FREE SHIPPING SE-INDONESIA | 20K OFF MIN PURCHASE 300K

5 Cara Untuk Menghindari Cedera Saat Berolahraga

5 Cara Untuk Menghindari Cedera Saat Berolahraga

"Mereka yang merasa tidak punya waktu untuk berolahraga, cepat atau lambat harus meluangkan waktu untuk merawat penyakitnya." -Edward Stanley


Saat berolahraga pasti rocketers, pernah mengalami cedera saat melakukan aktivitas. Pinkrocket akan membahas beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya cedera. Berolahraga dengan baik, tanpa menyebabkan cedera. Selama berolahraga rocketers harus menjaga diri, dan memaksimalkan kegiatan olahraga yang dilakukan. 

BACA JUGA: 5 BASIC OUTFIT YANG WAJIB ADA DILEMARI KAMU

 

Lari 

lari

Cara mencegahnya:

Tulang kering rocketers terasa sakit saat sedang duduk atau membungkuk? Skervin-Clarke menyarankan: “Coba gunakan foam roll sebelum dan sesudah berlari. Pakai foam roll tersebut selama 30 – 60 detik pada masing-masing area tulang kering.”

Juga disarankan rocketers untuk melatih bagian tulang kering (dengan cara berdiri lurus, lalu mendorong kedua kaki rocketers, dan meninggikan area tumit, berjinjit, lalu menurunkannya lagi). Latihan ini bisa membantu melatih kekuatan otot kaki. Lakukan sebanyak tiga set selama 12 - 15 kali dalam seminggu.

Untuk menjaga kondisi pergelangan kaki tetap dalam kondisi fit, pilihlah sepatu lari yang tepat. rocketers bisa mencoba menganalisa bagaimana kondisi kaki di beberapa toko olahraga sebelum memilih sepatu lari yang tepat. Pilihlah ukuran sepatu yang sedikit lebih besar dari ukuran kaki rocketers, sehingga kaki masih memiliki ruang saat bergerak. Jangan lupa untuk tetap waspada saat berlari di tempat terbuka (rocketers sebaiknya berlari lebih lambat saat berada di permukaan yang tidak rata dan terlalu berbatu).


Cara mengatasi:

Apabila terlalu terlambat dan saat ini rocketers sudah merasakan semua cedera di atas, ini saatnya beristirahat sejenak dari olahraga satu ini. Terlebih cedera kaki membutuhkan proses penyembuhan sehingga rocketers memang harus break sejenak. Cedera tulang kering dan plantar fasciitis juga membutuhkan waktu jeda dari segala aktivitas olahraga untuk menyembuhkannya.

 

HIIT

HIIT

Cara mencegahnya:

Area bahu rocketers terasa tidak terlalu nyaman setelah berolahraga? Itu bisa terjadi karena adanya robekan pada area manset otot di bahu dan hal ini akan menyebabkan rasa sakit yang tajam saat rocketers mengangkat lengan. “Melakukan pre-workout untuk area sekitar bahu akan membantu menguatkan dan mempersiapkan otot agar tidak keseleo atau terluka,” tambah Georgouras.

Ia juga menyarankan melakukan gerakan membuat lingkaran sebanyak 20 kali, 20 kali gerakan mengangkat bahu, dan 60 detik melakukan mountain climbers dan 60 detik squat sambil meninju. Jaga posisi tubuh dengan benar di mana posisi tulang belakang harus netral dan menyatu, serta otot inti dipersiapkan. Jangan melakukan HITT lebih dari tiga kelas setiap minggunya. Dan jika rocketers menggunakan alat pemberat jangan langsung menambah bebannya sampai rocketers benar-benar mahir dalam satu gerakan.


Cara mengatasinya:

menggunakan sendi lutut secara terus menerus dapat menyebabkan rasa sakit yang kian memburuk saat rocketers berolahraga. “Treatment yang bisa rocketers lakukan adalah melakukan latihan plyometric dan menghindari gerakan yang terlalu berlebihan di area lutut,” ujar Georgouras. Ia pun menambahkan bahwa rasa sakit di area tendon juga bisa disebabkan karena otot paha yang terlalu kencang. Jadi rocketers sebaiknya melakukan stretching secara reguler agar dapat mengatasi dan mencegah cedera ini.

 

Yoga

Yoga

Cara mencegah:

“Lakukan pemanasan pada area pergelangan tangan terlebih dahulu sebelum memulai yoga. rocketers bisa melakukan posisi Table Top (di mana kedua kaki dan tangan berada di matras, lalu posisi lutut berada di bawah pinggang dan lengan menopang pundak), lakukan gerakan ini secara perlahan, dan buatlah lingkaran menggunakan tubuh di area pergelangan tangan,” saran Chatty. Latih kekuatan pergelangan tangan rocketers dengan rutin meremas stress ball saat sedang menonton serial favorit rocketers atau scrolling Instagram. Lakukan dengan tangan yang bergantian.

