Hormon oksitosin biasa dikenal dengan nama hormon cinta, hormon ini dihasilkan hipotalamus di otak. Dimana hormon ini merupakan komponen penting dalam neurochemical, agar tubuh dapat menyesuaikan diri pada kondisi yang emosional.

BACA JUGA: POSE YOGA YANG BISA DILAKUKAN OLEH PEMULA

Makanya pasti banyak kan, dari rocketers yang setiap kali mendengarkan lagu atau musik tertentu, rocketers pasti dapat merasa related entah terhadap lirik ataupun alunan musik yang terdengar. Ternyata pengaruh hormon oksitosin besar juga ya.

Hal tersebut terjadi karena adanya keterkaitan kondisi emosional diri kita dengan hormon oksitosin tersebut, dan mendengarkan musik menjadi salah satu mood booster rocketers. 

( source: health.kompas.com, sehatq.com )

 

Menari 

menari

Menggerakan tubuh dan menghasilkan gerakan yang sealur dengan melodi yang diputar ini, juga mampu meningkatkan mood kalian dan menstabilkan suasana hati yang semulanya buruk. Pikiran yang fokus tertuju pada tempo dan gerakan membuat perhatian kita teralihkan dan mulai untuk menikmati setiap gerakan demi gerakan yang dengan tidak langsung mengikuti alunan nada secara otomatis. 

Berbeda dengan mendengarkan musik, menari merangsang hormon kebahagiaan yang bernama endorphin. Untuk sebagian orang pasti telah familiar hormon endorphin ini kan?

Endorphin merupakan salah satu hormon kebahagiaan yang berfungsi sebagai pereda nyeri, sakit ataupun stress pada tubuh kita secara alami. Hormon endorphin juga mampu meningkatkan sistem imun kita. Dari kata dasar “morphin” dalam arti yang harafiah, penghilang rasa sakit. Hormon endorphin ini diproduksi oleh kelenjar hipofisis dan sistem saraf manusia.

(source: alodokter.com)

Adanya pergerakan tubuh dapat merangsang dan memicu keluarnya hormon endorphin ini. Jadi, jika rocketers mempunyai hobi menari bisa menjadi salah satu upaya yang oke untuk meningkatkan mood.

 

Olahraga

olahraga

Siapa di antara rocketers yang menyepelekan manfaat dari olahraga? Olahraga mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan, kebugaran, dan membakar kalori yang kita konsumsi agar tubuh kita dapat menyerap vitamin dan mineral yang diperlukan secara maksimal. 

Tetapi selain itu, ternyata olahraga bisa menjadi mood booster yang ampuh buat rocketers loh!

Secara tidak langsung saat olahraga akan merangsang hormon endorphin, serotonin, dan dopamin sekaligus! Dalam satu aktivitas, rocketers mampu mendapatkan manfaat dari 3 hormon kebahagiaan. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya manfaat  dari hormon endorphin sebagai penghilang rasa sakit, hormon serotonin mempunyai fungsi sebagai neurotransmiter, yaitu pengantar sinyal antar jaringan saraf dan otak. Hormon serotonin tidak diproduksi secara alami, melainkan dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh kita.

Serta hormon dopamin yang berfungsi sebagai neurotransmitter, yaitu pengantar sinyal antar jaringan saraf dan otak sama seperti hormon serotonin. 

Pasti rocketers sudah tahu dong ya, kenapa olahraga dapat menjadi mood booster yang sangat disarankan ketika mood bete sedang melanda? Kebayang efek yang dihasilkan dari 3 hormon kebahagiaan yang rocketers dapatkan hanya dengan berolahraga, ga heran kalau bisa jadi mood booster andalan para rocketers nih!

( source: alodokter.com, kompas.com )

BACA JUGA : 6 GERAKAN OLAHRAGA HIIT, YANG AMPUH UNTUK TURUNKAN BERAT BADAN

Terlebih lagi dengan adanya kondisi pandemi yang mengharuskan kita lebih memperhatikan kesehatan dan kondisi tubuh untuk menjadi lebih fit, demi menjaga daya tahan untuk tidak tertular virus covid.

Untuk menjadikan olahraga sebagai mood booster rocketers, pastinya dibutuhkan sportswear yang nyaman untuk digunakan. Agar terjadinya pemaksimalan dalam pergerakan tubuh dan tidak menghiraukan beberapa hal yang kerap kali ketika berolahraga, menjadi pertimbangan atau membuat rocketers tidak percaya diri dengan pemakaian sportswear tertentu yang menimbulkan beberapa perspektif akan bentuk badan rocketers sendiri.

sport bra mollifix

Pinkrocket akan memberikan saran yang oke banget untuk para rocketers yang sering kali mengalami kondisi bergesernya pads bra, dan terlihatnya lemak perut membuat kita tidak maksimal untuk menggerakan tubuh saat berolahraga.