BACA JUGA: 7 KEBIASAIN INI DAPAT MEMBUAT KAMU LEBIH PRODUKTIF

Untuk tulang belakang, ‘dengarkan’ bagaimana kondisinya saat itu. “Jika saat yoga rocketers sering merasa nyeri yang begitu menusuk, lakukan Child Pose yang akan membantu melemaskan area tulang belakang rocketers.”


Cara mengatasinya:

Jika area punggung rocketers membutuhkan perhatian lebih, kompres bagian yang nyeri menggunakan es batu selama beberapa hari, gunakan koyo, atau segera booking sport massage. “Untuk pergelangan tangan, beristirahatlah sejenak dari yoga apabila diperlukan. rocketers juga bisa menggunakan splint atau alat penyangga lainnya agar membantu kondisinya menjadi lebih baik.”

 

Barre

Barre

Cara mengcegahnya:

Barre berhubungan jelas dengan urusan presisi atau ketepatan. Mengubah postur tubuh di setiap incinya bisa ikut membuat perubahan dalam olahraga ini, jadi dengarkan setiap petunjuknya sebaik mungkin dari instruktur rocketers. Usahakan agar lutut selalu netral, sebab ini adalah kunci saat melakukan barre. “Jaga posisi bahu tetap di atas pinggul, pinggul di atas tumit, dan tumit sejajar dengan jari kaki, mengikuti kemiringan tulang ekor,” saran Eleftheriou.

 

Cara mengatasinya:

Merasa nyeri setelah melakukan barre? Itu berarti ada kemungkinan rocketers mengalami cedera baru. Eleftheriou menyarankan untuk menghentikan sejenak aktivitas dan gerakan dengan level yang sulit. Jika cedera lama rocketers kembali muncul, periksalah di tempat fisioterapi. Saat rocketers merasa tidak nyaman atau sakit saat melakukan barre, jangan memaksakan diri. Berhenti sejenak atau ulangi gerakan yang tidak terlalu rumit.

 

Tenis

Tennis

Cara mencegahnya:

Sangat penting untuk melakukan pemanasan sebelum bermain tenis. Cobalah melakukan exercises yang bisa melatih pergerakan area atas dan bawah tubuh. rocketers pun dapat menggunakan alat bantu berupa band elastis untuk membuat gerakan memutar di area sekitar bahu. Sesi pertandingan singkat sebelum mulai sesi sungguhan, serta melakukan memukul bola secara bola balik juga membantu tubuh lebih siap. Yang tak kalah penting, jangan lupa untuk melakukan sesi pendinginan setelah pemanasan.


Cara mengatasinya:

“Istirahat sejenak dan kompres area yang sakit dengan es batu, serta minumlah obat non steroid yang bersifat anti inflamasi seperti ibuprofen,” rekomendasi Poyser. Jika gejala tak kunjung membaik selama 7-10 hari, rocketers butuh penanganan lebih lanjut dari dokter atau fisioterapis. Biasanya bagian yang cedera bisa saja terasa nyeri kembali lagi saat rocketers bermain tenis. Jadi saat itu terjadi, rocketers harus mengevaluasi lebih lanjut soal teknik permainan rocketers atau mencari pelatih yang tepat.

(source: cosmopolitan.co.id)

Selain untuk memperhatikan untuk tidak terjadinya cedera, rocketers juga harus memperhatikan sportswears yang digunakan untuk membuat nyaman dan tidak merasa risih saat berolahraga. MOLLIFIX U PLUNGE SEAMLESS dengan teknologi moisture wicking, yang dapat menyerap cairan dalam waktu 1 menit. Selain itu, MOLLIFIX U PLUNGE SEAMLESS juga dapat menahan payudara rocketers. 

MOLLIFIX U PLUNGE SEAMLESS tidak berkawat, sehingga rocketers dapat merasa nyaman dan dada tanpa sesak. Mempunyai sertifikat TTR yang menjamin tidak akan menyebabkan iritasi jika digunakan. 


Berolahraga untuk menjaga kesehatan sangat dianjurkan, tetapi tidak lupa untuk memperhatikan cara yang benar dalam melakukannya untuk menghindari terjadinya cedera yang tidak diinginkan. Exercise to keep your body health, will brought your happiness into your life.

Comments 0

Leave a comment