Produk baru dari MOLLIFIX ini berupa sport bra dan legging. Dimana kelebihan yang dipunyai dari seluruh produk MOLLIFIX ini mempunyai teknologi. Dimana, secara otomatis akan menyerap keringat dan cairan apapun dalam waktu 1 menit. Menjadi keunggulan dimana para rocketers jika berolahraga tidak perlu merasa tidak nyaman dengan adanya keringat yang terkadang menyebabkan iritasi dan gatal-gatal akibat adanya bakteri yang menumpuk pada kulit, serta rasa lembab yang terkadang membuat risih.

Sport bra dari brand MOLLIFIX ini juga terdapat fix padding. Dimana rocketers tidak perlu lagi khawatir untuk kehilangan satu ‘busa’ saat mencuci pakaian dalam atau terjadinya pengerutan bra di saat-saat tertentu.

Sport bra yang dimiliki oleh MOLLIFIX terbagi dalam 3 macam: 

  • Low: untuk rocketers yang melakukan kegiatan olahraga ringan seperti yoga/meditasi.
  • Medium: diperuntukan bagi rockters yang melakukan kegiatan olahraga didalam ruangan dan tidak terlalu mengguncang payudara, seperti weightlifting.
  • High:  jenis sport bra ini diperuntukan bagi para rocketers yang berolahraga secara intense seperti berlari atau olahraga yang mengguncang payudara dalam berkegiatan.

Tip: Pencucian sportswear ini disarankan menggunakan tangan, untuk menjaga keawetan dari sportswear.

Serta ada legging  yang menurut pinkrocket ini akan menjadi legging impian para semua wanita. Legging keluaran terbaru dari MOLLIFIX ini dapat menyembunyikan lemak perut yang menjadi keresahan dan ketidak percaya dirian para wanita ketika memakai sportswear.

legging mollifix

Bahan dari legging ini juga stretch out, tidak transparan serta tahan abrasi alias anti air loh rocketers! No more lipatan lemak serta bentukan selulit yang menjadi bahan gossip orang-orang. Rocketers bisa berolahraga dengan nyaman untuk mencapai berat badan yang diinginkan deh!

 

Meditasi

meditasi

Bagi para rocketers yang suka dengan ketenangan dan kesunyian dalam melakukan aktivitas untuk memfokuskan diri ke hal hal tertentu dan hal-hal yang akan dikerjakan. Meditasi dapat menjadi mood booster yang oke untuk dilakukan. Karena, pada kegiatan meditasi ini rocketers akan merangsang hormon dopamin yang berfungsi sebagai salah satu hormon ‘penyemangat’ atau ‘motivasi’ agar para rocketers dapat mencapai hal-hal yang sudah direncanakan.

 

Memakan Makanan Favorit

memakan makanan favorit

Pernah mendengar kalimat, memakan cokelat dapat memperbaiki mood? Kalimat itu tidak hanya asal dikatakan loh. tetapi memang berdasarkan hasil studi yang dilakukan diketahui bahwa, memakan makanan favorit para rocketers dapat merangsang hormon endorphin, termasuk cokelat.

Tetapi tetap tidak boleh berlebihan ya rocketers, karena hormon endorphin yang dihasilkan juga bisa berlebihan loh. Dan segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik adanya. Kenapa ya? Bukankah harusnya sangat baik, jika kita bahagia dengan adanya hormon endorphin yang berlebih?

Ternyata kelebihan hormon endorphin ini juga mempunyai efek negatifnya, rocketers. Ditakutkan akan terjadinya gangguan mental, seperti bipolar dan skizofrenia.

Bipolar merupakan gangguan mental yang ditandai dengan perubahan emosi yang drastis.

Skizofrenia merupakan gangguan mental yang menyebabkan pengidapnya mengalami mengalami halusinasi, delusi atau waham, kekacauan berpikir, dan perubahan perilaku.


Nah, sekarang para rocketers sudah tahu kan, kenapa harus mempunyai mood booster

Jadi sangat penting ya untuk menjaga suasana hati serta mood rocketers, agar terhindar dari berbagai macam permasalahan psikologis dan dapat lebih bijak untuk menanggapi bermacam-macam hal yang terkadang membuat stress.

Selalu ingat, You are loved and always be happy rocketers!

Comments 7

Anggun on

i love music…..

dira on

❤️❤️❤️❤️

laura on

olahraga lah pasti harus

Arya on

meditasi bner2 bikin tenang sih

Fernanda Lauracia on

kalo gw lebih ke lagu .. mood booster banget kalo denger lagu

mimi on

dan tidur

Lala on

Bener bangett semua ampuh jadi moodbooster

Leave a comment